Tanaman Hias Daun Indoor | 11 Macam, Pasti Bikin Rumah Cantik

Tanaman Hias Daun Indoor | 11 Macam, Pasti Bikin Rumah Cantik

Tanaman Hias Daun Indoor – Indonesia merupakan salah satu negara dengan iklim tropis. Namun, beberapa faktor seperti masalah pencemaran lingkungan membuat suhu di negara indonesia kini meningkat. Perpanjangan musim kemarau menandakan bumi kian hari semakin panas. Tak khayal ketika kita berada di dalam rumah pun suhu ruangan menjadi meningkat. Perubahan ini membawa dampak yang buruk terutama bagi kesehatan dan lingkungannya.

Permasalahan tersebut membuat kita harus berpikir keras untuk mencari berbagai solusi agar suhu di bumi kita menjadi stabil kembali. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan yaitu menanam banyak pepohonan. Khususnya di rumah, Anda dapat mencobanya dengan menanam tanaman hias daun indoor. Nah, alternatif ini bisa kalian lakukan juga untuk mengatasi masalah peningkatan suhu di dalam sebuah ruangan (rumah).

Tanaman Hias Daun Indoor Mini

tanaman hias daun indoor mini

Tapi apakah tidak terlalu besar jika kita menanam pohon di dalam rumah? Jangan khawatir Tanaman Hias Indoor Mini bisa menjadi salah satu bentuk pilihan anda! Meskipun tanaman hias mini namun tetap dapat membawa suasana sejuk, segar dan asri di dalam rumah anda. Nah berikut ini beberapa tanaman hias indoor mini yang bisa anda jadikan referensi.

1. Aloe Vera/Lidah Buaya

Tanaman Hias Daun Indoor

Tanaman sukulen yang satu ini salah satu tanaman hias yang bagus untuk kesehatan. Beberapa diantaranya dipergunakan untuk menyuburkan rambut dan mencerahkan kulit, bahkan membantu proses penyembuhan luka bakar. Namun, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan kini aloe vera banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan seperti dibuat jelly.

Selain itu, aloe vera juga termasuk tanaman hias indoor penyerap polutan seperti benzena, formalin dan beberapa jenis bahan kimia lainnya di udara. Alasan lain mengapa aloe vera menjadi salah satu rekomendasi tanaman hias indoor yaitu tanaman ini memiliki ukuran yang sangat beragam sehingga mudah untuk ditanam di dalam pot dan ditelatakan di dalam ruangan.

2. Bunga Anthurium

Tanaman Hias Daun Indoor

Bentuk daun yang unik, bervariasi dan indah, menjadi ciri khas tanaman ini. Tanaman hias indoor bunga anthurium yang berwarna merah terang, sangat layak dilirik menjadi dekorasi rumah. Pilihan bibit bunga anthurium bervariasi, mulai dari daun seukuran koin hingga ukuran daun dewasa selebar piring. Cobalah jenis bunga anthurium mini sebagai solusi untuk tanaman hias indoor di rumah mungilmu.

3. Pakis Asparagus

tanaman hias daun indoor

Banyak yang suka dengan tampilan pakis asparagus dengan bentuk daun pipih yang menyebar seperti renda halus. Tanaman ini memiliki kemampuan tumbuh dengan pesat. Anda dapat menggunakan tanaman hias satu ini sebagai tanaman hias indoor sekaligus menangkal polusi udara di rumah yang sedap dipandang mata.

4. Pachira / Money Plant

Pachira

Terkenal sebagai tanaman feng shui yang cocok untuk mendatangkan rezeki, keberuntungan dan kelancaran finansial, pachira alias money plant bisa jadi tanaman hias indoor yang ideal untuk rumah mungilmu. Dengan perawatan yang tidak sulit dan juga berukuran pas, tempatkan saja tanaman hias ini di dalam pot berukuran kecil dan rawat sesekali dengan memotong dahan, memberi air dan menyiangi di sinar matahari.

5. Sukulen Echeveria

tanaman hias daun indoor

Bunga cantik dari jenis sukulen, Echeveria bisa jadi tanaman hias indoor dengan bentuk bunga menyerupai mawar yang indah. Daunnya mengkilat dan berwarna cerah, serta yang terpenting tidak membutuhkan media pot yang besar. Jika menjadikan Echeveria sebagai tanaman hias indoor, ingat untuk tidak menempatkan di kamar yang bersuhu dingin karena berpotensi jamur.

6. Bunga Krisan (Chrysanthemum)

Bunga Krisan

Bunga ini populer dengan sebutan bunga seruni. Jangan salah tanaman hias yang satu ini merupakan jenis tanaman hias indoor penyerap polutan. Beberapa jenis polutan udara seperti, benzena (kandungan dalam bensin). Amonia dan xylene.


Baca Juga :  Tanaman Hias Akar dan Nama Latinnya | 10 Jenis , Sudah Tahu?


Tanaman Hias Indoor dalam Air

Bukan hanya itu, ada juga jenis tanaman hias indoor dalam air, untuk kalian yang belum tau coba simak berikut ini beberapa jenis tanaman hias indoor dalam air yang kami rekomendasikan untuk memperindah rumah anda.

1. Sirih Gading

sirih gading
sumber gambar : alamendah.file.wordpress.com

Jenis tanaman hias dalam botol air yaitu tanaman sirih gading atau dikenal pula dengan nama money plant adalah tanaman hias daun yang mampu bertahan hidup di air dalam jangka waktu yang lama. Selain corak daunnya yang indah, sirih gading mampu menyerap polutan dalam ruangan.

2. Philodendron

Philodendron
sumber gambar : https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Tanaman yang satu ini sangat cocok diletakkan di kamar tidur. Philodendron monstera memiliki daun yang unik berwarna hijau segar. Bahan dan cara membuatnya sangat mudah, sama dengan langkah pada sirih gading.

3. Spider Plant

Spider plant
sumber gambar : www.apieceofrainbow.com

Spider Plant memiliki daun yang panjang menjuntai ke bawah menyerupai kaki laba-laba. Daunnya yang variegata membuatnya populer sebagai tanaman indoor. Spider Plant mampu menambah kesan segar pada ruangan Anda.

4. Coleus

Coleus
sumber gambar : 3.bp.blogspot.com

Nah! bagaimana dengan yang satu ini? Tanaman Coleus merupakan tanaman hias daun yang paling klasik, bahkan bisa ditemui tumbuh liar di pekarangan rumah. Tinggal potong tangkainya dan masukkan dalam gelas kaca berisi air.

5. Tanaman Herba

Tanaman Herba
Sumber gambar : www.naturallivingideas.com

Bukan hanya tanaman bunga, herba juga bisa jadi alternatif lain sebagai tanaman hias indoor. Beberapa tanaman herba yang banyak dijumpai di sekitar kita adalah kemangi atau lemon basil, sage dan pepermint. Aromanya yang khas mampu memberi efek menenangkan bagi siapapun yang menghirupnya. Jenis tanaman hias ini adalah jenis tanaman hias yang bagus untuk kesehatan. Nah itu semua adalah beberapa jenis tanaman hias dengan media air.


Baca Juga : Jenis Aglaonema Mahal | Cantik dan Cocok Buat Bisnis !!


Cara Memilih Tanaman Hias Indoor yang Tepat dan Menanamnya

Cara Memilih Tanaman Hias Indoor yang Tepat dan Menanamnya

Tanaman hias yang bisa dikategorikan kedalam tanaman hias indoor yang tepat adalah tanaman hias yang mempunyai ketahanan hidup dalam ruangan. Ketahanan yang dimaksud adalah tahan terhadap kelembapan yang rendah, tahan terhadap temperatur ruangan, tahan terhadap sirkulasi udara yang sedikit dan juga harus dapat menyesuaikan dengan ruangan yang menggunakan AC. Ketahanan dalam ruangan minimal selama 2 minggu.

Maka dari itu, pilihlah tanaman hias yang mempunyai karakteristik yang telah disebutkan di atas.

Kelangsungan hidup tanaman hias indoor juga sangat ditentukan oleh media tanam yang digunakan. Media tanaman hias dalam ruangan harus mempunyai sifat porous, yang dapat menahan sedikit air. Media tanam yang cocok dan baik digunakan untuk tanaman hias indoor adalah sekam bakar, cacahan pakis, cocopeat atau campuran disesuaikan dengan jenis tanaman hias yang akan ditanam. Juga perlu ditambah humus daun atau pupuk kandang yang telah diproses agar lebih sempurna.


Itulah sedikit pembahasan mengenai tanaman hias daun indoor yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari tanaman hias untuk di rumah. Terima kasih telah berkunjung.

Leave a Comment