Jenis Rumput Hias

Jenis Rumput Hias

Jenis rumput hias memang berbagai macam. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mengisi lahan kosong di depan rumah Anda. Misalnya, Anda dapat membuat taman mini di teras atau pelataran rumah Anda.

Rumput hias dapat Anda pilih sebagai dekorasi halaman depan rumah Anda karena tanaman ini tergolong tumbuhan yang sangat cantik dan pas untuk membuat pelataran terlihat hijau.

Rumput hias tergolong tumbuhan yang sering digunakan untuk perumahan. Hal ini dikarenakan cara menumbuhkan dan merawat tanaman ini tergolong tidak susah. Anda hanya perlu memotongnya dan memberikan pupuk secara berkala. Sederhana sekali bukan?

Nah, bagi Anda yang sedang mencari aneka jenis rumput hias. Batas ketik akan sharing sedikit mengenai macam jenis rumput hias.

Jenis Rumput Hiasan Taman

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menghias pelataran rumah, berikut 8 jenis rumput hias yang dapat Anda gunakan :

1. Rumput Gajah Besar

rumput-gajah-besar
sumber gambar : rumah.com

Rumput gajah mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Yap, rumput gajah memang memiliki banyak varian. Sesuai dengan namanya, jenis rumput hias taman ini memang agak lebih besar dibanding teman sejenisnya rumput gajah. Karena ukurannya yang besar, jenis rumput ini dapat kita temukan di lahan lapangan bola atau halaman rumah yang berukuran besar.

Karena ukurannya yang besar, jenis rumput gajah besar juga memiliki daya tahan yang baik terhadap pijakan kaki manusia. Selain itu, jenis rumput ini tidak perlu sering disiram.

2. Rumput Gajah Mini

rumput-gajah-mini
sumber gambar : rumputpro.com

Jenis rumput hias untuk halaman rumah selanjutnya adalah rumput gajah mini. Jika sebelumnya Anda mengenal yang besar, salah satu jenis varian dari rumput gajah lainnya adalah yang berukuran mini. Ukuran dari rumput gajah mini relative kecil. Hal ini membuat banyak para desain interior yang menggunakan rumput gajah mini sebagai penghias rumah.

Rumput gajah mini sangat pas untuk berbagai desain taman rumah, terutama di halaman rumah minimalis yang memang memiliki luas lahan kecil.

Perlu Anda ketahui, jenis rumput gajah mini memiliki karakter yang cukup unik. Pola tumbuhnya dari tanaman ini menyamping, sehingga tekstur daun tidak tinggi dan cenderung condong merayap ke samping. Hal ini membuat Anda tidak perlu memangkas rumput secara rutin.

Rumput gajah mini juga kerap banyak di pilih oleh masyarakat dikarenakan perawatannya yang tidak cukup banyak dan tahap cuaca sehingga hemat biaya.

3. Rumput Gajah Mini Varigata

rumput gajah putih
sumber gambar : alamindah-asri.com

Tanaman ini sering disebut juga dengan rumput gajah mini putih. Jenis ini memiliki ukuran yang sama dengan rumput gajah mini biasa. Perbedaanya, pada rumput gajah mini varigata, terdapat garis-garis putih pada daunnya.

Rumput gajah mini varigata memiliki karakteristik yang sama dengan rumput gajah yang lain. Hanya saja, dilihat dari harganya memang rumput ini memiliki harga yang relatif lebih mahal dari rumput gajah lainnya karena bentuknya yang sangat unik.


Baca Juga : Produk Pembersih Tradisional Jaman Dulu | Gak Nyangka Yaah


4. Jenis Rumput Hias Manila

rumput manila

Pernah berkunjung ke stadion? Yup, jenis rumput hias ini sering di pakai sebagai rumput lapangan sepak bola. Hal ini dikarenakan rumput manila memiliki kualitas yang tinggi dengan warna hijau yang pekat dan elastisitas yang baik. Selain itu, rumput manila cocok untuk digunakan untuk di lapangan sepak bola karena jenis ini memiliki kekuatan yang sangat tinggi dan tahan pijakan kaki.

Sebagai informasi juga, rumput manila juga dapat tumbuh di tanah berpasir. Hal ini dapat digunakan untuk mengendalikan erosi. Dengan adanya berbagai macam kelebihan yang di tawarkan, rumput ini memang membutuhkan budget yang tinggi. Selain itu, jenis rumput manila membutuhkan perawatan rutin.

5. Rumput Jepang

rumput jepang
sumber gambar : usaharumahan.id

Mendengar dari namanya, pasti Anda berpikiran bahwa rumput ini berasal dari Jepang. Hal ini kurang tepat looh. Nama rumput ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan Negara Jepang.

Mengenai teksturnya, rumput jepang memiliki tekstur dan rupa yang hampir sama dengan jenis rumput manila. Bentuk rumput jepang agak meruncing dan tipis. Hal ini membuat rumput Jepang dapat terlihat rata, rapat dan halus.

Rumput ini biasanya di gunakan untuk halaman rumah. Namun, rumput Jepang akan terasa kurang nyaman saat di duduki. Hal ini karena Anda akan merasa sedikit sakit seperti tertusuk.

Mengenai perawatannya, jenis rumput Jepang membutuhkan perawatan rutin. Rumput Jepang harus dipangkas minimal sebulan sekali. Pemupukan dari rumput ini juga harus telaten yaitu kurang lebih 2 kali dalam sebulan. Rumput ini juga harus disiram di kala musim panas.

6. Rumput Peking

Jenis-Rumput-Peking
sumber gambar : pinterest

Jenis rumput ini hampir mirip dengan rumput Jepang. Rumput Peking terlihat lebih kurus, runcing dan rapi. Rumput peking biasanya di tanam di area yang tidak terinjak oleh pijakan kaki manusia. Pada umumnya, rumput peking tumbuh lebih jarang dibandingkan dengan rumput Jepang.

Sebagai informasi, rumput peking sebaiknya dirawat secara rutin. Hal ini dikarenakan rumput ini dapat tumbuh dengan lebat jika tidak di rawat. Ketika sudah lebat, bagian bawah rumput ini dapat menguning karena tidak terkena sinar matahari.

7. Jenis Rumput Hias Golf

jenis rumput hias golf
sumber gambar : sakuragroup.abatasa.co.id

Rumput golf, ya sesuai dengan namanya tanaman ini sering digunakan di lapangan golf. Hal ini dikarenakan rumput golf memiliki tekstur yang bergelombang dan lembut. Selain itu, rumput golf tumbuh secara vertikal sehingga tidak sulit ketika melakukan perawatan (memangkas rumput).

Rumput golf kini sedang marak untuk di budidaya. Bahkan, sekarang ini Anda dapat menggunakan rumput golf sebagai tanaman hias di perkarangan rumah yang terkenal indah dan adem ini. Namun, agar rumput golf tumbuh sehat, Anda harus senantiasa hati-hati untuk merawatnya.

8. Rumput Swiss

rumput swiss
sumber gambar : bukalapak.com

Jenis rumput ini terkenal sebagai rumput yang paling halus. Rumput swiss dapat terlihat mempersona dan rapi. Oleh karena itu, tidak heran apabila harga dari rumput berupa indah ini tergolong cukup mahal.

Namun, rumput swiss ini membutuhkan perawatan yang baik. Kita harus telaten dalam menjaga kelembapan rumput. Selain itu, kita harus rutin memotong dan memberikan pupuk jenis urea untuk mencegah tumbuhnya rumput liar yang mengancam bagi rumput swiss.


Itulah pembahasan mengenai jenis rumput hias yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan jenis rumput hias manakah yang cocok dan sesuai dengan Anda. Terima kasih telah berkunjung.

Leave a Comment