Manfaat Handphone bagi Pelajar

Manfaat Handphone bagi Pelajar

Manfaat handphone bagi pelajar memang banyak sekali. Tidak dapat dipungkiri bahwa pada zaman yang modern dan canggih ini handphone dapat membantu anak dalam belajar.

Tidak jarang, di zaman sekarang ini banyak anak-anak remaja bahkan sampai anak SD sudah dapat mengoperasikan handphone. Hal ini dikarenakan para orang tua telah memberikan izin untuk membawa dan bahkan memiliki handphone sendiri sejak dari SD.

Handphone dapat memberikan manfaat sekaligus bahaya bagi pelajar jika tidak di kontrol dengan baik. Nah, kali ini batas ketik akan sharing sedikit terkait manfaat handphone bagi pelajar beserta dampak negatifnya.


Manfaat dan Bahaya HP bagi Pelajar

kelebihan dan kekurangan wawancara

Selain memiliki dampak positif atau manfaat, handphone juga memiliki dampak negatif. Nah, untuk mengidentifikasi dampak positif dan negatifnya, mari kita simak pembahasan selanjutnya.

Manfaat dari penggunaan HP

manfaat handphone untuk pelajar

Apa manfaat handphone bagi pelajar? Berikut beberapa manfaat handphone untuk pelajar:

1. Mempermudah belajar

Salah satu kegunaan handphone bagi pelajar adalah untuk mempermudah anak dalam proses belajar. Zaman sekarang ini, anak dapat mencari beberapa referensi materi pelajaran di internet. Apalagi untuk jenis hp android, banyak sekali fitur yang ditawarkan.

Manfaat hp android bagi pelajar dalam belajar adalah seperti browsing materi, mengunduh modul atau buku digital, merekam atau mengambil gambar catatan penting dalam papan tulis, dan lain sebagainya. Bahkan, adanya hp berbasis android, anak dapat bimbel online melalui sebuah aplikasi.

2. Membantu dalam berkomunikasi

Jarak antara rumah dan sekolah terkadang sangatlah jauh. Hal ini membuat para orang tua harus mengantarkan anak untuk sekolah dan menjemputnya ketika pulang. Meskipun beberapa anak masih ada yang di tunggu di sekolahnya, namun tidak jarang anak kini dibiarkan mandiri di sekolah. Sehingga, para orang tua langsung pulang atau bekerja ketika sudah mengantarkan anak ke sekolah.

Manfaat hp selanjutnya adalah membantu anak dalam berkomunikasi dengan orang tua ketika ada beberapa hal yang mendesak atau penting untuk di sampaikan. Contohnya, ketika anak ketinggalan barang penting atau bekal di rumah, maka anak dapat langsung menghubungi orang tuanya.

Contoh lainnya, ketika anak telah selesai mengikuti kegiatan di sekolah, anak dapat menghubungi orang tuanya agar dapat menjemputnya.

3. Memperluas hubungan sosialisasi anak

Adanya handphone, dapat membantu anak dalam melakukan aktivitas sosialnya. Contohnya, handphone dapat digunakan anak untuk mengenal lebih dalam melalui aktivitas percakapan atau komunikasi. Hal tersebut tentu dapat mempererat tali persahabatan di antara mereka. Kemudian, adanya handphone juga dapat membantu anak agar dapat saling berdiskusi ketika terdapat materi yang belum di pahami dengan bertanya kepada temannya via handphone.


Baca Juga : Cara Kerja Telepon Seluler dan Kabel | Sudah Tahu?


Bahaya HP bagi Pelajar

Dampak Negatif HP untuk pelajar

Berikut beberapa bahaya HP bagi pelajar:

1. Efek Radiasi

Penggunaan hp yang tidak sehat atau berlebihan dapat membuat efek negatif terhadap kesehatan anak. Contohnya, penggunaan handphone pada saat malam hari dengan keadaan lampu yang tidak di nyalakan. Penyimpanan HP yang dekat dengan kepala saat anak tertidur. Penggunaan HP yang terlalu dekat dengan mata. Beberapa contoh tersebut dapat memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan anak.

2. Mengganggu perkembangan anak

Penggunaan HP di usia anak yang masih dalam tahap perkembangan terkadang mengganggu berkembangnya keahlian anak. Misal, ada anak yang menjadi kecanduan terhadap hp (biasanya di karenaka games dalam HP). Contoh lainnya, kemampuan fisik anak yang lemah akibat seringnya di dalam rumah untuk bermain hp.

Dampak negatif HP lainnya adalah tidak mampunya anak dalam bersosialisasi secara langsung. Anak cenderung lebih mampu menjadi dirinya sendiri ketika dalam dunia maya.

3. Rawan terhadap tindak kejahatan

Telah banyak kasus tindak kejahatan anak akibat anak mempunyai HP. Contoh, Anak menjadi incaran maling karena adanya HP yang mempunyai nilai jual tinggi.

Dampak negatif HP dalam tindak kejahatan lainnya adalah ketika anak terkena penipuan dalam bentuk modus telepon atau sms. Belum lagi penculikan karena penggunaan media sosial di HP.

4. Mempengaruhi sikap atau perilaku peserta didik

Jika tidak ada kontrol yang baik dari orang tua, anak dapat menggunakan HP untuk kegiatan yang kurang baik. Misalnya untuk melihat video tak senonoh, menyontek ketika ulangan. Hal ini tentu membuat anak menjadi tidak jujur dan terganggu perilakunya.

5. Dapat membuat anak menjadi boros

Jika tidak di kontrol dengan benar, anak justru dapat mempunyai sifat yang boros karena penggunaan HP. Salah satu contohnya, anak menjadi sering membeli pulsa akibat penggunaan HP yang kurang bermanfaat.

6. Memungkinkan terciptanya lingkungan yang tidak baik

Keadaan ekonomi dari orang tua siswa memang berbeda-beda. Ada yang dapat di karegorikan sebagai berpenghasilan yang tinggi , ada juga yang menengah dan rendah. Kaitannya dengan HP adalah dari teknologi handphone yang dibelikan oleh orang tua.

Terkadang di sekolah hal tersebut di atas dapat membuat adanya jurang pemisah antara orang yang mempunyai HP canggih dengan anak yang memiliki HP jadul. Mereka membuat gank atau grup dan saling mencemooh satu sama lain.

Adanya kejadian tersebut tentu membuat lingkungan menjadi tidak baik.

7. Tumbuhnya sifat hedonisme pada anak

Perkembangan HP memang dapat terbilang sangat cepat. Versi-versi baru selalu bermunculan dalam interval waktu yang cukup singkat. Hal ini membuat anak terkadang merengek-rengek ingin membali HP dengan versi yang paling terbaru. Padahal, keadaan HP yang dia miliki masih baik-baik saja alias layak di pakai.

8. Lupa Waktu

Hal yang satu ini biasanya sering terjadi pada anak yang mempunyai HP. Anak menjadi lupa waktu ketika menggunakan HP. Baik penggunaan karena kecanduan game, menonton video, mendengarkan musik, atau kegiatan lainnya. Hal ini tentu sangat merugikan terhadap kesehatan Anak dan tumbuh kembangnya.


Itulah manfaat handphone bagi pelajar dan dampak negatifnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempertimbangkan memberikan HP bagi anak. Punya saran akan dampak positif dan negatif dari penggunaan HP bagi pelajar? Yuk kita berdiskusi. Cantumkan di kolom komentar yaa.

Leave a Comment