Cara Kerja Telepon Seluler dan Kabel | Sudah Tahu?

Cara Kerja Telepon Seluler dan Kabel | Sudah Tahu?

Sering menggunakannya, namun apakah Anda tahu cara kerja telepon seluler dan kabel? Nah, batas ketik akan membagikan informasi terkait cara kerja telepon selular dan kabel.


Cara Kerja Telepon Seluler

Telepon Seluler

Siapa yang tidak mengenal telepon seluler? Zaman sekarang ini, telepon seluler telah menjadi kebutuhan setiap orang. Hal ini terbukti dengan semakin larisnya telepon seluler di pasaran hingga mampu menembus golongan masyarakat ekonomi menengah sekalipun.

Berbagai fasilitas yang disediakan, serta kemudahan penggunaanya yang dapat dibawa kemana saja membuat telepon seluler banyak diminati. Namun, tahukah Anda bagaimana cara kerja telepon seluler?

Cara kerja telepon seluler dalam jaringan adalah dengan menggunakan sistem wireless. Agar telepon seluler dapat bekerja, pengirim dan penerima harus tetap tercakup kedalam BTS (Base Transceiver Station). BTS ini merupakan peralatan yang menjadi fasilitas komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler.

Berikut cara kerja dari telepon selular :

  1. Suara pengirim akan diterima oleh alat yang disebut dengan microphone
  2. Microphone kemudian mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan memancarkannya ke BTS yang terdekat dari ponsel.
  3. Sinyal yang dipancarkan oleh ponsel tersebut kemudian diterima oleh BTS yang nantinya sinyal tersebut akan diteruskan ke pusat telekomunikasi.
  4. Setelah di terima oleh pusat telekomunikasi, sinyal kemudian diteruskan kepada BTS terdekat dari penerima.
  5. BTS terdekat tersebut kemudian meneruskannya kepada penerima.
  6. Setelah sampai kepada penerima, sinyal tersebut kemudian diubah kembali menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut dengan speaker.

Baca Juga : Macam Macam Pesawat Telepon Dan Gambarnya


Proses Kerja Telepon Kabel

Telepon Kabel

Telepon kabel memang menjadi primadona pada zaman dulu. Hingga sekarang ini, telepon kabel bahkan masih banyak penggunanya. Apalagi untuk perusahaan atau kantor, jenis ini lebih banyak di pilih di banding telepon selular. Namun, bagaimanakah cara kerja dari telepon kabel ?

Telepon kabel menggunakan sistem wireline. Hal ini membuat telepon jenis ini membutuhkan kabel supaya dapat berfungsi. Cara telepon kabel ini bekerja adalah:

  1. Suara dari pengirim atau penelepon diterima oleh alat yaitu microphone.
  2. Microphone kemudian mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan menyalurkannya ke pusat telekomunikasi oleh perangkat telepon.
  3. Setelah diterima oleh pusat telekomunikasi, sinyal tersebut kemudian diteruskan kepada penerima.
  4. Setelah sampai kepada penerima, sinyal tersebut kemudian diubah kemabli menjadi gelombang suara oleh speaker.

Itulah cara kerja telepon seluler dan kabel yang dapat kami bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.

Leave a Comment