Tanaman Hias Paling Banyak Dicari

Tanaman Hias Paling Banyak Dicari

Tanaman Hias Paling Banyak Dicari – Jika membahas soal tanaman, Anda pasti mengenal dengan jenis tanaman hias kan? Tanaman ini merupakan banyak jenis tanaman yang sengaja ditanam dalam media tanam seperti pot dan diperuntukkan untuk menghiasi ruangan bahkan halaman rumah anda.

Nah, pada kesempatan kali ini, batas ketik akan sedikit membagikan beberapa macam tanaman hias yang sangat trending di tahun 2019 dan yang memiliki harga sangat mahal. Hal ini membuat beberapa tanaman hias yang akan dijelaskan ini menjadi banyak peminat dan paling banyak dicari.

Tren Tanaman Hias 2019

Tren Tanaman Hias 2019

Untuk itu, beberapa rekomendasi tanaman hias di bawah ini bisa menjadi salah satu pilihan yang jitu untuk kamu. Mari kita simak inilah tren tanaman hias 2019 berikut ini.

1. Fittonia

Tanaman Hias Paling Banyak Dicari

Tanaman hias paling banyak dicari yang pertama adalah tanaman hias Fittonia. Kamu bisa membuat tanaman hias Fittonia sebagai hiasan di dalam rumah.

Tanaman ini ditumbuhkan dari stek batang dan bisa tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi. Fittonia membutuhkan sedikit sinar matahari dan bisa berbunga beberapa kali dalam sebulan.

Tanaman ini akan mengeluarkan beberapa kuntum bunga dalam satu tanaman. Fittonia tidak memiliki aroma tertentu. Kemudian, Fittonia bisa ditanam dan diletakkan dalam pot berdiameter 20 hingga 30 cm dengan memakai media tanam berupa tanah dan humus. Untuk merawatnya, kamu perlu menyiramnya sekali sehari.

Tanaman yang ukurannya kurang dari 20 cm ini bisa bertumbuh hingga 50 cm. Kamu cukup memupuknya dengan pupuk NPK sebulan sekali supaya bunganya subur. Dapatkan tanaman ini di Tokopedia dengan harga Rp 30.000.

2. Kimunding (Fiddle Leaf Fig)

Tanaman Hias Paling Banyak Dicari
sumber gambar : smartmama.com

Tanaman Hias Ketapang Biola Cantik fiddle leaf fig ini juga bisa banget untuk kamu pilih sebagai tanaman hias di dalam rumah. Hiasi rumah kamu dengan tanaman yang berukuran 40 hingga 60cm ini. Tanaman ini memiliki tampilan unik dengan daunnya yang lebar dan kaku. Daun tanaman tidak akan mudah berguguran walaupun sudah tua dan menguning.

Unik dan cantik, tanaman ini dinamakan biola karena daunnya yang menyerupai pinggul biola dan meliuk-liuk. Tanaman ini dikirim dari Malang, Jawa Timur. Kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 100.000.

 

3. Philodendron Daun Hati

Tanaman Hias Paling Banyak Dicari
sumber gambar : grosirtanaman.com

Tanaman Philodendron Monstera ini tidak kalah unik jika ingin kamu jadikan tanaman indoor penghias rumah. Bentuk dan tekstur daun terbilang unik karena menyerupai bentuk hati. Hal yang menarik dari tanaman ini adalah fungsinya selain memperindah rumah juga bisa menjadi penyerap racun dalam ruangan.

Jenis tanaman rambat ini mampu membuat atmosfer dalam ruangan lebih segar dan nyaman. Kamu harus menatanya sebaik mungkin supaya rambatan tanaman tidak terkesan acak-acakan.

Tanaman Philodendron membutuhkan sinar matahari pada naungan teduh. Untuk menanamnya, Anda bisa menggunakan pot dengan diameter kisaran 20 hingga 30 cm. Siramlah 2 kali sehari supaya tanamannya tetap sehat.

Untuk mendapatkan benihnya, Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga berkisar Rp 70.000.

 

4. Maranta

Maranta
kredit gambar : Maja Dumat – Creative Commons Licence BY 2.0

Maranta Leuconeura bisa kamu lirik sebagai tanaman hias indoor yang cantik. Bibit tanaman ini dijual dengan berat 500 gram. Tanaman ini memiliki daun dengan pola rumit. Unik dan bisa memanjakan mata yang melihatnya, tanaman ini sangat populer di berbagai negara.

Dengan tinggi kurang lebih 40 cm, tanaman ini begitu rimbun daunnya. Agar tanaman ini tumbuh dengan optimal, letakkan di dalam rumah pada daerah dengan iklim dingin. Hindarkan dari sinar matahari langsung supaya daunnya tidak segera layu dan kering. Tanaman ini juga memerlukan banyak air, maka siramlah 2 kali sehari secara rutin.

Dapatkan Tanaman Hias Indoor – Maranta Leuconeura Erythrophylla Herringbone ini di Bukalapak dengan harga berkisar Rp 140.000.

5. Pisang hias

pohon pisang hias
sumber gambar : karousell.com

Tanaman Hias Indoor Pisang Hias ini lebih dikenal dengan nama Calathea Lutea. Produk ini perlu diperhatikan tunasnya supaya tidak tumbuh secara berlebihan dan merusak penampilannya keseluruhan.

Kamu bisa memilih pisang hias yang ukurannya lebih kecil jika ingin menanamnya di dalam pot. Hadirnya tanaman ini di rumah akan memberikan kesan nuansa tropis di dalam rumah. Dapatkan segera Calathea Lutea Calatea Tanaman Hias Indoor Outdoor Pohon Pisang di Tokopedia dengan harga Rp 155.000.

6. Bird Of Paradise (Stelitzia Nicolai)

Bird Of Paradise

Cendrawasih Bird Of Paradise ini adalah jenis tanaman indoor yang juga sayang untuk kamu lewatkan. Produk yang satu ini cocok sebagai tanaman hias di rumah yang bisa menjadi dekor. Bentuk tanamannya menyerupai bulu unggas sehingga terkesan begitu cantik. Struktur daunnya rapat dan terkesan rimbun.

Tanaman hias paling banyak dicari ini asalnya dari Afrika Selatan, namun karena kemiripannya dengan kecerahan warna burung maka disebutlah namanya Bird of Paradise. Dengan daun hijau kebiruan, tanaman ini tulang daunnya berwarna merah.

Dapatkan Bibit Tanaman Hias – Cendrawasih Bird Of Paradise Bakalan Bonsai di Bukalapak dengan harga Rp 33.000.


Tanaman Hias Mahal yang Ada di Indonesia

Tanaman Hias Mahal yang Ada di Indonesia

Di Indonesia juga terdapat beberapa jenis tanaman hias mahal. Keindahan tanaman hias pada era sekarang memang membuat semua berlomba-lomba untuk mencarinya. Oleh karena itu jenis tanaman hias pun memiliki daya jual yang begitu tinggi. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias mahal yang ada di Indonesia:

1. Lily

lily

Jenis bunga yang satu ini terkenal dengan sebutan Lily of the Valley, namun di Indonesia bunga ini disebut bunga bakung gunung. Tahukah Anda arti dari bunga lily itu sendiri? Bunga ini melambangkan kemurnian dan kebahagian bagi para pencintanya.

Ciri lainnya dari bunga ini yaitu memiliki aroma tau wangi yang sangat harum. Sehingga tak heran bunga jenis ini banyak dicari dan dijadikan sebagai tanaman hias yang mahal.

Jika kita telusuri, bunga ini banyak tumbuh di bulan Mei, bulan dimana terjadinya musim semi di daratan eropa.

Tapi jangan karena bunga ini mahal anda bisa langsung memakannya! Hati-hati, bunga ini bukan jenis bunga konsumsi. Jika anda memakannya bisa saja mengalami keracunan. Apabila anda tertarik dan menyukai bunga lily of the valley ini, bisa anda pelihara langsung atau membuatnya sebagai hand-bouquet.

2. Kadaka

kadaka

Kadaka merupakan tanaman hias yang bentuknya seperti lidah yang tampak menjulur-julur. Tanaman asli Indonesia ini biasa tumbuh dengan lebat di hutan.

Dahulu, tanaman ini dipandang sebelah mata, tetapi kini Kadaka menjadi salah satu tanaman termahal yang banyak diburu.

Varietas Kadaka ini bermacam-macam, ada Kadaka Osaka, Kadaka Ular, dan Kadaka Keriting. Semakin unik bentuknya, maka semakin mahal pula harga tanaman ini. Bahkan, ukuran tanaman ini juga menentukan harganya. Jika Kadaka semakin besar, harga yang dibandrol pun juga semakin tinggi.

3. Adenium

Tanaman hias akar adenium
Sumber gambar : bibitonline.com

Mungkin bunga yang satu ini sudah cukup familiar bagi Anda yang tinggal di Indonesia. Ya, Adenium memang bunga yang cukup umum karena bisa tumbuh dengan subur di Indonesia. Bahkan, saat ini kita bisa mendapatkan Adenium dengan corak yang bagus hanya dengan mengeluarkan uang sebesar puluhan ribu rupiah.

Meskipun bisa diperoleh dengan harga yang murah, Adenium tetap tergolong bunga termahal di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan semakin besar dan unik bonggol Adenium, maka harga jualnya pun semakin tinggi. Hingga saat ini masih ada saja Adenium unik yang dijual dengan harga mencapai 50 juta rupiah.


Baca Juga : Jenis Aglaonema Mahal | Cantik dan Cocok Buat Bisnis !!


4. Anggrek Hitam Papua

anggrek hitam
sumber gambar : grid.id

Melihat Anggrek berwarna putih, pink, atau merah mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan Anggrek Hitam dari Papua ini? Bunga Anggrek Hitam adalah satu dari sekian banyak bunga termahal di Indonesia. Tingginya harga bunga ini dikarenakan bunga tersebut sangat langka dan jarang ditemukan.

Anggrek Hitam Papua memiliki kelopak berwarna hitam dan putik berwarna pink cerah. Perpaduan warna tersebut membuat bunga ini semakin memukau. Bahkan, saat ini Anggrek Hitam Papua sudah mulai dibudidayakan karena peminat bunga tersebut sangat banyak. Jika Anda ingin membeli Anggrek Hitam Papua, siap-siap saja untuk merogoh kocek yang besar. Pasalnya, satu tanaman Anggrek Hitam Papua bisa dihargai sampai 100 juta rupiah.

5. Anthurium

Selanjutnya, ada sebuah tanaman hias dengan harga yang cukup mahal, yakni Anthurium. Tanaman yang daunnya lebar-lebar ini lebih dikenal dengan nama kuping gajah. Sampai saat ini, tanaman tersebut masih dibandrol dengan harga ratusan ribu rupiah.

Anthurium memiliki tulang daun yang besar sehingga daun-daunnya tampak sangat kekar. Tanaman ini terdiri dari seribu macam varietas. Akan tetapi, hanya beberapa jenis anthurium saja yang terkenal di Indonesia, seperti Jenmanii, Wafe of Love, Hookeri, dan masih banyak lagi. Di antara jenis-jenis Anthurium, yang paling terkenal adalah Jenmanii. Jenis tersebut pernah dijual di Oasis Nursery Anthurium senilai 70 juta rupiah.

6. Oriental Lily

lily oriental

Nama lain dari Oriental Lily adalah Lily Stargazer. Bunga ini sangat terkenal karena tampilannya yang cantik dan aromanya yang sangat harum. Bunga yang satu ini juga dijual di Indonesia meskipun tergolong langka.

Harga satu tangkai Oriental Lily dapat mencapai 500 ribu rupiah. Bunga yang rapuh ini memakan waktu lama untuk bisa mekar. Butuh waktu setahun untuk Oriental Lily agar bisa mekar dan menebarkan aroma yang sangat harum.

7. Tulip

Tanaman Hias Paling Banyak Dicari

Bunga tulip tidak dapat tumbuh di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Namun, dengan beberapa teknik tertentu para petani bunga dapat menanam bunga tulip di Indonesia. Seperti yang bisa Anda tebak, tulip juga masuk dalam daftar bunga yang mahal di Indonesia.

Keindahan tulip memang membuat siapa saja tertarik untuk memilikinya. Apalagi bunga ini juga hadir dalam berbagai pilihan warna yang menarik, seperti putih, kuning, ungu, dan merah.

Buket bunga tulip bisa dibandrol dari harga 1 – 2 juta rupiah. Jika ingin memberikan bunga ini kepada orang terkasih, Anda bisa memesannya melalui toko bunga online yang menjual hand-bouquet dari tulip.

8. Kantong Semar

Tanaman Hias Paling Banyak Dicari
sumber gambar : bibitbunga.com

Tanaman pemakan serangga yang satu ini merupakan tanaman yang harganya cukup mahal. Meskipun dapat ditemukan dengan mudah di hutan-hutan, tetapi kantong semar diperjualbelikan dengan harga mencapai ratusan ribu rupiah.

Kantong semar adalah tumbuhan pemakan serangga karena ketika ada serangga yang berada di bibir kantong atau bagian dalam kantong, maka kantongnya akan langsung tertutup sehingga serangganya tidak dapat keluar.

9. Bunga Mawar

Tanaman Hias Paling Banyak Dicari

Tanaman yang dikenal aroma khasnya ini, menjadi tanaman yang banyak dicari oleh kalangan orang. Jenis tanaman ini menjadi sangat populer dikalangan para pecinta tanaman hias maupun di kalangan remaja. Bunga yang menjadi simbol kasih sayang ini mempunyai warna yang mencolok dan jelas akan menyegarkan tampilan taman kalian.


Itulah beberapa jenis tanaman hias yang mahal dan jenis tanaman hias terpopuler saat ini di Indonesia yang sedang tren dan banyak diburu oleh para peminat tanaman hias. Sebenarnya bukan hanya yang disebutkan saja, masih banyak tren tanaman hias di tahun ini. Semua itu hanya sebagian dari tren tanaman hias terbaru pada tahun ini.

Semoga artikel tentang tanaman hias paling banyak dicari ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mendalami dekorasi rumah. Silahkan cobalah menanam, maka Rumah anda ataupun taman anda akan lebih indah dan sejuk apabila di dalamnya terdapat tanaman-tanaman tersebut. Jadi, jangan sungkan untuk memelihara tanaman yang sudah dijelaskan karena tidak akan mengecewakan.

 

Leave a Comment