13 Tips Menabung Untuk Pelajar | SD, SMP, SMA & Mahasiswa

13 Tips Menabung Untuk Pelajar | SD, SMP, SMA & Mahasiswa

Artikel kali ini penulis akan sharing sedikit tentang tips menabung untuk pelajar. Berbekal pengalaman penulis sehari-hari ketika dulu yang memang mempunyai bekal terbatas, namun tetap ingin menabung. Penulis memiliki niatan agar pengalaman ini dapat bermanfaat walaupun hanya sedikit.

“Tapi kak, saya masih SD, SMP, SMA, SMK, Kuliah ? Susah kan nabung kalau sekolah”. Pernyataan tersebut merupakan hal yang kurang tepat. Karena :

siapapun Anda, berapapun bekal atau penghasilan Anda, menabung itu bukanlah hal yang “tidak mungkin” dilakukan.

batasketik.com

Menabung memang merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Bahkan, sejak kita kecil kita terkadang sering di ingatkan oleh guru-guru kita dengan slogan “sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit”. Benar bukan?

“Jadi Apa masalahnya ? kok saya susah sekali menabung”. Pertanyaan tersebut tentu muncul pada benak Anda bukan?

Nah, sebelum kita sharing terkait tips menabung untuk pelajar, coba pahami dulu akan pentingnya menabung.

Pentingnya Membiasakan Menabung

Pentingnya Membiasakan Menabung

Menabung merupakan hal yang tidak bisa di anggap remeh. Simpel, sederhana tapi susah dilakukan. Padahal, menabung itu sangat penting (khususnya bagi Anda sebagai pelajar).  Mengapa? Karena menabung merupakan suatu edukasi untuk diri agar dapat mengatur keuangan pribadi.

Menabung merupakan suatu pondasi dasar, dimana hal tersebut haruslah kokoh pada diri seseorang agar dia bisa melakukan manajemen keuangan pribadinya.

Jika sudah menabung sudah menjadi budaya pada diri, maka kedepannya kebiasaan tersebut dapat diarahkan ke arah yang lebih baik lagi. Misalnya, ketika kecil kita sudah biasa sering menabung, maka ketika dewasa, kita bisa diarahkan untuk menyisihkan penghasilan untuk belajar investasi atau pengelolaan uang lainnya.

Tips Menabung Untuk Pelajar

tips menabung untuk pelajar

 Sekarang kita akan membahas tips yang dapat Anda lakukan agar uang cepat terkumpul. Berikut 13 tips menabung untuk pelajar :

1. Tentukan Tujuan dan Target Menabung

Target dan Tujuan

Menentukan tujuan dan target menabung merupakan langkah awal yang harus Anda lakukan. Mengapa? Tujuan dan taget akan menjadi sebuah motivasi bagi Anda mengapa Anda mesti menabung. Hal ini akan membuat Anda selalu bersemangat dan berusaha keras untuk menabung.

Misal, Anda tetapkan tujuan menabung untuk membeli HP, kamera atau membantu orang tua biaya sekolah. Nah, ketika anda akan jajan makanan yang cukup mengocek kantong, Anda dapat mengingat lagi tujuan dan target menabung sehingga pendirian Anda tidak goyah.

Target perlu Anda tentukan karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap mekanisme atau cara Anda menabung.

Misal, jika Anda punya taget Rp 300 ribu per bulan. Berarti Anda harus berusaha menabung minimal Rp 10 ribu per hari. Masalah teknis mau perhari atau minggu itu bagaimana Anda. Yang penting target dapat terkejar.

Tapi, sebagai saran saja. Sebaiknya Anda lakukan perhari, karena tidak akan terasa berat. Lain hal dengan perminggu, besarannya seolah-olah sangat besar. Belum lagi  masalah uang yang terpakai sebelum di tabung, repot bukan?

2. Niat dan Buat Perjanjian

tips menabung untuk pelajar

Niat dan tujuan ini bertujuan agar pendirian Anda untuk menabung tidak goyah. Niatkan pada diri Anda bahwa Anda harus menabung dengan bersungguh-sungguh. Buat perjanjian dengan diri sendiri. Tentukan konsekuensinya bahkan bila perlu.

Misal, saya niatkan bahwa saya harus menabung setiap hari 10 ribu rupiah. Jika saya melanggar atau tidak bisa menabung pada salah satu hari, maka saya akan melebihkan besaran tabungan di hari selanjutnya menjadi 13 ribu rupiah.

Berdasarkan pengalaman penulis, adanya niat dan perjanjian tersebut membuat kita lebih serius dan lebih cepat dalam mengumpulkan uang.

3. Biasakan Hidup Hemat

Cara Hidup Hemat
sumber gambar : kompasiana.com

Ketika Anda punya niatan menabung, maka muncul lah hal yang perlu Anda lakukan. Ya, “hidup hemat”. Hal ini penting untuk Anda lakukan. Jangan sampai Anda ingin menabung tapi kebiasaan Anda justru jajan di sana sini.

Gunakan uang Anda untuk keperluan yang urgent. Buat daftar list setiap keperluan bulanan Anda. Buat prioritas kebutuhan. Untuk lebih jelasnya silahkan klik halaman “manfaat dan cara hidup hemat”.

4. Simpan Sendiri

Jika Anda sudah menentukan tujuan dan target menabung, langkah selanjutnya adalah menentukan media penyimpanan uang Anda. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan menyimpan sendiri uang pada suatu tempat atau wadah tertentu.

Alat yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan celengan. Untuk lebih hemat, Anda tidak harus selalu membeli celengan. Anda dapat membuatnya sendiri dari kaleng bekas, toples, botol air mineral, atau wadah lainnya.

Sebagai saran, gunakanlah celengan yang memang sifatnya paten. Sehingga sangat sulit untuk di congkel atau dikeluarkan isinya selain merusaknya. Atau jika memang terbuat dari kaleng, maka berikanlah perekat agar kaleng tersebut susah sekali dibuka.

Saran tersebut adalah agar Anda tidak berani sekali pun membongkar celengan Anda.

5. Simpan di Guru atau Sekolah

tips menabung untuk pelajar
sumber gambar : radar-karawang.com

Bagi Anda yang masih bersekolah di SD, SMP, SMA atau SMK, Anda dapat menggunakan jasa menabung di sekolah. Hal ini cenderung lebih efektif bagi Anda yang memang susah sekali menyimpan uang secara manual (sendiri).

Selain tidak ada potongan administrasi setiap bulan layaknya di bank, menabung di sekolah juga jauh lebih cepat dan mudah. Anda bisa melakukannya setiap kali Anda masuk sekolah.

Cara menabung uang jajan 2000 atau 5000 ini, biasanya sering dilakukan dengan cara setor ke wali kelas atau bendahara kelas. Besaran tabungan tersebut kemudian di catat pada buku kecil yang dipegang oleh siswa / pelajar.

Cara menabung di sekolah juga biasanya banyak dilakukan oleh wali murid untuk pembiayaan di sekolah. Misalnya, biaya tahunan, bulanan, atau kegiatan karyawisata (study tour). Hal ini berguna untuk persiapan agar biaya yang diperlukan tidak terlalu mendadak besar nantinya. Karena Anda telah menyicilnya secara rutin dengan menabung.

Tabungan biasanya akan dibagikan setiap setahun sekali (ajaran akademik baru) atau ketika akan mendekati hari raya. Nah, jika memang target Anda belum tercapai saat dibagikan, sebaiknya jangan di ambil saja. Atau ambil dan simpan lagi di media penyimpanan yang akan selanjutnya kita bahas.

6. Simpan di Bank

tips menabung untuk pelajar
sumber gambar : brisyariah.co.id

Cara menabung untuk anak SD, SMP, SMA, MA atau SMK selanjutnya adalah dengan di simpan di Bank. Seiring dengan perkembangan perbankan dan program edukasi, telah hadir tabungan untuk pelajar di bank. Silahkan klik halaman ini untuk mengetahui tentang tabungan simpanan pelajar di BRI Syariah.

Bagi Anda yang masih SD / SMP / SMA yang belum punya kartu pelajar, Anda hanya perlu datang ke bank bersama orang tua Anda untuk membuka buku tabungan pelajar ini.

Selain lebih aman, catatan tabungan di bank lebih rapih. Sehingga tidak ada kejadian “tidak tercatat” di buku tabungan. Kemudian, dengan di simpan di bank biasanya kita malas untuk mengambilnya lagi. Jadi uang tabungan di bank cenderung lebih aman. Tidak ada alasan lagi uang simpanan terpakai.


Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Pribadi Yang Berat Dan Bertubi-Tubi


7. Ikut Arisan

arisan
sumber gambar : oktavianahariadi.blogspot.com

Metode ini memang kurang efektif jika salah digunakan. Tujuan dari mengikuti arisan ini, agar ada paksaan untuk kita menabung. Karena pada dasarnya arisan itu hampir sama dengan menabung.

Sebagai saran, ambilah uang Anda sebagai pemenang terakhir. Tukar saja dengan orang lain jika memang nama Anda muncul terlebih dahulu sebagai pemenang.

Alternatif lainnya, ambil uang arisan jika menang lebih dulu kemudian tabungkan langsung ke bank.

8. Bekerja Part Time / Freelance

kerja paruh waktu

Tips ini sangat berguna jika target yang Anda inginkan dapat tercapai dengan cepat. Ada banyak tipe pekerjaan lepas ini. Anda bahkan bisa mencarinya secara online. Manfaatkan hasil pekerjaan ini untuk ditabung dan mengejar target Anda.

Perlu Anda ingat, lakukanlah pekerjaan yang memang tidak mengganggu jadwal sekolah / belajar Anda. Misalnya penulis lepas, guru les dll.

Jangan sampai pekerjaan Anda menjadi prioritas utama. Jangan sampai lama waktu belajar justru kalah dengan lama waktu bekerja. Kondisikan, cari pekerjaan yang memang tidak menggantikan posisi Anda sebagai pelajar yaa.

9. Buka Usaha Sampingan

bisnis sampingan - takoyaki

Cara selanjutnya adalah buka usaha sampingan. Cara ini merupakan salah satu kegiatan utuk mempercepat pemenuhan target tabungan Anda.

Dinamakan dengan bisnis sampingan karena hal yang sama seperti bekerja paruh waktu. Anda jangan sampai melupakan peran Anda sebenarnya yaitu pelajar.

Carilah bisnis sampingan yang memang tidak memakan banyak waktu dan tidak menggantikan peran Anda sebagai pelajar. Contohnya seperti jualan online, jualan pulsa, perlihara ayam atau ikan dan lain sebagainya.

10. Membawa Bekal dan Minum Sendiri

membawa bekal
sumber gambar : istyle.id

Hal ini biasanya di anggap sepele. Padahal jika kita perhitungkan, membawa bekal makan dan minum sendiri dapat menghemat uang Anda secara signifikan.

Misal, untuk sekali makan siang, Anda memerlukan uang minimal 15-20 ribu. Belum ketika kita di sekolah terkadang suka merasakan haus, kita mesti mengeluarkan uang untuk membeli air minum kemasan yang berkisar antara 500-5000 rupiah.

Jika kita jumlah seharinya, minimal kita menghabiskan 20 ribu per hari hanya untuk makan dan minum.

Lain hal dengan Anda membawa bekal makan dan minum sendiri, Anda bisa tabungkan jatah makan siang Anda yang sebesar 20 ribu tersebut secara rutin bukan?

11. Sibukan Diri Anda di Waktu Istirahat Sekolah

Ketika istirahat sekolah, erat sekali kaitannya dengan kantin. Nah, daripada Anda ke kantin, cobalah cari kesibukan yang lain. Ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika istirahat selain pergi ke kantin. Misalnya, ke perpustakaan. Baca buku, novel atau bahkan berjualan. Hal ini bertujuan agar Anda tidak menghabiskan uang Anda untuk jajan ke kantin.

12. Ikut Kegiatan Pengembangan Diri

Ekskul Pramuka

Selain meningkatkna kualitas diri, mengikuti kegiatan pengembangan diri dapat mengembangkan relasi. Hal ini akan berguna ketika Anda sedang melakukan bisnis sampingan. Banyaknya relasi akan mempermudah bisnis Anda.

Keuntungan lainnya, dengan mengikuti pengembangan diri atau ekstrakurikuler, Anda tidak akan bepergian untuk bermain-main dan “nangkring” di warung-warung. Tidak jarang, sekali Anda main dan berkumpul di warung atau cafe membuat saku dan dompet Anda kering.

13. Ikut Koperasi Warga

tips menabung untuk pelajar
sumber gambar : dictio.id

Apakah di sekolah / kampus Anda sudah ada koperasi warga? Biasanya kalau di tingkat SMA sederajat atau perguruan tinggi sudah ada koperasi. Untuk SMA sederajat biasanya dinamakan dengan “KOPSIS” sedangkan untuk mahasiswa dinamakan “KOPMA”.

Ada beberapa keutungan dari bergabung dengan koperasi, Anda bisa mendapatkan laba hasil dari usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh pihak koperasi. Hal ini bisa berguna untuk ditabung bukan?


Itulah tips menabung untuk pelajar yang dapat penulis bagikan. Mudah-mudahan dapat membantu Anda yang sedang berusaha untuk menabung. Punya tips menabung untuk pelajar lainnya? Silahkan diskusikan di kolom komentar. Terima kasih.

Leave a Comment