Cara Melipat Jilbab Segi Empat dan Menyimpannya | Ampuh Atasi Kusut !

Cara Melipat Jilbab Segi Empat dan Menyimpannya | Ampuh Atasi Kusut !

Cara Melipat Jilbab Segi Empat – Seorang hijaber pasti banyak mengoleksi berbagai macam hijab dengan berbagai macam warna untuk disesuaikan dengan baju yang dikenakannya. Hal ini memang bukan sekedar mengikuti tren fashion hijab saja, tapi hijab sudah menjadi kebutuhan seorang wanita muslim bukan? Iya, seorang muslim memang diwajibkan untuk menutup auratnya dari ujung kepala hingga ujung kaki kecuali muka dan telapak tangan.

Pertanyaannya, apakah jilbab yang kalian pakai sudah sesuai syari’ahnya belum? Berkaitan dengan pengertiannya, menurut bahasa arab jilbab artinya penghalang atau penutup. Pengertian ini merujuk pada fungsi jilbab itu sendiri, namun perlu kalian ketahui jilbab yang dikatakan telah sesuai dengan syariahnya adalah jilbab yang menutupi aurat apalagi daerah dada.

Jadi, sebagai muslim yang cerdas kita harus tepat dalam memilih dan menggunakan hijab itu sendiri. Namun, tahukah kamu ternyata jilbab yang beredar di pasaran itu selalu mengikuti perkembangan zamannya, lalu apa saja jenis dan model hijab saat ini ? Yuk kita simak sama-sama model-model hijab yang sedang trend saat ini.


Apa Saja Model – Model Hijab ?

macam-macam jilbab

Berikut macam-macam model hijab yang sering digunakan :

1. Jilbab Instan

jilbab instan
sumber gambar : tokopedia.com

Perlu kalian ketahui, pemberian nama jilbab instan ini ternyata menyesuaikan aktivitas penggunanya lhoo. Hijab instan terbilang simple atau praktis cocok digunakan untuk kalian yang tidak punya banyak waktu untuk dandan ketika akan berpergian.

2. Jilbab Pashmina

Jilbab Pashmina
sumber gambar : bukalapak.com

Jilbab pashmina memiliki ukuran persegi panjang, sehingga jilbab jenis pashima mudah dikreasikan dan cocok digunakan pada saat berpergian.

3. Jilbab Segi Empat

jilbab segi empat
sumber gambar : tokopedia.com

Sesuai dengan namanya, jilbab ini memiliki bentuk persegi empat. Bahan yang biasa digunakan untuk jilbab segi empat adalah bahan paris. Bahan ini sifatnya mudah diatur sehingga memudahkan anda untuk mengkreasikan jilbab ini sesuai dengan gaya anda sendiri.

4. Scarf

jilbab scarf
sumbe gambar : bukalapak.com

Jilbab jenis scarf ini cocok digunakan untuk anda yang ingin selalu tampil modis dan casual.

5. Jilbab Bergo

hijab bergo
sumber gambar : hijab.dream.co.id

Sama halnya dengan jilbab instan, jilbab bergo cocok digunakan dalam keadaan yang mendesak atau terburu-buru

6. Jilbab Rajut

jilbab rajut ungu
sumber gambar : rustyjilbab.blogspot.com

Untuk anda para hijaber yang ingin tampil beda coba deh jilbab rajut ini. Jilbab ini cocok digunakan pada musim dingin karena sifat bahannya yang tebal dapat membantu menghangatkan tubuh anda.

7. Jilbab Jumbo

jilbab jumbo
sumber gambar : tokopedia.com

Sesuai dengan namanya jilbab ini memiliki ukuran yang sangat besar (jumbo). Biasanya menjadi barang yang wajib dimiliki bagi anda yang berpenampilan syar’i.


Baca Juga : Daftar Merk Spring Bed Terbaik dan Harganya


Cara Menyimpan Jilbab Yang Benar

cara menyimpan hijab
sumber gambar : prelo.co.id

Nah, dari banyak jenis jilbab yang sudah kita bahas tadi pasti hijaber banyak mengoleksinya bukan? Dengan koleksi hijaber yang banyak kita harus bisa menatanya dengan baik. Karena tidak sedikit para hijaber mengeluhkan soal penataan jilbab ini.

Mungkin salah satu dari anda sering merasa jengkel ketika jilbab yang sudah disetrika dengan rapih malah meninggalkan garis-garis bekas lipatan setelah disimpan. Apalagi jika kalian sering berpergian atau traveling pasti sering mengeluh jilbab yang anda simpan dikoper malah menjadi kusut.

Sebenarnya apasih penyebabnya? Hal ini biasanya disebabkan teknik melipat dan menyimpan jilbab yang salah. Perlu kalian ketahui, setiap jenis jilbab mempunyai cara dan teknik tersendiri dalam melipatnya.

Khusus untuk para hijaber nihhh jangan khwatir karna kami akan membagikan cara menyimpan jilbab yang benar. Yuk kita simak sama-sama.

1. Gantung Menggunakan Hanger

gunakan hanger
sumber gambar : tokopedia.com

Jika anda memiliki banyak space di lemari, anda bisa gunakan tempat itu untuk menyimpan jilbab. Ingat menyimpan jilbab dilemari jangan ditumpuk dengan pakaian lain, anda bisa menggunakan hanger untuk menggantungnya.

Hanger yang sering digunakan untuk menggantung baju juga bisa dipakai untuk menggantung jilbab segi empat ataupun pashmina yang mudah kusut. Caranya lipat jilbab menjadi 2 bagian kemudian gantung satu hijab dalam satu hanger. Cara menyimpan jilbab dilemari ini dapat membantu anda menata jilbab agar tetap rapi dan tidak kusut setelah di setrika.

Nah, jika ingin lebih maksimal anda juga bisa menggunakan hanger khusus jilbab. Sehingga dengan hanger ini anda bisa memisahkan jenis hijab dan warna-warna hijab sesuai dengan keinginan. Klik disini untuk melihatnya di bukalapak

Macam-Macam Hanger

Adapun macam-macam hanger yang bisa anda gunakan untuk menyimpan jilbab jenis segi empat.

a. Hanger Bulat

gantungan bulat
sumber gambar : shopee.co.id

Selain berguna untuk menyimpan jilbab, hanger bulat berguna juga untuk menyimpan ikat pinggang. Hanger yang mempunyai beberapa bulatan ini sangat berguna untuk menyimpan jilbab segi empat supaya tidak kusut. Dari setiap bulatannya, kalian bisa menyimpan beberapa kerudung. Selain barang dan ukurannya yang praktis, hanger bulat juga tidak susah untuk meletakannya. Kalian cukup menempelkannya dengan paku pada tembok kamar atau balik pintu.

b. Belt Hanger

belt hanger
sumber gambar : tokopedia.com

Belt hanger atau gantungan sabuk bisa diperuntukan menyimpan jilbab segi empat. Bentuk dari belt hanger yang lurus dan agak sedikit lebar memungkinkan untuk membuat jilbab yang kita simpan pada benda ini tidak mudah kusut.

c. Towel Hanger

Towel Hanger
sumber gambar : http://wap.mi.baca.co.id

Towel hanger atau gantungan handuk merupakan salah satu cara yang bisa kalian gunakan untuk menyimpan jilbab segi empat kalian agar tidak mudah kusut. Barang yang satu ini sangat praktis dan tidak bikin ribet. Kalian bisa menempatkannya dimana saja, bisa di lemari, belakang pintu maupun ditempel ditembok.

d. Shower Curtain Rings

Shower Curtain Rings
sumber gambar : themuslimgirl.com

Nah cara yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan shower certain ring. Dengan alat ini kalian bisa lebih banyak menyimpan kerudung dalam satu gantungan. Lebih praktis dan hemat tempat tentunya, yang lebih pentingnya lagi tidak bikin ribet ketika ingin memakai dikarenakan kusut. Dengan menggunakan peralatan yang tadi akan meminimalisir jilbab yang kalian simpan kusut saat mau di pakai.

2. Menggulung dalam box khusus

menyimpan hijab pada box
sumber gambar : dream.co.id

Jika kalian sering menyimpan jilbab segi empat dalam rak dan sering kesal karena pada saat menarik satu jilbab jilbab yang lainnya malah ikut bergeser. Coba deh gunakan mini box sebagai penghalangnya, cara kreatif ini terbilang simple anda tinggal letakkan mini box bisa dari kertas ataupun bahan plastic kemudian letakkan satu gulungan jilbab dalam satu box mini tersebut.

Nah, anda juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas seperti kardus untuk dijadikan sebuah box besar untuk menyimpan kerudung segi empatmu.

Tapi, biasanya dengan cara digulung jilbab malah jadi kusut kan? Lalu bagaimana cara menggulung jilbab agar tidak kusut?

Cara Menggulung Jilbab Agar Tidak Kusut

Caranya gulung-gulung hijab tapi jangan sampai terlalu padat karena hanya akan meninggalkan garis-garis pada kerudung anda, kemudian simpan dalam box usahakan bagian atas kerudung disimpan dibagian atas supaya memudahkan anda pada saat pengambilan.

Cara atau teknik lain yang digunakan untuk menggulung hijab yaitu dengan memanfaatkan benda berbentuk roll seperti bekas rollan kain yang terbuat dari kertas.

Cara Menggulung Jilbab Agar Tidak Kusut
sumber gambar : www.nathaliadp.com

Caranya, lipat jilbab menjadi dua bagian kemudian letakan alat roll di atasnya.

Gulung jilbab mulai dari satu sudut ke sudut yang lain menggunakan alat tersebut.

3. Simpan Jilbab Dalam Koper

Menyimpan jilbab dalam koper memang terbilang sangat sulit, tidak sedikit jilbab yang sudah rapi tiba-tiba kusut lagi setelah disimpan dalam koper. Nah, ini banyak dirasakan para hijaber yang sering berpergian atau traveling.

Sebenarnya bagaimana cara melipat jilbab dikoper? Jika jilbab yang akan dibawa itu jilbab instan anda tinggal melipat dan membentuknya seperti pada gambar berikut ini.

cara melipat jilbab dikoper
Sumber gambar : klinikmode.com

Namun untuk penyimpanan sehari-hari di rumah anda bisa perhatikan cara melipat jilbab instan berikut ini.

  1. Sebelum melipat, usahakan jilbab di setrika terlebih dahulu. Jika kalian melipat jilbab tersebut, letakan koran di bagian atas. Hal ini bertujuan agar lekukan atau garis kusut pada jilbab dapat hilang dengan sempurna.
  2. Setelah dilipat, bisa menggunakan hanger atau gantungan khusus jilbab. Penggunaan hanger berfunggi agar lipatan tidak kusut.
  3. Jilbab instan pashmina dapat dilipat dengan bentuk gulungan. Nanmun, tennya dapat digulung dengan rapi supaya tidak ada garis kusut. Penyimpanan model gulungan tergolong sangat efisien, karena dalam peletakannya tidak membutuhkan ruang yang banyak.
  4. Tips melipat jlbab yang lainnya adalah dengan cara dilipat kemudian digantung, karena dengan cara digantung akan menghindari kusutan.
  5. Melipat jilbab instan dengan cara dilipat antar ujung dengan rapi akan membuat penyimpanan jilbab instan tidak kusut, dengan melipat antar ujung yang satu dengan yang lain secara rapi maka akan memberikan kesan mudah dalam penyimpanan. Cara ini bisa anda gunakan juga sebagai cara melipat jilbab rabbani.

Cara Melipat Jilbab Sepi Empat Untuk Traveling

Jika yang akan dibawa traveling itu adalah kerudung segi empat bagaimana cara melipatnya? Cara melipat kerudung sepi empat untuk traveling memang tidak terlalu sulit.

Pertama yang harus diperhatikan jika kerudung segi empat mu berbahan katun usahakan tidak membuat lipatan ditengah, karena biasanya style basic yang digunakan hijaber saat mengenakan kerudung segi empat yaitu membentuk kerudung menjadi segi tiga seperti gambar berikut ini.

kerudung menjadi segi tiga
sumber gambar : bukalapak.com

Kedua, jika anda tidak mau kerudung anda kusut gunakan organizer bag khusus untuk menyimpan kerudung yang anda bawa saat berpergian.

Nah, selain dilipat alternatif lain agar kerudung yang disimpan dikoper tidak kusut yaitu dengan cara digulung seperti pada gambar berikut ini.

cara digulung
sumber gambar : nathaliadp.com

Jika informasi tadi dirasa kurang anda bisa cek dan tonton langsung video cara melipat jilbab saat bepergian berikut ini :


Itulah cara melipat jilbab segi empat yang dapat kami bagikan. Mudah-mudahan dapat membantu Anda dalam melipat kerudung segi empat. Punya cara lainnya? Yuk kita berdiskusi di kolom komentar. Terima kasih

Leave a Comment