Macam-Macam Peralatan Makan

Macam-Macam Peralatan Makan

Bagi Anda yang baru berumah tangga atau yang hendak membuka restoran dan usaha sejenis lainnya, mengetahui macam-macam peralatan makan merupakan hal yang penting. Hal ini berguna untuk melengkapi fasilitas dan memanjakan pembeli saat melakukan aktivitas makan dan minum.

Khususnya Anda yang akan merintis untuk membuka usaha restoran atau sejenisnya, pasti merasakan kebingungan hal apa saja yang harus disiapkan terkait peralatan tata hidang. Untuk itu, melalui artikel ini Anda dapat mengetahui alat hidang apa saja yang harus disiapkan.

Apa itu alat hidang ?

Alat hidang merupakan peralatan yang digunakan untuk makan dan minum yang masing-masing memiliki fungsinya tersendiri sesuai dengan cara penggunaanya.

Berikut macam-macam peralatan makan atau tata hidang  dan fungsinya.

A. Linen

gambar linen
sumber gambar : fabricwholesaledirect.com

Alat hidang ini jarang digunakan untuk Coffe Shop, Fast Food dan Cefetaria. Hal itu dikarenakan harganya yang cukup mahal. Alat ini biasanya digunakan oleh restoran mewah yang berfungsi untuk menata meja makan (menutup meja makan atau keperluan lainnya). Ukuran dari Linen ini bisa disesuaikan dengan ukuran meja dan kebutuhannya.

Macam-macam peralatan makan dari linen yang umum digunakan adalah:

1. Molton (under cloth)

Molton (under cloth)
sumber gambar : greenpicks.de

Linen ini merupakan kain tebal dan lunak yang dapat menyerap cairan. Alat ini dipasang di atas permukaan meja makan sebelum taplak. Jenis ini terbuat dari kain flannel atau bahan selimut.

Fungsi dari Molton adalah

  1. Menyerap cairan apabila terdapat minuman yang tumpah di atas meja sehingga tidak meluber kemana-mana
  2. Melindungi meja dari benda yang panas saat diletakan di atasnya
  3. Meredam bunyi benda saat diletakan di atas meja
  4. Memperapi permukaan meja
  5. Menahan taplak agar tidak mudah bergeser

2. Table Cloth (taplak meja)

Table Cloth (taplak meja)
sumber gambar: profile.wimiu.com

Kita semua pasti telah mengetahui alat hidang yang satu ini. Taplak meja dapat dibuat dari berbagai macam bahan, seperti katun, satin, batik dan kain lainnya. Warna dari taplak dapat kita sesuaikan dengan keinginan kita. Hal itu dapat disesuaikan dengan warna cat, karpet ruangan, atau dekorasi lainnya.

Perlu Anda ketahui, untuk keperluan state baquet, jamuan makan resmi kenegaraan harus menggunakan taplak meja berwarna putih, boleh polos maupun bercorak (warna motif juga harus putih)

Sesuaikan Bentuknya

Bentuk dan ukuran meja dari taplak harus disesuaikan dengan bentuk dan ukuran meja makan. Hal itu bertujuan agar taplak tersebut dapat terbentang di atas meja dengan rapih sehingga pas menyentuh permukaan tempat duduk.

Selain itu, taplak harus diusahakan jangan sampai menggantung terlalu lebar karena dapat mengganggu kaki pengunjung atau tamu disaat mereka sedang melakukan aktivitas makan. Simpan taplak meja secara simetris, datar dan rapi, sehingga tidak ada bagian yang terlipat atau bergelombang.

3. Slip Cloth

Slip Cloth
sumber gambar : imimg.com

Alat hidang ini merupakan taplak meja penghias. Slip Cloth yang dipasang di atas taplak meja ini sering kali disesuaikan dengan dekorasi ruangan. Sebaiknya memiliki warna atau motif, misalnya kain batik.

Alat ini memiliki fungsi agar apabila ada makanan yang jatuh atau tumpah diatas meja, kita hanya mengganti slip cloth saja, sehingga taplak tetap dalam keadaan bersih dan tidak perlu kita ganti. Fungsi lain dari slip cloth adalah untuk menutup taplak meja yang hanya kotor pada bagian tertentu saja. Ukuran dari slip cloth adalah 1 x 1 m.

4. Napkin (Serbet)

napkin atau serbet
sumber gambar : harismaparwitex.blogspot.com

Napkin biasanya terbuat dari kain katun atau damask. Namun saat ini, banyak yang membuat napkin dari bahan okspor, driil, seprei, dan bahan lainnya. Alat ini biasanya digunakan saat makan.

Untuk memperindah dekorasi, sebaiknya warna serbet sama dengan taplak meja. Bentuk dari serbet adalah bujur sangkat (segi empat sama sisi). Kain yang digunakan untuk membuat napkin ini sebaiknya memiliki serat satu arah dan bukan serong.

Ukuran standar dari napkin adalah 40 x 40 cm. Namun, ukuran napkin yang biasa dipakai di restoran internasional atau hotel adalah 50 x 50 cm, lebih besar dari ukuran standar sehingga lebih mudah untuk dikreasikan dalam berbagai macam bentuk.

Fungsi dari napkin adalah :

  • Mempercantik meja makan
  • Sebagai kain untuk mengelap mulut ketika makan
  • Menutup pangkuan waktu makan

Syarat-syarat dari napkin :

  • Terbuat dari bahan yang mampu mengisap air
  • Terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan
  • Napkin selalu dalam keadaan bersih dan licin
  • Tidak boleh di kanji

Jenis-jenis dari napkin :

  • Napkin makan
  • Cocktail napkin atau serbet jari
  • Napkin kertas

5. Dust Towel

Dust Towel
sumber gambar : imimg.com

Alat ini berfungsi untuk mengelap kotoran akibat debu atau remah-remah dari makanan di atas meja atau kursi.

6. Glass Towel

glass towel
sumber gambar : microfiberwholesale.com

Alat makan ini berfungsi untuk mengelap semua peralatan restoran yang akan digunakan ketika menata meja makan. Benda ini juga dapat digunakan untuk mengelap peralatan saat melengkapi persediaan alat di side board.

7. Arm Towel (service Cloth, waiter cloth)

waiter or service cloth
sumber gambar : alexandra.co.uk

Alat ini digunakan oleh seorang waiter sebagai seragam kerjanya. Fungsinya adalah untuk melindungi tangan dari panasnya piring atau menahan air yang menetes saat menuangkannya ke dalam gelas.

8. Tray Cloth

tray cloth
sumber gambar : bumblebeelinens.com)

Alat yang satu ini berfungsi sebagai penjaga agar baki tidak licin. Selain itu, alat ini dapat berguna untuk menyerap cairan yang tumpah di atas baki. Alat ini biasanya terbuat dari bahan flanel dengan berbagai bentuk dan ukuran yang menyesuaikan dengan baki yang digunakan.

9. Table Mat (placemat)

table mat
sumber gambar : wholesaler.alibaba.com

Alat ini merupakan taplak meja untuk satu orang. Alat yang terbuat dari bahan plastik, kain, anyaman, fornica dan lainnya ini dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti taplak meja. Biasanya table mat digunakan untuk meja yang memiliki desain yang indah. Bentuk dari table mat bermacam-macam, ada yang persegi panjang atau lonjong.

10. Sarung Kursi

sarung kursi
sumber gambar : jualsarungkursicantik.blogspot.com

Alat yang satu ini sering kita temukan dalam acara makan. Selain untuk memperindah, alat ini berfungsi sebagai pelindung sandaran kursi agar tidak mudah kotor. Ukuran dari sarung kursi menyesuaikan dengan lebar sandaran kursi yang digunakan.

11. Skirting

Skirting
sumber gambar : assets.katomcdn.com

Skirting dipasang dengan menutupi sekeliling atau setengahnya dari meja makan. Alat ini berfungsi untuk menutupi kaki meja agar tidak nampak dari depan. Skirting biasanya berupa kain batik atau satin panjang.


Baca Juga : Nama Alat Dapur dan Gambarnya


B. Ware

Alat ini merupakan segala bentuk peralatan yang digunakan sebagai alat hidang (peralatan makan dan minum). Ware dibagai kedalam 3 jenis yaitu : Chinaware, silverware, dan glassware. Berikut masing-masing penjelasan dari jenis ware.

1. Macam-Macam Peralatan Makan Chinaware

Macam-Macam Peralatan Makan
sumber gambar : tcchinaware.com

Chinaware merupakan alat makan dan minum pecah belah yang terbuat dari keramik, tembikar atau porselin. Untuk peralatan makan yang terbuat dari keramik, alat ini pada umumnya memiliki dinding yang tebal dan permukaan yang sedikit kasar. Macam-macam peralatan makan dari chinaware adalah:

a). Platter

Macam-Macam Peralatan Makan
bestproduct.com

Alat ini merupakan piring lodor. Terdapat berbagai ukuran untuk piring lodor yaitu : small, medium, dan large. Untuk desainnya, piring lodor memiliki bentuk lonjong (oval), bulat (round) dan persegi panjang (rectangular).

b). Plates

Terdapat berbagai jenis untuk plates. Berikut macam-macam dari plates:

Jenis Keterangan
Dinner Plate   Benda ini berupa piring ceper besar berdiameter 26 cm yang memiliki fungsi untuk menyajikan hidangan utama saat makan.
Soup Plate   Alat ini adalah piring cekung yang biasa digunakan untuk makan sehari-hari. Biasanya piring ini digunakan untuk keperluan prasmanan atay menyajikan sup.
Dessert Plate Alat ini merupakan piring tanggung yang digunakan untuk menyajikan hidangan pembuka atau penutup. Terkadang alat ini digunakan sebagai underliner atau alat sewaktu menyajikan hidangan. Alat ini memiliki diameter 18 cm.
B & B plate (Butter and Bread) Sesuai namanya, piring ini digunakan untuk menyajikan roti dan mentega. Piring ini disebut juga dengan side plate atau quarter plate. Hal itu dikarenakan di dalam menata meja, alat ini selalu diletakkan disamping kiri garpu (dinner fork). Alat ini memiliki diameter 15 cm.
Fish Plate Piring ini digunakan untuk menyajikan hidangan ikan
Breakfast Plate Piring ini digunakan untuk menyajikan hidangan makan pagi.
Show Plate Piring ini serupa dengan dinner plate, hanya saja ukurannya lebih besar. Alat ini digunakan untuk memajangkan makanan setelah diberikan dekorasi atau hiasan.

c). Cups

Macam-Macam Peralatan Makan
sumber gambar : wikipedia.com
Jenis Keterangan
Soup Cup Alat ini adalah mangkuk yang memiliki bentuk cangkir dengan ukuran yang lebih besar dan mempunyai pegangan di kanan kirinya untuk menyajikan sup cair. Alat ini memiliki diameter 10 cm
Tea Cup Cangkir yang memiliki diameter 7 cm ini berfungsi untuk menyajikan teh.
Coffe Cup Sesuai dengan namanya, cangkir yang miiliki diamter 6 cm ini berfungsi untuk menyajikan kopi.
Demitasse cup Sejenis dengan Coffee Cup namun diameternya lebih kecil yaitu 5 cm. Fungsinya menyajikan kopi kental (demitasse Coffee) setelah makan malam.
Breakfast Cup Cangkir ini memiliki fungsi untuk menyajikan minuman (kopi/teh) pada waktu makan pagi. Alat ini biasanya sering kita temui di restoran.
Egg Dish Alat ini sering disebut juga dengan egg stand, hal itu dikarenakan alat ini berfungsi untuk menyajikan telur rebus.

d). Saucer / tatakan

Jenis dari saucer :

  • Soup Saucer (berdiameter 14 cm)
  • Tea Saucer (berdiameter 14 cm)
  • Coffee Saucer (berdiameter 14 cm)
  • Demitasse Saucer (berdiameter 11 cm)
  • Breakfast Saucer (berdiameter 14 cm)

e). Pots

Jenis Keterangan
Tea Pot Alat ini berupa poci yang memiliki fungsi untuk menyajikan teh panas. Alat ini memiliki bentuk agak membulat.
Coffee Pot Poci yang memiliki bentuk lurus tinggi ke atas ini memiliki fungsi untuk menyajikan kopi panas.

f). Jugs

Jenis Keterangan
Milk Jug Alat ini adalah poci kecil yang digunakan untuk menyajikan susu atau krim
Water Jug Alat ini bisanya sering digunakan untuk pelayanan room service. Alat berupa poci kecil dengan tutup ini memiliki fungsi untuk menyajikan air putih.

g). Bowl

Jenis Keterangan
Soup Bowl Alat ini berupa mangkuk sup yang berfungsi untuk menyajikan sup kental
Cereal Bowl Alat ini berupa piring cekung seperti mangkuk yang memiliki fungsi untuk menyajikan sereal atau bubur.
Finger Bowl Alat ini merupakan mangkuk yang digunakan untuk mencuci tangan di atas meja.
Sugar Bowl Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk menyajikan gula pada meja makan.
Supreme Bowl Alat ini berfungsi untuk menyajikan shrimp cocktail atau ice cream di dalam kamar
Butter Bowl Alat ini merupakan tempat menyimpan mentega di atas meja makan

h). Ashtray (asbak)

2. Macam-Macam Peralatan Makan Silverware

Macam-Macam Peralatan Makan

Peralatan makan ini terbuat dari logam yang dilapisi perak atau stainless steel. Macam-macam peralatan makan dari silverware dibagi menjadi 3 yaitu hollowware, flatware dan glassware.

a). Hollowware

holloware

Beberapa peralatan hollowware yaitu :

1). Platter. Biasanya digunakan dalam restoran ala Rusia atau Perancis

2). Sauce boat atau gravy boat. Tempat untuk menyajikan saus dalam bentuk mirip perahu.

b). Flatware

Macam-Macam Peralatan Makan
sumber gambar : lenox.scene7.com

Alat hidang yang terdiri dari macam-macam garpu dan sendok. Dapat dibuat dari bahan perak, stainless steel, chrom, kuningan dan melamin. Berikut macam-macam peralatan makan yang termasuk flatware

1). Spoon

Macam-Macam Peralatan Makan
sumber gambar : amazon.com
Jenis Keterangan
Soup Spoon Sendok Soup
Dinner Spoon Sendok Makan yang cukup besar. Alat ini alternatif dari serving spoon untuk mengambil makanan.
Dessert Spoon Sendok untuk menyantap hidangan penutup
Coffee or tea Spoon Sendok kopi atau teh
Demintasse Spoon Sendok kopi atau selai
Ice Cream Spoon Sendok es krim
Long Spoon Sendok es teh atau jus
Serving Spoon Sendok makan besar untuk penyajian makanan (memindahkan makanan ke piring tamu). Alat ini biasanya berpasangan dengan serving fork

2). Fork (Garpu)

Macam-Macam Peralatan Makan

Jenis Keterangan
Dinner Fork Garpu ini digunakan untuk menyantap hidangan utama
Oyster Fork Garpu ini digunakan untuk menyantap hidangan seafood
Fish Fork Garpu ini digunakan untuk menyantap hidangan ikan.
Cake Fork Garpu ini digunakan untuk menyantap hidangan cake
Snail Fork Garpu ini digunakan untuk menyantap hidangan kerang
Fruit Fork Garpu ini digunakan untuk menyantap hidangan buah
Serving Fork Garpu ini memiliki ukuran cukup besar. Digunakan untuk menyajikan makanan
Steak Fork Garpu ini untuk menyantap hidangan steak

3). Cutlery

Macam-Macam Peralatan Makan
sumber gambar : dekoruma.com


Cuterly terdiri dari berbagai macam knife / pisau dan alat pemotong makanan lainnya. Cuterly dapat terbuat dari bahan perak, stanless steel, chrom, kuningan dan melamin.

Bahan yang terbaik untuk peralatan hidang adalah terbuat dari stainless steel. Hal ini dikarenakan tahan karat, kuat dan mudah dibersihkan.

Jenis Keterangan
Dinner knife Pisau ini digunakan untuk menyantap hidangan utama
Dessert knife               Pisau ini digunakan untuk menyantap hidangan pembuka atau penutup
Steak knife Pisau ini digunakan untuk menyantap hidangan steak
Fish knife Pisau ini digunakan untuk menyantap hidangan ikan
Butter knife Pisau ini dikenal dengan nama Butter Spreader. Alat ini digunakan untuk mengoles mentega
Cheese knife Pisau ini digunakan untuk memotong atau menyantap keju
Cake knife                   Pisau ini digunakan untuk memotong kue
Fruit knife                   Pisau ini digunakan untuk memotong buah

c. Glassware

Macam-Macam Peralatan Makan

Terdapat beberapa pertimbangan dalam menentukan jenis gelas yang akan digunakan. Beberapa faktor yang menjadi pertimbangannya adalah kelas dari hotel / restaurant, harga dari makanan dan minuman yang dijual, dan jenis acara yang diselenggarakan.

Pada umumnya, gelas yang digunakan adalah yang bening (tidak memiliki warna). Gelas tersebut tidak mempengaruhi warna minuman apabila sedang digunakan.

Gelas dibedakan ke dalam 2 jenis, yaitu : Gelas yang bertangkai dan Gelas yang tidak bertangkai.

1). Gelas yang bertangkai (stemmuglass)

gelas bertangkai

Jenis Keterangan
Water goblet                    Gelas ini digunakan untuk menyajikan air es
Red wine glass                   Gelas ini digunakan untuk menyajikan anggur merah
White wine glass                 Gelas ini digunakan untuk menyajikan anggur putih
Saucer Champagne glass     Gelas ini digunakan untuk menyajikan sampanye atau es krim
Tulip champagne glass      Gelas ini digunakan untuk menyajikan sampanye
Cocktail glass                    Gelas ini digunakan untuk menyajikan koktil
Milk shakes glass              Gelas ini digunakan untuk menyajikan milk shake
Sour glass                          
Cardinal glass  

2). Gelas yang tidak bertangkai (unstemmuglass)

gelas tanpa tangkai
sumber gambar : ia.aliexpress.com
Jenis Keterangan
Beer mug Gelas ini digunakan untuk menyajikan bir
Juice glass Gelas ini digunakan untuk menyajikan jus
High ball glass Gelas ini digunakan untuk menyajikan soft drink
Punch glass Gelas ini digunakan untuk menyajikan punch
Ice tea glass                       Gelas ini digunakan untuk menyajikan es teh
Shot glass                          Gelas ini digunakan untuk mengukur minuman yang akan disajikan
Collin glass                        Gelas ini digunakan untuk mixed drink

Itulah macam-macam peralatan makan yang kami sarankan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Macam-macam peralatan makan manakah yang belum Anda miliki?

Leave a Comment