Sudah Tahu? Inilah Manfaat Hidup Hemat dan Sederhana

Sudah Tahu? Inilah Manfaat Hidup Hemat dan Sederhana

Manfaat hidup hemat sangatlah banyak sekali. Oleh sebab itu, ketika kita kecil dan duduk di bangku sekolah dasar, kita sering mendengar pepatah “hemat pangkal kaya”. Pepatah tersebut terus di sampaikan berulang-ulang agar kita bisa memiliki jiwa yang dapat hidup dengan hemat.

Hemat, Sepele tapi susah

hemat - sepele tapi susah

Hemat memang terlihat seperti sepele, namun ketika kita mencoba untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari hal tersebut justru terasa berat. Oleh sebab itu, hemat haruslah dipaksakan agar nantinya terbiasa sehingga menjadi bisa.

Tidak jarang, orang yang telah sukses memiliki sikap hidup hemat. Hal tersebut dikarenakan dengan hidup hemat, kita bisa mengatur kualitas hidup kita.

 Sebanyak-banyaknya lu punya uang kalau gak bisa hemat ya percuma

Pepatah tersebut dilontarkan oleh Pak Ahok pada free course Ahok Way. Hal ini menunjukan bahwa hidup hemat tersebut sangat penting untuk kesuksesan kita.


Konsep Hemat

konsep hemat

Ketika kita mengenyam bangku Sekolah Dasar, hidup hemat yang terlintas kita adalah hanya dengan rajin menabung atau tidak menghambur-hamburkan uang. Namun, apakah hingga sekarang Anda masih berpikiran seperti itu?

Sebenarnya hidup hemat itu bukan hanya berbicara di ranah uang dan bagaimana Anda dapat menabung. Namun, hidup hemat dapat kita terapkan dalam segala aspek sehingga menjadi pola dan konsep pemikiran hidup kita.


Pengertian Dan Manfaat Hidup Hemat Dalam Islam

pengertian dan manfaat hidup hemat dalam Islam

Sebelum berbicara akan manfaat, kita harus paham terlebih dahulu akan pengertiannya. Hidup Hemat adalah hati-hati dalam menggunakan uang, barang dan hal lainnya sehingga tidak menimbulkan pemborosan.

“Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan, dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.”

QS Al Isra : 27

Berdasarkan ayat tersebut, tentu kita harus menyadari dan melakukan akan pentingnya hidup hemat. Adanya pola hidup hemat tentu akan membawa banyak manfaat bagi kita dan orang lain. Pola hidup hemat akan membuat Anda menjadi pribadi yang matang.

Anda akan lebih berhati-hati dalam mengambil tindakan dan keputusan. Anda akan menjadi seseorang yang lebih bijak dalam mengelola setiap hal.


Baca Juga : Manfaat Rendah Hati | Lengkap! Pengertian, Dalil, Cara dan Contohnya


Manfaat Hidup Hemat Dan Sederhana Bagi Diri Sendiri

Manfaat Hidup Hemat Dan Sederhana Bagi Diri Sendiri

Kita semua tentu setuju bahwa hidup hemat baik untuk dilakukan. Namun, apakah Anda tahu akan manfaat dari hidup hemat? Nah, berikut manfaat hidup hemat bagi diri sendiri:

1. Merasa Lebih Tenang Akan Masalah Keuangan

Merasa Lebih Tenang Akan Masalah Keuangan

Jika Anda hidup dengan cara yang boros, tentu Anda akan merasa sangat stress. Karena pribadi yang boros, biasanya suka meminjam uang atau berhutang. Adanya hutang tersebut tentu membuat hidup Anda menjadi tidak tenang. Pikiran Anda menjadi kacau, stress dan akhirnya sakit.

Lain hal dengan Anda yang bisa hidup hemat. Anda selalu merasa tenang karena Anda tidak perlu pusing memikirkan hidup yang terlilit hutang sana-sini. Hal tersebut karena dengan menghemat, Anda menjadi lebih pandai dalam hal mengelola uang.

2. Memiliki Cadangan Dana Untuk Masa Depan

Memiliki Cadangan Dana Untuk Masa Depan
sumber gambar : idntimes.com

Manfaat hidup hemat selanjutnya adalah Anda dapat memiliki cadangan dana untuk masa depan. Adanya pola hidup hemat, Anda bisa menabung untuk keperluan masa depan. Keperluan tersebut seperti menikah, membeli rumah, biaya hidup setelah pensiun dan lain sebagainya.

3. Memiliki Modal Untuk Berwirausaha

Memiliki Modal Untuk Berwirausaha
sumber gambar : restymaulidiah.files.wordpress.com

Berwirausaha tentu membutuhkan modal. Nah, dengan pola hidup hemat Anda bisa menyiapkan modal untuk wirausaha ini dengan cara menabung sedini mungkin. Adanya tabungan yang khusus untuk modal usaha membuat Anda tidak perlu susah payah mencari modal dengan pinjam sana-sini.

4. Tidak Terlalu Bergantung Kepada Asuransi Kesehatan

Tidak Terlalu Bergantung Kepada Asuransi Kesehatan
sumber gambar : asuransiku.id

Memiliki asuransi kesehatan tentu membuat Anda merasa tenang. Namun, apakah setiap penyakit dapat selalu di tanggung oleh asuransi kesehatan?

Berdasarkan pengalaman penulis sendiri. Melihat asuransi kesehatan yang ada, biasanya cenderung menanggung sebagian biaya untuk berobat. Giliran ada yang benar-benar gratis, obat yang ada hanya obat general. Itupun mesti bayar lagi untuk ruangan jika harus rawat inap.

Kejadian tersebut memang tergantung dari jenis asuransi yang Anda ambil. Namun, sebaiknya Anda tidak hanya mengandalkan asuransi kesehatan. Siapkan pula dana atau tabungan. Sehingga, dimana terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan tentang kesehatan Anda, Anda tidak terlalu khawatir dan bergantung kepada asuransi kesehatan Anda.

5. Dapat Dijadikan Sebagai Modal Investasi

Dapat Dijadikan Sebagai Modal Investasi
sumber gambar : okezone.com

Hidup dengan memperioritaskan hal yang lebih penting membuat Anda bisa mengalokasikan sisa keuangan Anda untuk hal penting lainnya. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginverstasikan uang Anda untuk masa depan. Anda dapat menginvestasikannya dengan cara menyimpan modal untuk sebuah perusahaan, membeli rumah atau tanah dan hal lain sebagainya.

6. Menjadi Lebih Sehat

melindungi jantung

Hidup dengan banyak hutang akibat sikap kita yang boros, tentu membuat Anda stress. Pikliran yang kacau dan tidak tenang tentu akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan tubuh Anda.

Selain itu, pola hidup yang boros juga dapat mempengaruhi kita dari segi asupan makanan. Orang yang boros cenderung mengkonsumsi makanan yang siap saji atau lebih sering makan diluar. Hal tersebut tentu membuat kebutuhan akan asupan gizinya terganggu.

7. Menjadi Lebih Percaya Diri

Menjadi Lebih Percaya Diri

Anda yang telah mempersiapkan segalanya karena kebiasaan dalam hidup hemat membuat Anda bisa lebih percaya diri. Hal itu dikarenakan Anda telah memperhitungkan betul apa yang harus diambil dan mana yang harus dihindari dalam setiap halnya. Hal ini dapat membuat Anda tidak khawatir akan resiko yang ada ketika melangkah.

8. Menjadi Pribadi Yang Lebih Bertanggung Jawab

Menjadi Pribadi Yang Lebih Bertanggung Jawab
sumber gambar : tokeklincah.files.wordpress.com

Hidup hemat menunjukan bahwa Anda adalah seorang pribadi yang bertanggung jawab. Hal tersebut karena Anda telah memperhitungkan setiap langkah yang diambil. Anda dapat mempertanggungjawabkan apa saja kegiatan dan pengeluaran yang Anda lakukan dari kebiasaan pola hidup hemat.

9. Mempunyai Sikap Lebih Sederhana

Bob Sadino sedang duduk santai
sumber gambar : bisnisukm.com

Hidup dengan cara yang hemat membuat Anda dapat bersikap lebih sederhana. Kita bisa merasakan hidup orang-orang yang kurang mampu, sehingga membuat Anda pandai akan bersyukur. Selain itu, adanya sikap hemat dan sederhana membuat Anda terbebas dari sikap sombong.

10. Melatih Sikap Disiplin

Melatih Sikap Disiplin
sumber gambar : hrexcellency.com

Disiplin sangat penting untuk kehidupan kita. Nah, dengan hidup hemat Anda dilatih untuk disiplin dalam mengatur keuangan Anda. Selain itu, Anda juga di tuntut untuk membiasakan menabung secara rutin.


Manfaat Hidup Hemat Bagi Kerluarga

Manfaat Hidup Hemat Bagi Kerluarga

Apa manfaat hidup hemat bagi keluarga? Berikut manfaatnya:

  1. Memiliki dana untuk berlibur atau menghabiskan waktu bersama keluarga
  2. Adanya simpanan dana untuk hari tua bersama keluarga
  3. Persiapan dana untuk pendidikan anak
  4. Simpanan untuk jaga-jaga jika ada keperluan yang penting dan mendadak
  5. Dapat menjadi teladan bagi keluarga

Manfaat Hidup Hemat Bagi Lingkungan

Manfaat Hidup Hemat Bagi Lingkungan

Apa manfaat hidup hemat bagi lingkungan? Berikut manfaatnya:

  1. Tidak membuat barang semakin menumpuk akibat belanja yang tidak perlu
  2. Menghindari kita dari pencurian barang
  3. Menghilangkan kesenjangan sosial akibat adanya perbedaan yang mencolok antara si kaya dan si miskin
  4. Menghilangkan kecemburuan sosial
  5. Hasil dari menghemat, kita bisa berbagi dengan lingkungan sekitar. Perlu Anda ketahui bahwa menghemat tersebut bukanlah pelit atau kikir. Kita juga harus senantiasa berbagi dengan sesama.

Manfaat Hidup Hemat Bagi Sumber Daya Alam

Manfaat Hidup Hemat Bagi Sumber Daya Alam

Apa manfaat hidup hemat bagi Bangsa dan Negara? Berikut manfaatnya:

  1. Menghindari penggunaan energi alam yang berlebihan membuat energi yang ada di Alam tidak mudah cepat habis.
  2. Tidak merusak alam akibat eksplorasi alam yang berlebihan akibat banyaknya pemakaian energi

Manfaat Hidup Hemat Bagi Bangsa Dan Negara

Manfaat Hidup Hemat Bagi Bangsa Dan Negara

Apa keuntungan hidup hemat bagi Bangsa dan Negara? Berikut manfaatnya:

  1. Jika kita tabungkan di bank daerah atau negara. Uang tersebut dapat digunakan untuk keperluan perbankan yang keuntungannya dapat digunakan untuk membangun negara atau daerah.
  2. Menghemat penggunaan energi membuat Pemerintah tidak perlu mengeluarkan dana yang sangat besar untuk mensubsidi kebutuhan masyarakat.

Cara Hidup Hemat

Cara Hidup Hemat
sumber gambar : kompasiana.com

Nah, bagi Anda yang akan mencoba untuk hidup hemat berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Mulai sejak SEKARANG

Mulai sejak SEKARANG
sumber gambar ; youtube.com

Inilah yang pertama kali harus Anda lakukan. Mulailah hidup hemat dari SEKARANG JUGA, jangan sampai Anda menunda-nundanya. Jangan sampai Anda berpikiran “ah masi banyak uang ini, ngapain hemat? Atau “ah saya kan keturunan konglomerat?”

2. Buat daftar perioritas untuk setiap kebutuhan dan pengeluaran Anda

Buat daftar perioritas untuk setiap kebutuhan dan pengeluaran Anda
sumber gambar : mommiesdaily.com

Agendakan kegiatan ini minimal setiap sebulan sekali. Hal ini perlu dilakukan agar Anda terhindar dari membeli barang atau kebutuhan yang Anda tidak perlu. Bedakan juga antara kebutuhan dan keinginan karena hal tersebut sama-sama di beli tapi tingkat urgent nya berbeda.

3. Jangan sampai pendapatan lebih kecil daripada pengeluaran

tidak seimbang
sumber gambar : pngdownload.id

Nah ini nih yang perlu Anda hindari. Penghasilan Anda sejuta misalnya, tapi pengeluaran Anda lebih dari sejuta. Tekor kan? Nah, jangan sampai kejadian seperti itu terjadi pada diri Anda yaa.

4. Perhatikan cara kita belanja

cara belanja
sumber gambar : kudo.co.id

Hal ini biasanya terjadi tanpa kita sadari. Misal, kita akan belanja kebutuhan sehari-hari di supermarket. Kemudian, ada barang yang sangat kita inginkan. Tanpa pikir panjang, Anda beli barang tersebut. Nah hal itu tentu akan mengganggu rencana pengeluaran dan kebutuhan Anda bukan?

Untuk mengatasi hal tersebut, buat list kebutuhan ketika Anda berbelanja. Bawalah uang yang tidak terlalu berlebihan ketika berbelanja. Fokus kepada barang yang akan kita beli terlebih dahulu.

5. Bawa bekal lebih baik

membawa bekal
sumber gambar : istyle.id

Nah bagi Anda yang masih sekolah atau bekerja. Sebaiknya Anda biasakan membawa bekal dari rumah. Anda bisa menabung uang makan Anda untuk rencana masa depan.

6. Membeli barang yang bernilai sebagai investasi Anda

beli rumah
sumber gambar : sailendraland.com

Jika kita punya uang lebih, jangan sampai tergiur dengan jalan-jalan di tempat mewah dengan teman hanya sekedar untuk pamer di medsos. Sebaiknya, belikan uang tersebut untuk membeli barang yang bernilai ketika di jual kembali. Contohnya: emas, rumah dan tanah.

7. Menjaga lingkungan

menjaga lingkungan
sumber gambar : evariyantylubis.com

Menjaga lingkungan disini adalah dengan menggunakan energi alam secukupnya. Misal, gunakan listrik seperlunya. Jangan sampai Anda malah membuat tagihan listrik menjadi membengkak.

8. Tidak meremehkan uang kecil

Kekayaan Pengusaha Sukses

Ketika kita mendapatkan uang receh, terkadang kita meremehkannya. Kita tidak menyimpannya secara teratur sehingga menghilangkannya. Padahal, kalau kita kumpulkan uang recehan tersebut uang tersebut akan menjadi sebuah nilai yang besar.

“sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit”

9. Tidak terpengaruh pergaulan

tidak terpengaruh pergaulan
sumber gambar : jejakimani.com

Terkadang godaan untuk hemat datang dari teman kita sendiri. Ketika teman mengajak untuk bermain di tempat yang cukup mewah atau menegeluarkan uang yang tidak sedikit, kita malah setuju dan turut menghambur-hamburkan uang.

Bukan berarti bahwa kita tidak boleh bersenang-senang dengan teman. Namun, sebaiknya aturlah kegiatan tersebut sehemat mungkin.

10. Disiplin menabung

ayo menabung
sumber gambar : muhamadmisbah1999.blogspot.com –

Dari sekarang, silahkan tanamkan niat dan tekad pada diri Anda untuk menabung secara rutin. Misal, setiap hari dengan angka 5 ribu rupiah. Lakukan kegiatan tersebut secara konsisten. Maka tidak mustahil Anda dapat mempunyai tabungan untuk masa depan dengan mudah.

11. Selalu menjaga kesehatan

jaga kesehatan
sumber gambar : seputarkesehatan604.wordpress.com

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Pepatah tersebut mungkin pernah terngiang di telinga Anda. Nah, hal tersebut memang tepat sekali. Sebaiknya, jagalah kesehatan Anda. Hal tersebut dapat menghemat pengeluaran Anda dari biaya berobat.

12. Boleh menuruti keinginan tapi dengan suatu batasan

Boleh menuruti keinginan tapi dengan suatu batasan

Menghemat bukan berarti keinginan pribadi selalu tidak boleh dilakukan. Anda dapat membeli barang keinginan Anda. Namun, dengan syarat daftar list pengeluaran dan kebutuhan Anda yang sangat urgent telah terpenuhi. Pastikan pula bahwa penghasilan Anda memang tidak berada di bawah batas pengeluaran Anda.


Itulah manfaat hidup hemat yang bisa kita dapatkan jika kita menjadikannya sebagai kebiasaan hidup. Semoga bermanfaat. Bagi Anda yang tahu akan manfaat hidup hemat lainnya, yuk kita berdiskusi. Silahkan masukan di kolom komentar.

Leave a Comment