Jenis Aglaonema Mahal | Cantik dan Cocok Buat Bisnis !!

Jenis Aglaonema Mahal | Cantik dan Cocok Buat Bisnis !!

Terdapat berbagai jenis aglaonema mahal yang kian populer. Penyebabnya, salah satu tanaman hias daun yang dijuluki sebagai “Ratu Daun” ini mampu menarik perhatian para pecinta tumbuhan hias. Hal ini dikarenakan kecantikan bentuk dan ke-eksotisan dari warnanya yang mampu memanjakan mata setiap orang.

Aglaonema sering disebut juga dengan Sri Rejeki. Di luar Negeri, tanaman hias daun ini dikenal sebagai Chinese Evergreen yaitu tanaman terbaik untuk para pemula atau bagi mereka yang sibuk beraktivitas di luar rumah.

Sebutan tersebut pantas untuk tanaman aglaonema. Pasalnya, tanaman ini dapat bertahan dan tumbuh kokoh di hampir setiap kondisi dalam ruangan. Tanaman hias daun ini mampu mentolerir cahaya. Hal ini bermaksud bahwa aglaonema dapat tumbuh pada ruangan yang kurang cahaya matahari, agak terang (tapi tidak tersentuh langsung oleh matahari), atau bahkan hanya terdapat cahaya lampu neon sekalipun.

Selain dapat tumbuh dalam berbagai kondisi ruangan, masalah yang dapat timbul pada tanaman hias yang satu ini juga terbilang sedikit. Hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat tanaman ini adalah jangan sampai media tanamnya terlalu basah. Hal ini dikarenakan aglonema cenderung membusuk jika media tanamnya basah.

Kemudian masalah lainnya adalah apabila aglonema disimpan dalam waktu yang lama di ruangan bercahaya rendah, tanaman hias ini akan memiliki kaki yang panjang.

Jenis tanaman aglaonema di seluruh Dunia banyak sekali. Nah, kali ini batas ketik akan membahas beberapa jenis dari aglaonema yang memiliki harga yang mahal.


7 Jenis Aglaonema Mahal

Aglaonema memiliki beragam jenis. Tak heran pula, banyak sekali pembudidaya yang terus menghasilkan varietas aglonema baru yang lebih menarik daripada sebelumnya. Bahkan, terkadang varietas baru tersebut lebih sehat dan kuat.

Namun, tidak jarang pula pembudidaya mengalami kegagalan akibat kesulitan menemukan mutasi yang tepat hingga berhenti mengembangkan varietas dari aglaonema ini.

Hal itulah yang membuat tanaman Aglaonema mahal. Harga yang diberikan timbul semata-mata karena kelangkaannya. Penetepan harga juga dipengaruhi beberapa faktor seperti melihat harga pasar dan pandangan kesulitan dari si pemilik.

Beberapa jenis aglaonema mahal adalah :

  1. Red Suksom  (Rp 300.000,-)
  2. Bidadari (Rp 100.000,-)
  3. Red Ruby (Rp 90.000,-) hingga 450.000
  4. Super White (Rp 90.000,-) 450.000
  5. Pride of Sumatra (Rp 95.000,-) hingga 250.000
  6. All Star Red (Rp 90.000,-) hingga 220.000
  7. Black Lipstik (RP 80.000,-) hingga 150000

Baca Juga : Tanaman Cantik Penghias Teras | Coba Deh, Hasilnya Waw Banget !


1. Aglaonema Red Suksom 

jenis aglonema mahal
sumber gambar : pinterest.com

Tanaman ini merupakan jenis bunga aglaonema yang paling mahal. Harganya berada di kisaran antara Rp 300.000,- hingga Rp 750.000,-. Bahkan mungkin ada yang menjual lebih mahal daripada itu. Aglaonema Red Suksom merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Araceae.

Tanaman ini memiliki pesona dan keindahan pada warna daunnya. Red Suksom menyukai tinggal di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Untuk merawatnya Anda hanya perlu menyiramnya 1 kali dalam 2-3 hari saja. Berikan sesekali pupuk dalam kurun waktu 3-4 bulan sekali.

2. Aglaonema Bidadari

jenis aglonema mahal
sumber gambar : www.rancupidfarm.com

Jenis aglaonema yang mahal berikutnya adalah Aglaonema Bidadari. Tanaman ini memiliki harga dengan kisaran Rp 100.000,- hingga Rp 600.000,-.  Aglaonema Bidadari memiliki keunikan dari warna daunnya.

Tanaman ini memiliki warna daun yang terdiri dari kombinasi kuning, jingga, pink dan hijau. Hal inilah yang membuatnya diberikan nama bidadari. Ditambah tangkai penopang daun yang berwarna merah muda dengan ujung tumbuh bercak-bercak hijau membuatnya semakin cantik.

3. Aglaonema Red Ruby

Jenis aglonema mahal red ruby
sumber gambar : bukalapak.com

Tanaman ini memiliki harga dengan kisaran Rp 90.000,- hingga Rp 450.000,-. Tanaman ini populer karena perpaduan warna merah ruby dan sedikit hijau pada daunnya. Hal ini membuat tanaman ini cocok sebagai aksen dekorasi rumah.

Aglaonema Red Ruby merupakan tanaman yang berumur panjang. Tanaman ini mampu mempertahankan kesegaran daunnya secara bertahun-tahun.

4. Aglaonema Super White

Aglaonema_Super_White
sumber gambar : bukalapak.com

Tanaman ini dibandrol dengan harga berkisar Rp 90.000,- hingga Rp 450.000,-. Super white merupakan varian tanaman hias aglaonema yang daunnya dominan berwarna putih. Pada tepi daunnya terdapat warna sedikit hijau. Tanaman sangat cocok bagi Anda yang menyukai warna putih.

Aglaonema super white cocok tumbuh di daerah dataran rendah sampai tinggi. Untuk merawatnya, letakan tanaman ini di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung. Lakukan penyiraman dengan intensitas 2 kali sehari dan pemberian pupuk sebulan sekali dengan NPK daun.

5. Aglaonema Pride of Sumatra

Aglaonema red sumatra
sumber gambar : gudangbibitku.com

Tanaman ini merupakan generasi awal dari Aglaonema berwarna merah. Aglaonema pride of sumatra awal mulanya muncul di tahun 1993. Hingga sekarang, tanaman jenis aglonema ini masih cukup populer dan mahal. Aglaonema jenis ini dibandrol dengan harga berkisar Rp. 95.000,- hingga Rp. 250.000,-.

Keunikan dari tanaman ini adalah sosoknya yang kokoh dan secara keseluruhan daunnya kompak. Bentuk daunnya elips memanjang dengan tangkai daun yang berwarna pink. Bercak daunnya berwarna hijau gelap, merah, dan pink dengan tulang daun yang merah menyala.

6.  Aglaonema All Star Red

Aglaonema All Star Red
sumber gambar ; bukalapak.com

Jenis aglonema mahal lainnya yaitu all star red. Aglaonema ini dibandrol dengan harga berkisar Rp 90.000,- hingga Rp 220.000.

Aglaonema all star red merupakan salah satu jenis tanaman yang paling banyak diperjual berlikan. Hal ini dikarenakan tanaman ini unik dengan hampir pada seluruh bagian tubuhnya berwarna merah engan sedikit kehijauan pada ujung daunnya.

7. Aglaonema Black Lipstick

Aglaonema black lipstick
sumber gambar : pinterest.com

Jenis aglonema ini dibandrol dengan harga berkisar Rp 80.000 hingga Rp 150.000 ke atas. Tanaman ini memiliki ciri khas pada warna sembur hijau merahnya dan tekstur daun yang unik. Aglaonema black lipstick sangat populer dan menjadi favorit pecinta tanaman karena perawatannya yang mudah.


Itulah beberapa jenis aglaonema mahal yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Leave a Comment