Tanaman Cantik Penghias Teras | Coba Deh, Hasilnya Waw Banget !

Tanaman Cantik Penghias Teras | Coba Deh, Hasilnya Waw Banget !

Tanaman cantik penghias teras memang kita butuhkan untuk mempercantik rumah kita. Hal ini dikarenakan teras adalah bagian rumah yang dapat langsung terlihat oleh tamu-tamu kita yang berkunjung.

Untuk memberikan kesan yang enak di pandang ketika para tamu melihatnya, kita tentu harus mendesain dengan baik dan memastikannya agar teras kita terlihat cantik dan bersih. Kita harus pintar menentukan jenis pohon atau tanaman apa sajakah yang pas untuk di tanam di teras rumah kita.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari tips untuk mempercantik teras rumah, batasketik kali ini akan membagikan informasi terkait hal tersebut. Yuk kita simak.


Tanaman Cantik Penghias Teras

tanaman cantik penghias teras rumah

Berikut 15 tanaman cantik penghias teras yang kami rekomendasikan :

1. Anggrek

anggrek

Siapa yang tidak mengenal bunga anggrek? tanaman dengan bunga yang cantik ini memang banyak menarik hati orang yang memandangnya. Maka dari itu, tanaman anggrek, sangat cocok untuk teras rumah.

Selain cantik, tanaman yang satu ini tidak memakan tempat yang besar. Hal ini dikarenakan anggrek dapat ditanam di dalam pot kecil maupun pot gantung. Bahkan, Anda bisa menanam anggrek di dalam cangkir yang berukuran agak besar.

Perawatan tanaman anggrek terbilang cukup mudah. Selain itu, ada banyak jenis anggrek yang tersedia di Indonesia. Hal ini dapat membuat Anda dapat memilih jenis dan warna anggrek manakah yang sesuai dan cocok untuk teras rumah Anda.

2. Seruni

seruni

Bagi orang-orang keturunan Tionghoa, seruni dipercaya sebagai lambang kesuksesan dan kekayaan. Tanaman ini cocok untuk di tanam di teras rumah karena seruni mampu membuat siapapun berdecak kagum melihatnya.

Seruni memiliki tampilan yang sederhana dengan warna-warna cerah. Hal ini membuat teras rumah Anda dapat terlihat lebih ceria. Keuntungan lainnya, seruni merupakan tanaman yang fleksibel. Seruni dapat tumbuh subuh di tanah maupun di dalam pot.

Untuk menghias teras rumah, Anda dapat menanam seruni dalam pot yang ukurannya tidak terlalu besar. Letakan beberapa agar warna-warni bunga seruni memberikan aura positif pada teras rumah Anda.

3. Suji

suji
sumber gambar: bukalapak.com

Pernah mendengar pohon suji? Atau kalau memang asing, pernah dengar nama “bambu rezeki”? Pasti pernah mendengarnya bukan? Ya, pohon suji memang memiliki nama lain yaitu bambu rezeki. Hal ini dikarenakan konon katanya, tanaman ini dapat membawa keberuntungan bagi pemilik rumah.

Penjual pohon suji pada umumnya memangkas bentuknya agar menyerupai miniatur bambu. Daun-daun yang panjang dan meruncing seperti daun bambu, serta modelnya yang sederhana dan minimalis membuat tanaman ini cocok sebagai penghias teras rumah Anda.

4. Geranium

geranium

Bagi Anda yang memang berada di dataran tinggi, tanaman yang satu ini sangat cocok sebagai penghias teras rumah Anda. Hal ini dikarenakan tumbuhan ini memerlukan temperature 15-21 derajat celcius pada siang hari.

Geranium memang dapat menarik hati dari orang yang melihatnya. Warna-warni bunga geranium dapat memberikan “rasa” ceria pada teras rumah Anda.

Untuk menanamnya, Anda dapat meletakannya di dalam pot gantung. Agar bunganya dapat mekar, gantung pot berisi geranium di bagian teras yang terkena sinar matahari. Hal ini dikarenakan tanaman geranium membutuhkan pencahayaan 6-8 jam.

5. Kalatea 

kalatea

Bagi Anda yang menginginkan variasi warna pada tanaman hias daun untuk teras rumah, Anda dapat memilih pohon kalatea. Tumbuhan Calathea ini memiliki perpaduan warna yang indah antara hijau, putih, dan merah hati. Hal ini tentu membuat suasana teras rumah Anda tampak berseri dan lebih hidup.

Agar tumbuh dengan baik, letakkan pohon ini di tempat yang tersinari oleh matahari. Anda dapat menanamnya pada pot dengan warna yang kalem (gading atau putih) agar terlihat semakin menarik. Pastikan media tanamnya tidak terlalu kering atau basah meskipun Anda perlu menyiramnya setiap hari. Berikan pupuk secara berkala (setiap beberapa bulan sekali) sebagai perawatan dari tanaman ini.


Baca Juga : Jenis Rumput Hias | Adem, Pas Untuk Lahan Kosong Depan Rumah


6. Kumkuat

kumquat

Tanaman ini termasuk kedalam tumbuhan yang berbuah. Dikenal dengan nama fortunella atau jeruk kalamansi, tanaman ini dapat menjadi pilihan yang pas jika Anda menginginkan tanaman hias yang berbuah.

Meskipun tidak memiliki tanah yang luas, kumkuat dapat Anda tanam pada sebuah pot kecil dengan menjadikannya sebagai bonsai. Walapun dijadikan bonsai, kumkuat dapat berbuah lebat asal mendapatkan perawatan yang baik.

Ketika kumkuat ini berbuah, warna buahnya yang jingga dapat memberikan sentuhan ceria pada rumah Anda. Selain memberikan kesan warna yang ceria, kumkuat juga memiliki buah yang dapat dimakan.

7. Palem Kuning 

palem kuning
sumber gambar : home.co.id

Sudah tahu palem kuning? Ya, tanaman ini memang memiliki “paras” yang cantik. Daun-daun yang ramping dengan warna hijau dan batang yang kuning dapat membuat teras rumah Anda berkesan ceria. Tanaman hias dengan nama lain Ypsis Lutescens ini juga akan tampak mencolok ketika dedaunannya yang rimbun tersorot sinar matahari.

Selain dari estetika, pohon palem kuning juga memiliki manfaat dari segi kesehatan. Tanaman hias daun ini bermanfaat sekali untuk membersihkan udara di sekitarnya. Hal ini membuat udara menjadi lebih sehat untuk paru-paru kita bukan?

8. Sweet Alyssum

Sweet alyssum

Bagi Anda yang memiliki teras rumah yang agar lembab dan tertutup (tidak terpapar sinar matahari), Anda dapat menghiasnnya dengan pohon sweet alyssum. Hal ini dikarenakan tumbuhan yang satu ini tidak dapat hidup jika terpapar sinar matahari langsung. Tumbuhan ini harus Anda siram setiap hari agar media tanamnya lembab.

Sweet Alyssum ini dapat mempercantik teras rumah Anda. Kenapa? Karena sweet alyssum memiliki bunga yang berwarna cantik yaitu putih dan ungu. Selain itu, tanaman ini juga mengeluarkan aroma harum yang khas.

9. Lidah Mertua

lidah mertua
sumber gambar : itjeher.com

Gak mau ribet untuk perawatan tanaman penghias teras rumah? Lidah mertua dapat menjadi pilihan yang tepat. Tanaman yang berasal dari Afrika ini tidak memerlukan kondisi dan keterampilan khusus untuk merawatnya. Anda hanya harus memberikan sinar matahari (jangan terpapar langsung) dan air yang cukup agar tumbuhan ini dapat tumbuh dengan optimal. Anda dapat menanam lidah mertua pada sebuah pot yang tinggi atau pot yang memiliki penyangga.

Selain kemudahan dalam merawatnya, kita juga dapat merasakan manfaat dari tanaman ini. Lidah mertua diyakini dapat mengurangi racun yang terdapat pada udara di sekitarnya. Tanaman ini juga dipercaya dapat menangkal polusi dan radikal bebas.

10. Lili Paris

lili paris
sumber gambar : media.rooang.com

Pernah mendengar nama spider plant? Ya, tanaman ini memiliki ujung daun yang dapat membentuk seperti laba-laba. Daunnya juga panjang menjalar hingga ke bawah potnya. Terdapat corak berawarna putih dan kuning pada permukaan daun lili paris. Hal ini membuatnya terlihat semakin unik.

Tanaman ini diyakini memiliki kemampuan untuk menyerap racun-racun di udara. Hal ini dapat membuat udara di sekitar teras terasa lebih sejuk.

11. Kaktus

kaktus

Siapa yang tidak tahu kaktus? Ya, tanaman penuh duri ini memang kerap kita jumpai di berbagai rumah. Mungkin, sebagian orang beranggapan bahwa “apa cantiknya nanam pohon penuh duri?”. Anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

Tanaman kaktus dapat mempercantik teras rumah kita. Hanya saja kita harus pandai dalam memilih tanaman kaktusnya. Kaktus dapat terlihat imut dan cantik tanpa perawatan khusus. Anda cukup menyimpannya di tempat dengan intensitas cahaya matahari yang sedang, serta menyiramnya seminggu sekali.

12. Kuping Gajah

tanaman cantik penghias teras rumah
sumber gambar : bukalapak.com

Tanaman ini memiliki nama lain yaitu Anthurium Chrystalinum. Kuping gajah telah menjadi penghias teras rumah sejak lama. Keberadaannya memang tidak termakan waktu dan trend tanaman hias lainnya. Kuping gajah termasuk kedalam tanaman hias yang tidak mengalami pasang surut.

Kuping gajah memiliki daun yang tebal. Sama seperti namanya, daun dari kuping gajah memiliki bentuk yang besar dan lebar. Hal ini dapat membuat nuansa sejuk di teras rumah Anda.

Tempatkan tanaman kuping gajah pada tempat yang teduh dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Anda harus hati-hati dalam menyimpannya karena daun kuping gajah akan layu jika mendapatkan sinar matahari secara langsung dengan intensitas yang tinggi.

13. Heart Leaf Philodendron

tanaman cantik penghias teras rumah
sumber gambar : crocus.co.uk

Tanaman yang satu ini terlihat unik jika di gantung di teras rumah. Bentuknya memang sederhana, namun bentuk daun yang berbentuk waru dapat “menyihir” mata yang memandangnya. Tanaman ini dipercaya dapat menyerap polutan udara sehingga lingkungan di sekitarnnya dapat terasa sejuk. Tanaman ini juga dapat dengan mudah tumbuh subur.

14. Pokok Duit-Duit 

tanaman cantik penghias teras rumah
sumber gambar : hortology.co.uk

Tanaman dengan nama lain Epipremnum Aureum ini memiliki daun yang mungil dan simpel. Anda dapat menanamnya pada sebuah vas atau pot kecil. Daunnya yang berawarna hijau dapat memberikan kesan yang asri.

Anda tidak perlu bingung untuk merawat tanaman yang satu ini. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus. Anda cukup menyiram pohon ini secukupnya. Hal ini dikarenakan pohon duit-duit tidak memerlukan banyak air.

15. Siklok 

tanaman cantik penghias teras rumah
sumber gambar : bukalapak

Tanaman dengan nama lain Agave Attenuate ini terbilang tahan terhadap sinar matahari seharian. Selain itu, tidak dibutuhkan perawatan yang khusus untuk menanamnya. Anda hanya perlu menyiramnya di pagi hari dan memberikan pupuk setiap beberapa minggu sekali.

Bentuk dari siklok menyerupai pedang dengan warna kekuningan di tepi dan hijau pada bagian tengahnya.

Tanaman ini juga tidak merogoh kocek dalam, Anda dapat memiliki tanaman hias ini hanya dengan beberapa puluh ribu saja. Itupun sudah termasuk potnya. Terjangkau sekali bukan?


Itulah macam-macam tanaman cantik penghias teras yang dapat dijadikan referensi untuk Anda dalam mendesain halaman rumah Anda. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment