Menghilangkan Rasa Jenuh | Kupas Tuntas Untuk Berbagai Kejenuhan

Menghilangkan Rasa Jenuh | Kupas Tuntas Untuk Berbagai Kejenuhan

Menghilangkan rasa jenuh tentu menjadi suatu hal yang penting dalam kehidupan Anda. Sebagai seorang manusia yang normal, pasti anda sering mengalami rasa bosan atau rasa jenuh terhadap hal yang sering dilakukan secara berulang dan dilakukan terus menerus dalam waktu yang sama.  Hal ini mungkin bisa menyebabkan stress atau jenuh semakin meningkan setiap harinya.

Lalu, apa akibatnya pada tubuh jika level stress terus meningkat?

Yang perlu anda ketahui, ketika anda stress akibat rasa jenuh yang tinggi maka otak khususnya hipotalamus akan mengeluarkan hormon adrenalin dan hormon kortisol. Hormon adrenalin akan meningkatkan denyut pada pembuluh darah dan jantung, sedangkan hormon kortisol menyebabkan meningkatnya kadar gula darah.


Apa Itu Jenuh ?

apa itu

Apakah anda tau pengertian dari jenuh/bosan itu sendiri? Jenuh yaitu keadaan dimana pikiran menginginkan perubahan atau hal baru untuk dilakukan,  dan keinginan dimana kita ingin keluar dari rutinitas hidup yang monoton dari waktu ke waktu untuk mendapatkan penyegaran.

Kategori Bosan Menurut Para Ahli

para ahli

Jika anda telaah lebih jauh, sebenarnya ada beberapa kategori bosan yang banyak diungkapkan oleh beberapa ahli:

1. Indifference

Jika diartikan ke dalam bahasa indonesia indifference artinya pengabaian. Kategori bosan seperti ini membuat seseorang tidak peka bahkan tidak peduli terhadap sesuatu apapun disekitarnya. Seseorang yang mengalami hal seperti ini biasanya lebih banyak menghayal dan mengantuk.

2. Apathy

Apathy atau biasa disebut stagnan diartikan sebagai situasi dimana seseorang tidak mampu lagi mengubah situasi yang terjadi dalam hidupnya. Misalnya seorang pelajar yang setiap harinya pergi ke sekolah.

3. Calibrating

Seseorang yang merasa bosan dan tidak memiliki motivasi untuk melakukan pekejaan dari aktivitasnya sekarang disebut calibrating. Biasanya orang yang berada pada kategori ini sering juga merasa tidak tahu harus mengerjakan hal yang lainnya.

4. Reactant

Rasa bosan memang sering membuat sebagian orang menjadi marah, agresif bahkan frustasi. Hal inilah yang menggambarkan kategori bosan yang keempat.

5. Searching

Merasa bosan dengan solusi mencari cara untuk menghilangkan kebosanan tersebut, misalnya dengan menghubungi teman dan mengajaknya jalan-jalan.


Cara Menghilangkan Rasa Jenuh

Menghilangkan rasa jenuh

Berdasarkan beberapa kategori tersebut, banyak orang yang berusaha untuk menyegarkan diri dan pikirannya dari rasa jenuh tersebut. Berikut ini ada beberapa contoh rasa jenuh dan cara menghilangkan rasa jenuh tersebut yaitu:

1. Cara Menghilangkan Rasa Jenuh di Rumah

Anda pasti sering merasa bosan/jenuh ketika sedang berada di dalam rumah, tanpa kegiatan dan seseorang yang menemani? Mungkin anda bisa melakukan solusi ini untuk menghilangkan rasa jenuh ketika di rumah.

Coba anda memelihara seekor peliharaan yang cocok dengan anda, contohnya anda memelihara anak kucing. Hal ini sangat ampuh untuk menghilangkan rasa jenuh selama di rumah, Seekor kucing bisa membuat pikiran anda lebih segar dan bisa menghilangkan rasa jenuh/bosan ketika berada di rumah.

Adapun cara lain untuk menghilangkan rasa jenuh ataupun bosan yaitu dengan cara berikut :

a. Olahraga

Olahraga merupakan hal positif yang ampuh untuk menghilangkan kejenuhan. Orang yang jarang berolahraga akan membuat dirinya gampang bosan. Itu disebabkan karena ketika tubuh jarang bergerak akan membuat tubuh lemas dan menjadi malas.

b. Travelling

Bagi kamu yang mempunyai budget yang besar, travelling bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan rasa bosan. Travelling ke tempat yang alian senangi seperti Pantai, Gunung, ataupun tempat yang lainnya. Dengan travelling pikiran kamu akan menjadi segar dan banyak memunculkan ide ide baru.

c. Tidur

Melakukan aktivitas tidur merupakan cara menghilangkan kebosanan yang sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Tidur juga setidaknya membuat tubuh dan otak beristirahat sejenak dari rutinitas kita sehari hari.

2. Cara Menghilangkan Rasa Jenuh Menurut Islam

Dalam pandangan islam, ada beberapa cara yang ampuh untuk menghilangkan kejenuhan. Diantaranya sebagai berikut :

a. Mendasari niat dengan ikhlas

Kita sering melakuakan hal hal yang di sadari ataupun tanpa disadari. Nah segala perbuatan yang kita lakuakan itu sebaiknnya didasari dengan rasa ikhlas. Ikhlas merupakan hal mendasar yang paling penting dalam setiap amal ibadah maupun perbuatan yang kita lakukan.

Dengan keikhlasan, apapun yang kita lakukan, apapun yang kita kerjakan apabila tidak sesuai rencana, tidak akan membuat diri kita bosan.

b. Sholat

Sholat merupan kegiatan kita untuk berkomunikasi dengan Tuhan kita semua yaitu Alloh SWT. Dengan menjaga solat kita, baik yang lima waktu maupun sholat sunah hati kita akan terus merasa tentram. Solat juga mampu mengatasi permasalahan emosional yang sedang kita rasakan.

c. Berdzikir

Kata berdzikir artinya mengingat Alloh, tidak hanya dalam lisan tetapi juga untuk setiap perbuatan yang kita lakukan. Berdzikir yang diniatkan untuk Alloh akan menjadi suatu ketentraman hati .

d. Berdoa

Selain sholat ada juga cara untuk menghilangkan rasa bosan atau jenuh menurut islam. Salah satu caranya yaitu dengan berdoa. Tuhan kita maha mengetahui segala hal yang dirasakan ataupun diperbuat oleh umatnya. Dengan berdoa kita juga bisa lebih mendekatkan diri dengan Alloh SWT.

 

3. Cara Menghilangkan Rasa Jenuh dalam Rumah Tangga

Untuk anda yang sudah berumah tangga pastinya sering merasakan jenuh dalam hubungan? Seperti apa yang sudah dijelaskan di atas rasa jenuh timbul karena rutinitas atau kebiasaan yang sama dan selalu dilakukan setiap hari.

Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jenuh tersebut. Salah satunya yaitu membuat suasana baru dalam rumah tangga. Hal ini bertujuan untuk mengusir rasa kebosanan dalam hubungan rumah tangga. Membuat suasana baru dapat menumbuhkan kembali kehangatan dalam rumah tangga.

Perlu Anda ketahui bahwa jangan terlalu fokus dengan pekerjaan hingga lupa terhadap keluarga. Untuk menghadirkan kembali kehangatan dalam rumah tangga, cobalah kembali romantis dalam hubungan suami istri dan mulai pikirkan jadwal untuk liburan Bersama keluarga.

Hal-hal tersebut bisa dilakukan untuk mengusir kejenuhan dalam rumah tangga anda dan membuat rumah tangga anda kembali harmonis.

4. Cara Menghilangkan Rasa Jenuh dengan Pasangan

Jika kamu merasa jenuh dengan pasangan coba anda pikirkan terlebih dahulu apa yang membuat anda merasa jenuh terhadap pasangan. Jangan sampai anda terlalu baper dengan hal-hal yang tidak penting yang menimbulkan rasa jenuh dengan pacar anda.

Cobalah beberapa hal yang bisa menghilangkan rasa jenuh anda seperti buat jadwal petualangan bersama. Dengan kalian berpetualang mencari tempat-tempat baru akan menghilangkan kejenuhan terhadap hubungan kalian.

Selain itu kalian juga jangan lupakan waktu untuk Bersama, karena rasa jenuh juga dapat muncul ketika kalian sibuk dengan dunia masing-masing. Anda dengan pacar anda harus punya waktu untuk bersama minimal satu hari untuk saling menukar pikiran, seperti makan malam, menonton bioskop dan banyak lagi.

Ketika kalian sedang Bersama pun coba untuk sejenak lupakan handphone dan cobalah fokus terhadap pasanganmu dan dan pikirkan sisi baik dari pasangan anda. Manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya ketika kalian sedang Bersama. Itulah cara menghilangkan rasa bosan terhadap pacar atau pasangan anda.

5. Cara Menghilangkan Kejenuhan Bekerja

Munculnya kejenuhan dalam bekerja tentunya ada sebabnya.. nah coba anda identifikasi penyebab dari rasa jenuh tersebut secara spesifik.

Apakah dikarenakan pekerjaan yang terlalu banyak? Tugas menumpuk? Deadline terlalu singkat? Rekan kerja yang tidak baik? Gaji yang tidak sesuai? suasana di kantor terlalu buruk? atau hal lain?

Dengan cara mengetahui penyebab kejenuhan anda dalam bekerja anda dapat menemukan solusinya. Seperti anda merasa pekerjaan terlalu berat? Anda bisa berkonsultasi kepada bos anda supaya mendapatkan solusi untuk anda.

Anda juga bisa mencoba mendengarkan music ketika sedang bekerja, mungkin dengan mendengarkan musik kesukaan anda, pikiran anda akan lebih segar dan tidak tertekan dengan rasa jenuh dengan pekerjaan anda. Jangan sampai dengan kejenuhan yang dirasakan dalam pekerjaan membuat anda merasa bosan dalam hidup.

Adapun tips lainnya supaya kita tidak jenuh dalam bekerja yaitu dengan mengadakan Gathering. Jangan meremehkan tips ini loh, karna gathering memiliki banyak manfaatnya diantaranya yaitu mempererat tali silaturahmi antar karyawan atau dalam satu divisi tersebut, menciptakan team kerja yang solid, terciptanya keharmonisan antar karyawan, mengembalikan kondisi atau suasana kerja sampai mengembalikan semangat kerja.

6. Menghilangkan Rasa Bosan pada Pacar

Rasa bosan saat menjalani hubungan asmara pasti ada. Rasa bosan pada pacar ini bisa disebabkan karena tidak adanya penyegaran dalam hubungan. Ditambah lagi dengan sifat  pasangan yang cuek dan dingin. Kemudian tidak romantis juga bisa menyebabkan seseorang dengan mudah merasa bosan dengan pacarnya, karena dia tidak mendapatkan apa yang diharapkan.

Jalinan asmara yang sudah lama dan hubungan yang baik baik saja akan terasa sia sia apabila harus berakhir dikarenakan rasa bosan. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa bosan terhadap pacar, diantaranya sebagai berikut :

a. Mulailah untuk Mengubah Kebiasaan dalam  Berkencan

Ubahlah gaya pacaran anda setiap kali anda berkencan, bangun suasana baru yang bisa membuat bahagia pasangan anda. Jangan ajak pacar anda ke tempat yang monoton, tapi sesekali ajaklah pacar anda ke tempat yang belum pernah dikunjunginya.

b. Buat Agenda Travelling Bersama Sang Pacar

Travelling bisa menjadi alternatif dalam menghilangkan rasa bosa terhadadap pacar. Bisa menikmati suasana yang berbeda dengan sang kekasih tentunya akan membuat hati senang berkali lipat. Tapi tentunya siapkan budget yang cukup besar


Manfaat Rasa Jenuh Terhadap Diri

manfaat handphone untuk pelajar

Jika kalian ketahui, banyak juga manfaat dari rasa jenuh terhadap diri anda seperti:

1. Menjadi Kreatif

Rasa bosan bisa membuat kita menjadi lebih kreatif karena adanya waktu dan ruang lebih untuk mengembangkan ide dan gagasan. Ketika bosan, kita dipaksa untuk menggunakan pikiran untuk memberikan stimulasi yang hilang sehingga fantasi kreatif dan eksplorasi dapat lebih mudah terjadi.

2. Memecahkan Masalah

Hubungan antara pemecahan masalah dan kebosanan ditemukan pada tahun 1981. Rasa bosan akan membuat kita masuk ke dalam pikiran bawah sadar yang sering lebih baik dalam memecahkan masalah. Baca juga artikel berikut : Cara Mengatasi Masalah Pribadi Yang Berat Dan Bertubi-Tubi

3. Refleksi Diri

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih rentan terhadap kebosanan juga lebih mungkin untuk melakukan refleksi diri. Menjadi bosan memungkinkan kita untuk merenungkan hal-hal dalam hidup sehingga dapat menjadi katalis untuk membuat perubahan.

4. Lebih Berempati

Sebuah studi pada tahun 2011 mengungkap bahwa kebosanan dapat menginspirasi orang untuk menjadi altruistik, lebih berempati, dan bersikap tanpa pamrih. Kebosanan sering dikaitkan dengan kurangnya kebermaknaan sehingga orang cenderung mencari kegiatan seperti bakti sosial, menjadi relawan, hingga melakukan donor darah.

5. Relaksasi

Ketika kita merasa bosan, kita akan mencari hal lain seperti memperhatikan alam dan lingkungan sekitar. Hal ini bisa memungkinkan pikiran kita lebih relaks dan tenang.


Itulah beberapa cara menghilangkan rasa jenuh. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Leave a Comment