Nama Alat Dapur dan Gambarnya

Nama Alat Dapur dan Gambarnya

Nama Alat Dapur dan Gambarnya – Dapur merupakan salah satu tempat yang dibutuhkan untuk setiap rumah. Apalagi bagi kalian yang telah hidup berumah tangga, dapur berperan penting dalam kegiatan sehari-hari.

Berbicara mengenai dapur, tentu akan berkaitan dengan peralatannya. Khususnya bagi kaum ibu-ibu, mengenal peralatan dapur merupakan hal yang penting.

Untuk itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas nama alat dapur yang perlu diketahui beserta fungsinya. Berikut beberapa peralatan dapur beserta fungsinya :

1. Kompor Gas

Nama alat dapur dan gambarnya

Nama alat dapur dan gambarnya yang pertama adalah Kompor. Alat ini merupakan alat masak yang paling utama. Kegiatan memasak akan terhambat bahkan tidak bisa dilakukan tanpa adanya alat yang satu ini. Terdapat berbagai macam model dan jenis untuk kompor. Ada kompor listrik dan berbahan bakar minyak atau gas.

Kami rekomendasikan gunakan kompor yang telah menggunakan bahan bakar gas. Hal ini mempermudah Anda dalam kegiatan memasak. Selain itu, api yang dihasilkan oleh kompor gas cenderung tidak membuat wajan atau alat alas masak lainnya tidak terlalu hitam.

“Pilihlah kompor gas yang memiliki dua tungku untuk mempermudah anda dalam memasak makanan.”

2. Peralatan Penggorengan

Wajan

Nama alat dapur dan gambarnya
sumber gambar : murah.netpriceupdate.com

Alat yang satu ini memang tidak bisa di pandang sebelah mata. Wajan memiliki peranan penting dalam aktivitas memasak. Alat ini digunakan untuk keperluan menggoreng atau menumis. Terdapat berbagai model dari wajan.

Pertimbangkan beberapa hal dalam membeli wajan. Jangan sampai Anda salah memilih wajan. Pertimbangkan jenis bahan, ukuran, bobot dan gagang dari wajan yang Anda beli.

Baca juga : 8 Peralatan Makan Bayi (MPASI) Ini Wajib Bunda Miliki !

Spatula

Nama alat dapur dan gambarnya
sumber gambar : homedepot.com

Alat ini sering digunakan sepaket dengan wajan. Makanan yang digoreng dapat di bolak balikan posisinya dengan menggunakan spatula. Alat yang juga dikenal sebagai sutil ini juga memiliki beberapa macam bentuk/model.

Penjepit

Gambar Penjepit Gorengan
sumber gambar : bukalapak.com

Alat masak ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan spatula. Hanya saja alat ini dapat digunakan juga dalam proses memanggang makanan. Kelebihan dari alat ini dibanding spatula adalah dapat membolak balikan makanan yang sedang di olah dalam ukuran besar maupun kecil.

Serok atau saringan

Gambar Serok atau saringan
sumber gambar : bukalapak.com

Alat ini memiliki fungsi untuk mengambil makanan pada wajan jika telah selesai digoreng. Biasanya alat ini digunakan untuk mengangkat makanan seperti gorengan, kerupuk, atau cemilan lainnya. Hal ini dikarenakan alat ini dapat digunakan untuk meniriskan minyak.

3. Panci

Gambar Panci
sumber gambar : alatdapur.org

Nama alat dapur dan gambarnya yang ke tiga adalah Panci. Alat ini wajib sekali ada di dapur rumah kita. Hal ini dikarenakan alat ini memiliki banyak sekali fungsi. Alat ini dapat digunakan untuk memasak air, merebus bahan makanan, membuat sup dan keperluan lainnya.

Panci memiliki banyak jenis, ada panci presto, biasa dan panci steam (kukusan). Masing-masing jenis memiliki kapasitas dan fungsinya secara tersendiri.

“Tips dalam memilih panci, pilihlah yang terbuat dari logam anti karat dengan lapisan yang cukup tebal”

Kenapa ? karena panci akan sering bersentuhan dengan panas api. Selain itu, panci yang terbuat dengan lapisan anti karat yang tebal dapat membuat proses pematangan bahan makanan menjadi lebih sempurna. Hal ini tentu berbeda dengan panci berlapisan anti karat yang tipis. Lapisan yang tipis dapat membuat makanan yang sedang kita pasak menggunakan panci menjadi mudah gosong. Padahal, masakan kita sebetulnya dalam keadaan belum matang.

4. Rice Cooker

Gambar Rice Cooker
sumber gambar : walmart.ca

Nama alat dapur dan gambarnya yang ke 4 adalah Rice Cooker. Alat ini cocok sekali bagi Anda yang ingin memasak nasi dengan mudah. Alat ini memiliki batas ukuran tertentu. Pilihlah rice cooker yang berukuran sedang agar Anda dapat memasak nasi dengan porsi yang cukup untuk keluarga. Tidak perlu khawatir akan hasilnya yang kurang baik, Anda hanya perlu belajar menakar air agar hasil nasi yang didapatkan tidak terlalu keras atau lembek.

5. Pisau

Gambar Pisau
sumber gambar : dekoruma.com

Alat ini berfungsi untuk memotong dan mengupas bahan makanan. Oleh sebab itu, keadaanya di dapur memiliki peranan yang penting. Jagalah selalu ketajaman pisau anda dengan cara mengasahnya secara berkala pada batu asahan.

“Tips untuk pisau, sediakan setidaknya dua buah pisau di dapur rumah Anda. Pisau pertama haruslah berukuran kecil dan yang kedua berukuran sedang.”

Pisau yang kecil dapat digunakan untuk mengupas atau memotong buah dan sayur serta menguliti ikan dan daging. Sedangkan pisau yang berukuran sedang, dapat Anda gunakan untuk mengupas, memotong atau mencincang bahan makanan yang berukuran besar dengan tekstur yang keras.

6. Talenan

Gambar Alat Dapur Talenan
sumber gambar : dapurnyonyantes.wordpress.com

Alat ini memang tidak bisa dipisahkan dengan pisau. Talenan berfungsi untuk alas atau landasan ketika kita akan memotong atau mencincang bahan makanan yang akan kita masak. Alat ini memiliki dua jenis, yaitu talenan plastik dan kayu. Untuk talenan kayu, alat ini memiliki dua varian dari segi seratnya yaitu vertikal dan horizontal.

“Tipsnya, pilihlah talenan yang terbuat dari kayu dengan serta yang vertikal. “

Mengapa mesti talenan kayu? Hal ini dikarenakan kuman dan bakteri tidak tahan lama di dalam kayu. Sehingga bahan makanan dapat menjadi lebih higienis. Selain itu, pori-pori yang terdapat pada permukaan kayu dapat menyerap kelembapan bahan makanan yang akan dipotong sehingga akan tetap kering.

Mengapa mesti berserat vertikal? Hal ini dikarenakan bentuk serat tersebut memiliki daya tahan yang kuat terhadap goresan mata pisau. Selain itu, bentuk serta vertikal dapat menjaga ketajaman mata pisau sehingga tidak mudah tumpul.

7. Baskom

Gambar Alat Dapur Baskom
sumber gambar : bukalapak.com

Alat ini memang sangat sederhana, namun Anda pasti membutuhkannya ketika di dapur. Alat ini dapat digunakan sebagai wadah untuk menampung bahan makanan yang akan Anda masak. Setidaknya, Anda harus memiliki 3 buah baskom di rumah.

8. Piring dan Mangkuk

Gambar Alat Dapur Mangkok dan Piring
sumber gambar : bukalapak.com

Selain peralatan memasak, anda juga memerlukan piring dan mangkuk. Hal itu berguna untuk meletakan hasil masakan dan juga waktu saat kita akan menyantap makanan.

Baca Juga : Macam-Macam Peralatan Makan

9. Sendok dan Garpu

Gambar Garpu dan Sendok
sumber gambar : profile.wimiu.com

Alat ini merupakan alat pelengkap untuk kita ketika akan menyantap makanan. Alat ini sangat berguna khsususnya ketika kita menyantap hidangan yang berkuah yang tentunya akan sulit jika langsung menggunakan tangan bukan?

 

10. Gelas

alat dapur gelas dan gambarnya
Gambar Alat Dapur Gelas

Alat ini termasuk kedalam alat dapur karena dengan menggunakan alat ini kita dapat membuat teh atau minuman lainnyua dengan menggunakan gelas. Tanpa gelas kita akan kesulitan untuk melakukan aktivitas minum air di rumah.

11. Cangkir Beserta Alasnya

Nama alat dapur cangkir dan alasnya
Gambar cangkir dan alasnya

Alat ini dapat digunakan untuk kita ketika membuat minuman serperti teh atau kopi. Terlebih ketika kita menjamu minuman kepada tamu di rumah kita.

12. Wadah Penyimpanan Bumbu Dapur

alat dapur tempat menyimpan bumbu masakan
sumber gambar : bukalapak.com

Selain beresiko tumpah apabila menggunakan plastik, bumbu masak juga akan terlihat berserakan. Untuk itu, Anda memerlukan wadah penyimpanan bumbu. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat menyimpan dan menggunakan bumbu dengan mudah.


Baca juga : 4 Rekomendasi Merk Peralatan Makan Bayi


13. Centong

Gambar Cengtong Nasi
sumber gambar ; bukalapak.com

Alat ini digunakan untuk mempermudah Anda ketika mengambil nasi dari tempatnya.

14. Sendok Sayur

Gambar sendok sayur
sumber gambar : shopify.com

Alat ini digunakan untuk mempermudah Anda dalam mengambil atau memasak sayur. Biasanya alat ini digunakan untuk mengaduk-aduk sayur ketika kita memasaknya.

15. Tempat Sendok dan Garpu

Gambar tempat sendok dan garpu
sumber gambar : tokopedia.com

Supaya tidak berserakan, sebaiknya sediakan tempat sendok dan garpu. Selain mempermudah Anda ketika mencari garpu atau sendok, alat ini dapat membuat sendok dan garpu Anda memiliki resiko kehilangan yang kecil karena penyimpanan yang rapih dan teratur.

16. Tempat Penyimpanan Minyak Goreng

Gambar temoat menyimpan minyak goreng
sumber gambar : tokopedia.com

Jika Anda yang sering membeli minyak goreng isi ulang, sebaiknya Anda menyiapkan tempat penyimpannya. Hal ini untuk menghindari minyak goreng yang mudah tumpah akibat disimpan di plastik pembungkusnya dalam keadaan terbuka.

17. Gunting

gambar alat daput gunting
sumber gambar : bukalapak.com

Alat ini wajib Anda miliki pada dapur Anda. Hal ini dikarenakan terkadang kita merasa kesulitan untuk memotong bungkus bumbu masak secara manual atau menggunakan pisau. Nah, dengan adanya gunting tentu membuat Anda dapat memotong bungkus bumbu makanan dengan mudah.

18. Rak Multifungsi

gambar rak dapur multifungsi
sumber gambar : tokoonline88.com

Alat ini dibutuhkan untuk meletakan peralatan dapur. Adanya alat ini dapat membuat area dapur terlihat lebih rapih. Kita menjadi lebih mudah menata peralatan dapur karena letaknya yang sudah jelas pada rak multifungsi.

19. Tudung Saji

gambar alat dapur tudung saji
sumber gambar : tokopedia.com

Bagi Anda yang memang belum memiliki lemari khusus penyimpanan makanan, maka alat yang satu ini wajib Anda miliki. Hal ini untuk melindungi makanan Anda yang disimpan di meja dari kotoran atau hewan yang akan hinggap pada makanan kita.

20. Serbet

gambar alat dapur serbet
sumber gambar : tokopedia.com

Alat yang satu ini berbentuk kain lap yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan peralatan dapur dari debu yang menempel. Selain itu, alat ini berguna ketika kita akan mengangkat alat masak yang panas.

Tipsnya, sebaiknya Anda memiliki serber lebih dari satu. Gunakan serbet tersebut secara khusus, mana yang untuk membersihkan debu dan mana yang untuk mengangkat alat masak yang panas

21. Blender atau Cobek

gambar alat dapur cobek dan blender

Alat ini memiliki fungsi untuk menghaluskan berbagai bahan yang Anda butuhkan ketika memasak. Jika keuangan Anda terbatas, maka setidaknya Anda harus memiliki cobek. Hal ini dikarenakan khususnya di Indonesia, banyak sekali bumbu masak yang harus kita haluskan sebelum digunakan memasak.

22. Kulkas

gambar alat dapur kulkas
sumber gambar : prelo.co.id

Alat ini akan membantu Anda dalam menyimpan bahan atau makanan agar awet atau tetap segar. Hal ini berguna agar Anda bisa menghemat karena tidak mengeluarkan biaya lebih akibat makanan yang terbuang karena proses pembusukan.

23. Dispenser/Teko

gambar alat dapur teko dan dispenser

Alat ini digunakan untuk memudahkan Anda dalam hal penyimpanan air. Jika Anda yang memiliki air yang kurang bagus untuk dimasak, maka Anda dapat menggunakan dispenser plus galon air untuk mengatasinya.

Tipsnya, pilihlah dispenser yang satu fungsi saja seperti untuk memanaskan air. Hal ini dikarenakan dispenser jenis tersebut cenderung lebih awet daripada yang memiliki dua fungsi dengan pendingin.

24. Tempat Penyimpanan Beras

gambar alat dapur tempat menyimpan beras

Khususnya di Indonesia, nasi merupakan makanan pokok. Maka dari itu, memiliki tempat penyimpanan beras adalah hal yang penting. Hal ini berguna untuk menjaga beras kita agar tidak mudah rusak akibat hewan yang menyebabkan kualitas beras kita menurun.

25. Termos

gambar alat dapur termos
sumber gambar : bukalapak.com

Jika Anda tidak menggunakan dispenser, maka alat yang satu ini wajib Anda miliki. Alat ini dapat menampung air panas sehingga mempermudah Anda ketika membutuhkan air panas.


Itulah nama peralatan dapur dan gambarnya. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu Anda yang sedang merintis mengumpulkan alat dapur bersama keluarga.

Nama alat dapur dan gambarnya manakah yang Anda inginkan?

Leave a Comment