Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli –  Siapa yang tidak tahu hotel ? Zaman sekarang ini hotel memang sudah bukan hal yang asing lagi. Khususnya Anda yang sering melakukan bepergian keluar kota, baik untuk wisata maupun perjalanan dinas, tentu Anda biasanya menginap di hotel bukan?

Hotel memang telah menjadi bisnis yang menjanjikan. Hal inilah yang membuatnya hadir bertebaran di berbagai kota kecil maupun besar. Prospek yang menjanjikan, membuat pemerintah bahkan melakukan edukasi melalui pembukaan jurusan perhotelan untuk pendidikan SMK atau bahkan perguruan tinggi.

Jadi, Apa itu Hotel ?

apa itu hotel

Dikutip dari Wikipedia, Hotel berasal dari kata hostel. Konon kata tersebut di ambil dari bahasa Prancis kuno. Bangunan yang sudah dikenal pada abad ke 17 ini memiliki makna “tempat penampungan buat pendatang”. Hotel juga dapat diartikan sebagai bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum.

Pada mulanya, Hotel diciptakan dengan tujuan untuk meladeni masyarakat. Hal ini membuat kita tidak heran bahwa pada zaman dulu di Negara Inggris dan Amerika, pegawai hotel merupakan seorang pegawai negeri atau abdi masyarakat.

Layanan untuk masyarakat ini perlahan kemudian berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Semakin banyaknya pengguna hotel dan perkembangan pada segi pelayanan, membuat jasa ini mennggalkan misi sosialnya. Para pengguna atau tamu mulai di kenakan biaya untuk mendapatkan jasa ini. Kamar-kamar pun kian di renov atau di tata agar tamu dapat merasakan nyaman dan betah.

Baca Juga : Manfaat Rendah Hati | Lengkap! Pengertian, Dalil, Cara dan Contohnya

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Untuk memahami lebih jauh, berikut beberapa pengertian hotel menurut para ahli :

1. Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987

Menurut peraturan Keputusan Menteri tersebut, Hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil.

2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.65 tahun 2001 tanggal 31 september 2001 Pasal 1

Berdasarkan Peraturan Pemerintah tersebut,  dapat di artikan bahwa Hotel adalah bangunan yang khusus disediakan bagi orang untuk dapat menginap atau istirahat, memperoleh pelayanan dan atau fasilitas lainnya dengan di pungut bayaran, termasuk bangunan lainnya yang menyatu dikelola dan dimiliki oleh pihak yang sama kecuali untuk pertokoan dan perkantoran”

3. Wiyasha (2010:5)

Menurut belliau, “hotel merupakan usaha yang mencari laba sebagai hasil akhir aktivitas bisnisnya.

4. Yayul Sri Perwani (1999 :2)

Dalam bukunya yaitu Housekeeping: Yayul Mengatakan bahwa “Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara kormersial, yang disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta makan dan minuman.

5. Richard Sihite (1997 :2)

Dalam bukunya yaitu Hotel Management (Pengelolahan Hotel), Richard mengungkapkan bahwa “Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara kormesial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta makanan dan minuman”

6. Lawson (1976)

Menurut Beliau, Hotel adalah sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.

7. Hotel Oroprietors et all dalam Sulastiyono (2001- 5)

Hotel Ororprietors et all memberikan pernyataan bahwa Hotel merupakan suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.

8. Sulastiyono (2001 : 6)

Menurut Sulastiyono, Hotel merupakan sebuah usaha komersial yang menyediakan tempat menginap, makanan dan pelayanan-pelayanan umum lainnya.

9. American Hotel and Association

American Hotel and Association memberikan pernyataan bahwa Hotel adalah suatu tempat yang sengaja disediakan untuk tujuan pengianapan, makan dan mibum, serta pelayanan lainnya yang ada berupa fasilitas hotel lainnya.

Kesimpulan Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

kesimpulan

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa hotel merupakan sebuah bangunan atau tempat yang digunakan untuk melayani masyarakat dalam hal penginapan, penyediaan makanan dan minuman serta jasa sejenis lainnya yang mendukung.

Dari beberapa pengertian di atas juga dapat kita ketahui bahwa hotel didirikan untuk dijadikan sebuah usaha komersial. Dari pelayanan secara komersil itulah perusahaan atau pemilik hotel mendapatkan pendapatan.

Hal ini sejalan dengan Wiyasha (2010:19) yang mengutarakan bahwa  “pendapatan hotel bersumber dari penjualan kamar, makanan, minuman dan pendapatan lain ( biasa disebut minor operated department sales seperti telepon, laundry, dry cleaning, kolam renang dan sebagainya ).


Itulah pengertian hotel menurut para ahli. Semoga adanya artikel ini dapat memberikan pengetahuan dan manfaat bagi Anda sebagai pembacanya.

Tahu pengertian hotel menurut para ahli lainnya? Yuk kita berdiskusi. Silahkan cantumkan di kolom komentar yaaa. Terima kasih

Leave a Comment