Macam Macam Pesawat Telepon Dan Gambarnya

Macam Macam Pesawat Telepon Dan Gambarnya

Di zaman serba canggih ini, macam-macam pesawat telepon hadir untuk memenuhi kebutuhan kita. Pesawat telepon memang telah menjadi kebutuhan pokok. Hal ini sangat berguna untuk kita dalam melakukan kegiatan komunikasi.

Khususnya bagi Anda yang bekerja secara team, komunikasi antar anggota sangatlah penting. Terutama bagi Anda yang berperan sebagai sekretaris, pesawat telepon sudah menjadi alat utama dalam betempur. Adanya telepon, membuat seorang sekretaris dapat dengan mudah menerima dan menyebarkan informasi secara tepat kepada team, organisasi atau perusahaan.

Adanya telepon ini dapat membuat kita dapat menindak lanjuti setiap informasi dengan cepat, efektif dan efisien sebagai sekretaris.

Berbicara mengenai macam-macam pesawat telepon, alat tersebut memiliki banyak varian. Masing-masing jenis memiliki keunggulan dan fungsinya tersendiri. Nah, sebagai informasi untuk Anda tentang alat komunikasi yang satu ini, batas ketik akan sharing sedikit mengenai macam-macam pesawat telepon beserta gambar, fungsi dan penjelasannya.


Apa yang Dimaksud dengan Pesawat Telepon ?

Sebelum kita mengenai varian dari pesawat telepon, mari kita pelajari pengertian dari pesawat telepon.

Di ambil dari wikipedia, pesawat telepon adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan).

Berhubungan dengan telepon termasuk ke dalam bentuk komunikasi tidak langsung. Hal tersebut dikarenakan Komunikator dan Komunikan secara fisik tidak bertatap muka, tapi mereka dapat berkomunikasi melalui perantara suatu rangkaian elektronik yang disebut pesat telepon.


Macam Macam Pesawat Telepon Dari Segi Fungsinya

1. Pesawat telepon informatif

Berfungsi untuk menerima dan menyampaikan informasi secara lisan

2. Facsimile

Macam Macam Pesawat Telepon

Berfungsi untuk mengirimakan file atau alat elektronik sebagai fotokopi jarak jauh

3. Pesawat telepon internet

Dimana penggunaannya menggunakan akses internet dalam berkomunikasi

4. Telepon SMS

Telepon SMS

Berfungsi untuk mengirim dan menerima berita secara lisan (menggunakan handphone)

5. Teleconference

telephone conference call
sumber gambar : kisspng.com


Yaitu sistem komunikasi yang memungkinkan beberapa orang saling bertelepon dan saling melihat melalui monitor atau layar

6. Telepon digital

telepon digital

Yaitu alat komunikasi yang menggunakan mekanisme mesin


Baca Juga : Pengertian Hotel Menurut Para Ahli


Jenis-Jenis Pesawat Telepon Berdasarkan Kapasitas atau Kemampuan Peralatan

Ditinjau daro segi kapasitas dan kemampuan peralatannya, pesawat telepon dapat dibagi kedalam beberapa jenis, yaitu :

1. Satu Jalur telepon

Macam Macam Pesawat Telepon
sumber gambar : lelong.com

Jenis ini sering disebut dengan single line telephone. Jenis telepon ini sering digunakan oleh masyarakat yang memasang fasilitas telepon rumah. Biasanya pesawat telepon ini memiliki sistem tuts  atau putar angka untuk memanggil nomor tujuan.

2. Telepon Banyak Tuts

multi button telephone
Sumber gambar : dcomcomputers.com –

Jenis ini biasanya dipanggil dengan pesawat multi button telephone. Dengan menggunakan pesawat ini, hubungan telepon masuk dapat diatur penyampaiannya kepada orang yang dituju. Jenis pesawat telepon ini banyak digunakan pada organisasi-organisasi.

3. Pesawat Telepon Sistem Hunting

Jenis ini memiliki satu nomor yang dimana hal tersebut dapat digunakan secara serentak untuk beberapa saluran.

4. Telepon dengan Pengeras Suara

loudspeaker
promotelepon.blogspot.com

Jenis ini sering kita dengar dengan sebutan loudspeaking telephone. Pesawat telepon dengan kemampuan seperti ini dapat mempermudah Anda dalam penggunaannya jika Anda sedang beraktivitas. Anda tidak perlu memegang pesawat telepon ketika berbicara atau berkomunikasi.


Jenis Jenis Pesawat Telepon Dilihat Dari Kemampuan Jangkauannya

Ditinjau dari jarak jangkauannya macam-macam pesawat telepon antara lain:

  1. Pesawat Telepon Ekstern, yaitu digunakan untuk melakukan percakapan jarak jauh yang meliputi seluruh jaringan telepon
  2. Pesawat Telepon Intern, yaitu digunakan untuk percakapan antar bagian dalam suatu ruangan tertentu. Misalnya rumah atau kantor.
  3. Pesawat Telepon Intercom, yaitu digunakna untuk menyampaikan berita dari dalam lingkungan yang satu bagian ke bagian yang lain.

Dari peralatan pesawat telepon tersebut, munculah yang dinamakan hubungan telepon sesuai jarak jangkauannya. Hal ini dibagi kedalam tiga kategori yaitu :

1. Hubungan Lokal (Setempat)

Yaitu hubungan yang dilakukan pada lingkup daerah tertentu. Misalnya Kota Tasikmalaya. Pada hubungan antar daerah Tasikmalaya, maka kita tidak perlu menggunakan kode daerah atau area tempat yang dituju.

2. Hubungan Interlokal

Yaitu hubungan telepon yang dilakukan dengan jarak yang cukup jauh. Kita ambil contohnya hubungan telepon antar kota. Untuk melakukan hubungan telepon interlokal, kita perlu menggunakan nomor atau kode area wilayah (tempat) yang kita tuju.

Misal, kita berada di Tasikmalaya, jika kita akan menelpon orang yang di daerah Jakarta menggunakan pesawat telepon rumah maka kita harus menggunakan kode areanya yaitu 021 yang kemudian dilanjutkan nomor tujuan Anda.

3. Hubungan Internasional

Yaitu hubungan telepon yang dilakukan dengan jarak internasional. Contohnya seperti hubungan telepon antar negara. Biasanya, kita harus memasukan kode area dari negara yang kita tuju sebelum memasukan nomor tujuannya.


Macam Macam Pesawat Telepon Dari Segi Peletakkannya

Ditinjau dari segi peletakkannya, pesawat telepon dibagi kedalam 4 jenis. Yaitu :

  1. Table Phone
    Macam Macam Pesawat Telepon
    Pesawat telepon yang diletakkan di atas meja
  2. Wall Phone
    Wall Phone
    Pesawat yang diletakkan (dipasang) di dinding atau tembok
  3. Telepon Mobil, Pesawat dan Kapal

    telepon-mobil-bmw
    sumber gambar : Tribunnews.com

    Sesuai namanya, pesawat telepon ini berada di setiap kendaraannya.

  4. Handphone
    Handphone
    Yaitu pesawat telepon tanpa kabel yang dapat dibawa kemana saja.

Itulah macam-macam dari pesawat telepon yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Leave a Comment