Tanaman Hias Akar dan Nama Latinnya  | 10 Jenis , Sudah Tahu?

Tanaman Hias Akar dan Nama Latinnya | 10 Jenis , Sudah Tahu?

Tanaman hias akar masih menjadi tanaman hias yang banyak digemari oleh orang banyak, khususnya mereka yang menjadi pecinta tanaman. Tampilannya yang cantik dan menawan sering kali menarik perhatian banyak orang, dan ingin merawatnya di rumah.

Jenis-jenis tanaman tersebut sering dipilih untuk menghias kolam, rumah, kebun, sebagai dekorasi dan untuk apa saja supaya menampilkan kesan keindahan di tempat tinggal mereka.

Beberapa dari tanaman hias tersebut sering mengeluarkan aroma yang segar, sehingga memmbuat lingkungan sekitar menjadi lebih asri dan sejuk. Aromanya yang segar itu mampu menenangkan suasana di dalam ruangan tempat anda beristirahat.

Ada banyak jenis tanaman hias akar yang bisa dipilih untuk menghiasi kolam atau taman dan pekarangan anda. Namun sebelum kita bahas lebih jauh mengenai tanaman hiasa akar, apakah kalian tahu tanaman hias itu yang seperti apa ? lebih tepatnya tanaman hiasa akar itu yang seperti apa ? nah, mari kita simak pembahasan mengenai tanaman hias dan tanaman hias akar.


Tanaman Hias itu yang seperti apa ?

Tanaman Cantik Penghias Teras
Yang d imaksud dengan tanaman hias adalah jenis tanaman yang ditanam untuk menciptakan kesan keindahan, kecantikan, dan menciptakan daya tarik. Tanaman hias merupakan tanaman yang umumnya ditanam dihalaman rumah atau ditempatkan dalam ruangan menggunakan pot sebagai tempatnya.

Banyak orang menanam tanaman hias umumnya bertujuan untuk memberikan kesan keindahan bagi tempat tinggalnya, baik itu menanam tanaman hias akar, bunga, daun, ataupun buah, jika tanaman itu memiliki keindahan dan ditanam untuk menciptakan daya tarik maka dapat dikategorikan sebagai tanaman hias.


10 Tanaman Hias Akar Yang Cantik 

Ada 10 jenis tanaman hias akar yang beredar di Indonesia, berikut ini adalah tanaman hias akar dan nama latinnya:

1. Tanaman Hias Akar Adenium

Tanaman hias akar adenium
Sumber gambar : bibitonline.com

Biasa dikenal dengan sebutan kamboja jepang, tanaman ini memiliki bentuk akar yang indah dan dikenal sebagai bongol. Walau sebenarnya bunga dari adenium ini tidak kalah menarik, harga adenium sangat bergantung dari akarnya.

Tak heran jika adenium yang ditanam dengan cara steak harganya sangat murah. Hal ini dikarenakan adenium yang di tanam dengan steak akarnya tidak bisa berkembang dan memunculkan bongolnya.

2. Beringin

Tanaman hias akar bonsai beringin
Sumber Gambar : bibitonline.com

Tanaman hias akar beringin yang dimaksud disini tentu bukan beringin di hutan atau kebun yang memiliki tinggi menjulang dengan akar serabut yang besar. Beringin yang saya maksud disini lebih ke bonsai beringin, dimana jika dibuat bonsai beringin dapat dibuat akarnya menjadi berbagai model yang memiliki nilai seni tingi. Akar bonsai beringin dapat dibuat berbagai gaya seperti gaya mencengkram batu, hubungan akar dan tampilan akar.

Beringin (Ficus benjamina dan beberapa jenis (genus) Ficus lain dari suku ara-araan atau Maroceae), yang disebut juga waringin atau (agak keliru) ara (ki araki berarti “pohon”), dikenal sebagai tumbuhan pekarangan dan tumbuhan hias pot. Pemulia telah mengembangkan beringin berdaun loreng (variegata) yang populer sebagai tanaman hias ruangan. Beringin juga sering digunakan sebagai objek bonsai.

Beringin sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Tumbuhan berbentuk pohon besar ini sering kali dianggap suci dan melindungi penduduk setempat. Sesaji sering diberikan di bawah pohon beringin yang telah tua dan berukuran besar karena dianggap sebagai tempat kekuatan magis berkumpul. Beberapa orang menganggap tempat di sekitar pohon beringin adalah tempat yang “angker” dan perlu dijauhi.

3. Ficus Elastica

Tanaman Hias Akar Ficus Elastica
Sumber gambar : greeners.co

Tanaman hias akar ficus elastica di indonesia lebih dikenal sebagai tanaman karet kebo. Jika dibuat bonsai tanaman ficus elastica ini akarnya bisa dikreasikan dengan bentuk bentuk yang menawan.

Tanaman yang biasa tumbuh di iklim tropis ini akarnya bisa tumbuh dengan baik walau sudah dipotong potong untuk dibentuk sesuai keinginan anda. Dikenal dengan nama karet kebo (jawa), karet merah, bak rambong (aceh), batang kajai (sumatra barat), rubber plants

(inggris) merupakan tanaman hias sekaligus tanaman pelindung. Berbentuk pohon serta memiliki umur panjang (parenial) dengan tinggi mencapai 25-30 meter dan mampu hidup hingga ketinggian 500 meter dpl.

Tanaman ini memiliki ciri

Akar: Akar tunggang dan akar udara berwarna coklat.

Batang : Tegak, bentuk bulat, percabangan simpodial, permukaan kulit kasar, warna coklat tua.

Daun : Tunggal berseling, bentuk lonjong, tepi rata, ujung dan pangkal meruncing, panjang 15-20 cm, lebar 8-15 cm, bertangkai pendek, pertulangan menyirip, permukaan halus.

Bunga : Tunggal, berkelamin satu, kelopak berwarna hijau bentuk mangkok, benang sari berwana putih panjang ± 7 mm, kepala sari berwarna hitam bentuk bulat, putik panjang 1-2 cm, kepala putik bulat, hitam, mahkota bentuk pita, halus, kuning.

Buah : Buni, bulat, diameter 1-2 cm, hijau kehitaman.

Biji: Bulat, warna putih


Baca Juga : Jenis Aglaonema Mahal | Cantik dan Cocok Buat Bisnis !!


4. Bonsai

Bonsai

Tanaman hias akar bonsai  adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Penanaman sai dilakukan di pot dangkal yang disebut bon .

Istilah bonsai juga dipakai untuk seni tradisional jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman atau pohon. Bonsai adalah pelafalan Bahasa jepang untuk penzai.

Seni ini mencakup berbagai teknik pemotongan dan pemangkasan tanaman, pengawatan (pembentukan cabang dan dahan pohon dengan melilitkan kawat atau membengkokkannya dengan ikatan kawat), serta membuat akar menyebar di atas batu.

Pembuatan bonsai memakan waktu yang lama dan melibatkan berbagai macam pekerjaan, antara lain pemberian pupuk, pemangkasan, pembentukan tanaman, penyiraman, dan penggantian pot dan tanah. Tanaman atau pohon dikerdilkan dengan cara memotong akar dan rantingnya.

Pohon dibentuk dengan bantuan kawat pada ranting dan tunasnya. Kawat harus sudah diambil sebelum sempat menggores kulit ranting pohon tersebut. Tanaman adalah mahluk hidup, dan tidak ada bonsai yang dapat dikatakan selesai atau sudah jadi. Perubahan yang terjadi terus menerus pada tanaman sesuai musim atau keadaan alam merupakan salah satu daya tarik bonsai.

5. Ficus Virens

tanaman hias akar ficus virens
sumber gambar : www.flowerpictures.net

Jenis tanaman ini memiliki akar yang bisa melilit ke batangnya, sehingga tak heran tanaman ini sering dijadikan tanaman hias akar, akar dari tanaman ini sendiri dapat berubah warna di sepanjang taun yaitu saat daunnya tumbuh, menua, dan gugur.

6. Ficus Microcarpa

tanaman hias akar ficus microcarpa
sumber gambar : crocus.co.uk

Genus ficus memang memiliki sistem perakaran yang bisa dikreasikan sebagai tanaman hias.

7. Ulmus Lancaefolia

ulmus lancaefolia
sumber gambar : nugi234.files.wordpress.com

Tanaman ini dikenal juga di indonesia sebagai tanaman ulmus cina. Tanaman Ulmus Lancaefolia merupakan jenis tanaman hias akar yang dibuat bonsai karena keindahan akarnya. Salah satunya adalah dibuat gaya mencengkram batu.

8. Bugenvil

bugenvil
sumber gambar : decyra.com

Tanaman bugenvil mungkin lebih terkenal dengan keindahan bunganya. Tetapi sebenarnya tanaman ini akarnya bisa dikreasikan juga sehinga selain menampilkan bunganya yang indah akarnya pun dimunculkan ke atas tanah dengan bentuk yang eksotik.

9. Juniperus Chinensis

Juniperus Chinensis
sumber gambar : henhbonsai.fr

Tanaman yang dikenal sebagai tanaman juniper cina ini, juga sering dibuat bonsai yang menggabungkan keindahan batang dan akarnya.

10. Duranta Erecta

Tanaman_duranta
sumber gambar : bukalapak.com

Duranta Erecta atau dalam bahasa indonesia disebut sebagai tanaman sinyo nakal. Tanaman ini sering digunakan sebagai pakar hidup untuk batas halaman. Tanaman ini bisa dibuat bonsai dengan menampilkan tampilan akar yang cukup baik sehingga bisa dimasukkan ke salah satu dari 10 jenis tanaman hias akar.


Manfaat Tanaman Hias akar

melindungi jantung

Bukan hanya sekedar keindahan dari yang namanya tanaman hias namun ada juga beberapa manfaat yang dapat diambil jika menanam tanaman hias, diantaranya:

  • Meningkatkan perekonomian, sebagian orang bisa menjadikan tanaman hias sebagai sumber penghasilan
  • Dengan membudidaya tanaman hias dapat meningkatkan kualitas tanaman.
  • Memperindah rumah dan juga lingkungan tempat tinggal.
  • Dapat meningkatkan penghijauan lingkungan.
  • Menjaga dan meningkatkan kebersihan udara.
  • Karena tanaman hias dapat memperindah tempat tinggal dan membuat udara menjadi bersih maka bisa meredakan stress.

Dari pembahasan di atas mengenai manfaat tanaman hias akar, ternyata banyak sekali manfaat yang terkandungnya. Selain untuk keindahan nyatanya tanaman hias akar juga bisa pengobat penyakin kanker ( kantong kering ). Hmm,, menggoda bukan ?

Leave a Comment