Alat Pembersih Dapur

Alat Pembersih Dapur

Alat pembersih dapur memiliki peranan yang sangat penting ketika kita bersih-bersih setelah masak. Kehadiranya sangat penting dikarenakan dapur merupakan salah satu ruangan penting bagi para ibu rumah tangga.

Siapa yang senang ketika melihat ruangan dapur yang Anda gunakan kotor. Selain membuat Anda tidak nyaman dalam memasak, dapur yang kotor juga dapat membuat banyaknya bakteri dan kuman di dapur yang dapat beresiko mengganggu kesehatan keluarga Anda.

Selain harus membersihkan ruangan, kegiatan bersih – bersih atas peralatan makan juga sudah biasa dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Untuk membersihkannya, perlu juga beberapa alat agar barang-barangnya dapat bersih dengan maksimal.


10 Alat Pembersih Dapur dan Fungsinya

Nah, bagi Anda yang baru pindahan dan sedang mencari peralatan kebersihan dapur apa saja yang perlu disiapkan, Anda tidak perlu khawatir. Batas ketik akan membagikan penjelasan mengenai 10 alat pembersih dapur yang perlu Anda siapkan.

1. Sapu

alat pembersih dapur - sapu

Alat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Fungsinya adalah untuk menyapu lantai agar terbebas dari kotoran atau debu yang berada pada lantai dapur.

Pilihlah sapu dengan rambut yang lebat. Hal ini agar mempermudah dan mempercepat Anda dalam menyapu kotoran yang ada di lantai dapur Anda.

2. Alat Pel

alat pembersih dapur - pel lantai
sumber gambar : tokomakmur.com

Setelah di sapu dengan bersih, sebaiknya pel rumah Anda. Hal ini agar dapur Anda benar-benar bersih. Mengepel lantai dapat mengangkat kotoran yang cukup melekat pada lantai.

3. Ember

alat pembersih dapur - ember
sumber gambar : tokopedia

Alat ini berguna untuk menampung air ketika Anda mengepel lantai. Selain itu, ember juga dapat kita gunakan untuk wadah merendam alat-alat masak atau makan yang telah kotor.

4. Botol Penyemprot (spray)

alat pembersih dapur - botol penyemprot (spray)

Botol ini diperlukan agar kita dapat menyimpan cairan pembersih dengan mudah. Selain itu, alat ini juga dapat membantu Anda ketika menggunakan cairan pembersih. Anda hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih menggunakan botol ini pada bagian lantai atau peralatan lainnya yang memang kotor.

5. Produk pembersih

mama lemon
sumber gambar : bukalapak.com

Anda memerlu dua jenis produk pembersih agar kegiatan bersih-bersih Anda dapat maksimal. Yang pertama, Anda memerlukan produk pembersih perlalatan masak atau makan. Yang kedua, Anda memerlukan produk pembersih lantai.

Produk pembersih lantai berguna agar lantai ruangan dapat bersih mengkilap tanpa noda. Selain itu, aroma yang di timbulkan juga dapat memberikan sensasi tersendiri. Hal ini tentu untuk menciptakan kenyamanan Anda saat melakukan aktivitas memasak di dapur.

Produk pembersih peralatan masak atau makan berguna agar noda-noda bandel pada peralatan tersebut dapat bersih dan kinclong. Selain itu, hal ini juga penting agar kuman dan bakteri tidak tertinggal di peralatan maksak atau makan kita.


Baca Juga : Nama Alat Dapur dan Gambarnya


6. Sarung Tangan Yang Terbuat Dari Karet

sarung tangan karet

Alat yang satu ini memang jarang digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga. Padahal adanya alat ini dapat melindungi tangan Anda ketika menggunakan cairan pembersih yang berbahan kimia cukup keras.

7. Steel Wool

Steel Wool

Alat ini berbentuk logam halus. Steel Wool berguna untuk menggosok peralatan masak yang berkerak dan gosong.

8. Spons

spons

Alat ini berguna ketika kita mengombinasikannya dengan cairan pembersih. Spons dapat membuat busa dari cairan pembersih yang nantinya dapat berguna ketika membersihkan alat masak atau peralatan makan.

9. Kain Lap

kain lap
sumber gambar : elevenia.co.id

Alat ini tidak kalah penting dari alat pembersih dapur lainnya. Sebaiknya, milikilah lebih dari 1. Hal ini agar Anda dapat membaginya sesuai fungsi dari kain lap tersebut. Misal yang satu digunakan sebagai membersihkan noda pada lantai. Satu lagi digunakan untuk mengelap peralatan makan yang sudah selesai di cuci agar cepat kering.

10. Sikat bergagang kecil dan panjang

sikat
sumber gambar : bukalapak.com

Alat ini berguna untuk membersihkan peralatan makan atau masak yang memiliki rongga kecil. Adanya alat ini dapat membuat kita membersihkan peralatan masak atau makan yang tidak dapat dijangkau oleh tangan atau jari kita.


Itulah alat pembersih dapur dan fungsinya yang wajib kamu miliki di rumah. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu Anda dalam melengkapi alat pembersih dapur. Punya saran tentang alat pembersih dapur lainnya? Silahkan cantumkan di kolom komentar yaaa. Terima kasih.

Leave a Comment