Produk Pembersih Tradisional Jaman Dulu | Gak Nyangka Yaah

Produk Pembersih Tradisional Jaman Dulu | Gak Nyangka Yaah

Produk pembersih tradisional jaman dulu memang pernah hadir menemani kebutuhan kita sehari-hari. Sebelum berbagai bahan pembersih kimia hadir, zaman dulu orang menggunakan bahan tradisional yang ada untuk keperluan bersih-bersih.

Berikut beberapa bahan tradisional yang sering digunakan waktu dulu :

1. Buah Lerak

Produk Pembersih Tradisional Jaman Dulu
sumber gambar : sarilerak.wordpress.com –

Buah ini sering digunakan oleh ibu-ibu zaman dulu. Sekitar tahun 90 an, ibu-ibu menggunakan buah lerak yang telah di potong menjadi beberapa bagian.

Cara menggunakan buah lerak ini adalah :

  • Potong daging buah lerak menjadi beberapa bagian
  • Simpan pada wadah
  • Tambahkan air panas pada wadah tersebut
  • Remas daging buah lerak tersebut agar cairan mirip sabun tercampur dengan air

2. Batu Apung

Produk Pembersih Tradisional Jaman Dulu
sumber gambar : shopee

“Ngaluru”, pernahkan Anda mendengar kata tersebut? Ya, mungkin untuk sebagian orang “sunda”, sudah sering mendengar kata tersebut. Kegiatan tersebut berupa membersikan kotoran yang menempel pada tubuh atau kulit kita. Alat yang digunakan untuk “ngaluru” tersebut adalah sebuah batu apung.

Sebelum sabun mandi populer, orang-orang jaman dulu menggunakan batu apung yang mempunyai bidang rata dan halus. Batu tersebut kemudian di gosokkan kepada bagian tubuh agar kotorannnya dapat terangkat dengan mudah.


Baca Juga : Minuman Kesehatan Tradisional Ini Banyak Manfaatnya, Sudah Tahu ?


3. Parutan Kelapa (Ampas)

Produk Pembersih Tradisional Jaman Dulu
sumber gambar : ukmtepungampaskelapa.blogspot.com

Sekarang ini, parutan kelapa atau ampas dari santan ini memang sering dibuang jika sudah diambil santannya. Padahal pada zaman dahulu, orang-orang sebelum kita menggunakannya untuk mengepel lantai.

Setelah santannya diambil, ampas dari kelapa tersebut dapat kita taburkan pada lantai yang kotor. Gosokan ampas tersebut hingga merata pada lantai. Setelah terlihat bersih, ambil kembali ampasnya, maka lantai rumah Anda akan terlihat bersih.

4. Abu Gosok

abu-gosok
sumber gambar : resepkoki.id

Bagi yang sering membersihkan alat masak atau mencuci piring tentu sudah tahu pa kegunaan dari Abu Gosok ini.  Abu gosok sering digunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran bandel yang menempel pada peralatan makan, minum atau alat masak.

Abu Gosok ini bisa kita dapatkan dari ampas pembakaran kayu biasanya. Meskipun sekarang ini sudah jarang yang menggunakan tungku atau istilah sundanya “hawu”, namun abu gosok biasanya masih bisa Anda dapatkan dengan membelinya di warung-warung kecil di pedesaan.

5. Shampo Merang

merang padi
sumber gambar : bukalapak.com

Tidak seperti sekarang yang bila sampoan itu sangat penuh busa dengan menggunakan merk ternama, orang zaman dulu justru sangatlah sederhana. Sampo yang mereka gunakan terbuat dari padi.

“Loh kok bisa ? Bagaimana caranya ?”

Orang dulu mengambil merang padi yang sudah mengering, kemudian membakarnya. Setelah berubah menjadi abu, campurkan dengan air bersih. Diamkan dan rendam abu tersebut dalam air selama semalam dan sampo merang padi pun siap digunakan.

Pertanyaannya, apa sih merang padi itu? Kalau penulis tanyakan ke keluarga yang dulu pernah menggunakannya, merang padi itu tempat keluarnya butiran padi (tangkai atau apa yah disebutnya?), yang pasti bukan bagian batang padinya.

Manfaat dari sampo merang padi ini adalah membuat rambut hitam. Selain itu, rambut Anda dapat menjadi lebih kuat dan tidak cepat beruban.

Sampo dengan merang padi ini bahkan telah menjadi tradisi betawi looh, baca selengkapnya di wikipedia

6. Batu Bata Merah

batu bata merah
sumber gambar : rayaruns.wordpress.com

Pernahkah Anda menggunakan bata merah untuk gosok gigi? (seharusnya Anda sudah menikah wkwkwkw *ops). Orang zaman dulu menggunakan batu bata merah yang dihaluskan untuk menggosok gigi looh.

Caranya, tumbuk sampai halus batu bata merah yang masih bersih.  Jangan sampai yang ada lumutnya. Batu Bata Merah yang baru produksi lebih bagus. Setelah halus, gosokan serbuk tersebut pada gigi secara perlahan menggunakan jari.


Itulah produk pembersih tradisional jaman dulu. Unik sekali bukan? Punya saran pembersih tradisional lainnya? Silahkan diskusikan di kolom komentar yaa. Terima kasih telah membaca artikel kami. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment