Latar Belakang Musik Non Tradisional

Latar Belakang Musik Non Tradisional

Bagi Anda yang sedang mencari latar belakang musik non tradisional, kali ini batas ketik akan sharing mengenai hal tersebut. Berbicara mengenai musik, tentu Anda sudah mengetahui bahwa terdapat yang tradisional dan juga non tradisional (modern).

Mengenal Secara Singkat

Alat musik tiup

Musik non tradisional adalah musik tradisi daerah yang banyak mendapat pengaruh dari musik modern atau musik yang berasal dari asing yang masuk ke daerah sehingga membuat musik tradisional menjadi lebih indah.

Musik tradisional dikenal dan lahir dari budaya suatu masyarakat tertentu. Hal ini berbeda dengan musik non tradisional. Musik ini dibangun berdasarkan satu aturan komposisi yang kelas. Mulai dari notasi, tangga nada, tekstur, serta instrumen yang telah dikenal di masyarakat secara luas. Sehingga, musik jenis ini lebih mudah dipelajari.

Musik non tradisional bersifat terbuka. Hal ini bermaksud bahwa komposisi dan gaya musik sangat dipengaruhi oleh berbagai pengalaman musikal para musisi dari masa ke masa.

Sifatnya yang terbuka ini membuat musik jenis non tradisional erat dengan kegiatan “mengkritik”. Kritikan terhadap suatu komposisi tertentu telah menjadi hal yang lumrah. Sehingga, tidak mengherankan terdapat suatu gaya musik non tradisional tertentu yang hilang atau ditinggalkan oleh masyarakat dan diganti oleh gaya musik yang baru.


Baca Juga : Manfaat Wawasan Nusantara


Latar Belakang Musik Non Tradisional

latar belakang musik non tradisional

Musik non tradisional memang telah masuk di Indonesia. Hal ini terjadi dikarenakan masuknya bangsa asing ke Indonesia yang memperkenalkan berbagai alat musik dari negeri mereka.

Alat musik seperti biola, selo (cello), gitar, ukulele dan yang lainnya, mereka kenalkan bersama dengan berbagai karya lagu.

Mulai darisanalah para musisi Indonesia menciptakan sajian musik yang perpaduan musik asing dan Indonesia. Sajian musik itu dikenal sebagai keroncong.

Faktor lainnya yang membuat musik non tradisional mulai berkembang, sekarang ini telah adanya berbagai media elektronik ke Indonesia. Media tersebut membuat masuknya aliran-aliran musik ke Indonesia.

Dari perkembangan ini, kemudian terjadi perpaduan antara musik asing dengan musik Indonesia.


Itulah yang dapat kami bagikan terkait latar belakang musik non tradisional. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Leave a Comment