Cara Agar Hubungan Tidak Membosankan, Makin Lengket & Langgeng

Cara Agar Hubungan Tidak Membosankan, Makin Lengket & Langgeng

Cara agar hubungan tidak membosankan dari setiap pasangan memang berbeda-beda. Bosan dalam suatu hubungan memang terkadang dapat muncul menganggu tali asmara yang ada. Terutama hubungan yang telah terjalin lama. Namun, hal tersebut bukanlah suatu hal yang harus kita hindari, tapi harus kita hadapi dengan berbagai cara.

Bosan dalam suatu hubungan memang terjadi karena berbagai macam hal. Pada umumnya, bosan ini terjadi karena kita sering melakukan kegiatan yang sama sehingga monoton. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan keadaan bosan ini. Anggaplah hal ini menjadi asam garam bagi hubungan Anda. Kuatkan tekad dan carilah cara-cara agar dapat merubah suasana ini.

Bagi Anda yang sedang mencari cara agar hubungan tidak membosankan, batasketik akan membagikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut 20 cara yang dapat Anda lakukan:

1. Buat Kegiatan Baru

Cara Agar Hubungan Tidak Membosankan

Cara membuat hubungan tidak jenuh yang pertama adalah dengan membuat kegiatan baru bersama pasangan. Hal itu penting dilakukan karena biasanya hubungan terasa bosan karena kegiatan sama yang dilakukan berulang-ulang.

Bicarakan baik-baik dengan pasangan mu. Cari kegiatan baru yang disukai keduanya. Misalnya, mencoba hobi baru, main game atau kegiatan lainnya yang memang jarang dilakukan bersama.

2. Hindari Untuk Mebahas Diri Anda Secara Berlebihan

Cara Agar Hubungan Tidak Membosankan

Ketika sedang melakukan percakapan, sebaiknya jangan hanya membahas diri Anda secara terus menerus. Hal ini tentu akan membuat pasangan Anda hanya jadi pendengar. Lama-kelamaan pasangan tentu akan merasa bosan.

Terutama yang sedang menjalani hubungan jarak jauh. Tips ini sangat ampuh sebagai cara agar hubungan tidak membosankan saat LDR.

Berikan kesempatan agar pasangan menceritakan tentang dia sendiri. Atau bahkan tanya saja jika perlu, agar pasangan tidak hanya menjadi pendengar saja setiap melakukan pembicaraan.

3. Buat Topik Baru Ketika Sudah Muncul Pertanda Bosan

Cara Agar Hubungan Tidak Membosankan

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah cara berkomunikasi dengan pasangan agar tidak bosan. Ketika kita melakukan komunikasi, utamanya dalam bentuk chatt atau sms. Terkadang pasangan sampai pada keadaan hanya membalas singkat seperti “oh”, “ya”, “betul”. Pernah bukan?

Nah, jika sudah sampai ke tahap seperti itu, berarti pasangan Anda sudah mulai bosan. Coba carilah topik pembicaraan yang baru. Carilah topik yang kalian sukai masing-masing. Khususnya yang LDR, metode ini sangat berpengaruh.

Perlu Anda perhatikan juga, jangan sampai Anda keseringan melakukan percakapan basic, seperti “sudah makan?”, “lagi apa?” dan lain sebagainya. Jika Anda melakukan percakapan itu secara terus menerus maka tentu akan membuat pasangan Anda bosan.

4. Jangan Terlalu Serius, Selipkan Kata-Kata Humor

Cara Agar Hubungan Tidak Membosankan

Cara membuat hubungan agar tidak membosankan selanjutnya ialah “Jangan terlalu serius! Selipkan kata-kata humor ketika melakukan komunikasi dengan pasangan.

Siapa yang betah dengan pasangan yang selalu serius? Setiap yang dibicarakan selalu ditanggapi dengan serius dan formal. Hindari itu.

Buat pasangan Anda tersenyum dengan perkataan humor Anda. Meskipun humor Anda berada pada tingkat “jangkrik”, setidaknya pasangan Anda akan tertawa melihat usaha kita.

5. Membuat Rencana Kegiatan Keluarga

membuat daftar solusinya dengan bentuk list

Hubungan bersama pasangan kadang terasa jenuh karena tidak ada agenda khusus yang akan dilakukan. Oleh karena itu, buatlah jadwal baik perminggu atau perbulan untuk melakukan kegiatan bersama keluarga.

Selain membuat tidak jenuh, membuat jadwal dan melakukan kegiatan khusus bersama keluarga dapat mempererat hubungan kita bersama pasangan.


Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Pribadi Yang Berat Dan Bertubi-Tubi


6. Liburan / Bertamasya

Cara Agar Hubungan Tidak Membosankan

Cara agar suatu hubungan tidak membosankan lainnya adalah dengan melakukan liburan atau bertamasya bersama. Hal ini cukup ampuh untuk dilakukan.

Kegiatan sehari-hari yang penat. Tekanan lingkungan kerja. Hal itu tentu membuat kita stress. Nah, dengan melakukan liburan bersama, tentu akan membuat pasangan kita terhibur dan tidak bosan.

7. Melakukan Hobi Pasangan

Cara Agar Hubungan Tidak Membosankan

Setiap insan biasanya mempunyai suatu kegiatan yang disebut Hobi. Nah, agar tidak merasa jenuh. Lakukanlah hobi pasangan Anda. Temani pasangan Anda untuk melakukan hobinya. Selain dapat mencoba hal yang baru, hubungan dengan pasangan Anda akan menjadi lebih lengket.

Pasangan Anda akan merasa sangat senang bila ada teman dalam melakukan hobi. Lakukanlah kegiatan ini secara bergantian jika memungkinkan. Contoh, ajak pasangan Anda untuk melakukan hobi Anda dalam seminggu sekali atau sebulan sekali. Begitupun sebaliknya, tanya hobi pasangan Anda. Kemudian coba lakukan bersama-sama.

8. Saling Mengerti Dalam Membagi Tugas Keluarga

Pekerjaan rumah memang sangat banyak sekali. Belum keluarga yang telah diberikan momongan. Atau keluarga yang mempunyai orang tua yang harus di rawat karena faktor usia.

Nah, agar hubungan Anda langgeng, pastikan jangan sampai egois. Biasanya suami yang sering cuek akan hal ini. Sebaiknya, sebagai suami, bantulah pasangan Anda dalam mengerjakan tugas tersebut. Selain dapat meringankan pekerjaan rumah, istri Anda akan merasa sangat senang karena pasangan hidupnya benar-benar mengerti akan keadaanya.

9. Berikan Kejutan

Cara Agar Hubungan Tidak Membosankan

Cara ini sangat ampuh membuat pasangan Anda menjadi lebih lengket. Berikan kejutan walaupun tidak dalam momen khusus. Misalnya, walaupun tidak dalam memperingati hari pernikahan, berikan istri Anda kejutan dengan memberikan bunga, bingkisan atau hadiah lainnya.

10. Jangan Terlalu Mengekang

Cara Agar Hubungan Tidak Membosankan
sumber gambar : ask.fm

Hal yang satu ini sangat berpengaruh terhadap kelanggengan hubungan Anda. Siapa yang senang dengan pasangan yang terlalu mengekang? Harus inilah, harus itulah. Setiap jam di telepon “lagi dimana?”, “lagi dengan siapa?”, “buruan pulang!”. Coba bayangkan! Nyamankah? Tidak bukan.

Meskipun mungkin ada pasangan yang memang suka pasangan yang protektif, tapi pada umumnya pasangan cenderung menginginkan kebebasan.

11. Buat Kegiatan Hiburan

Cara Agar Hubungan Tidak Membosankan

Jangan sampai salah mengartikan. Maksud disini bukan berarti harus ngundang penyanyi atau biduan yaa.

Maksudnya, coba Anda buat kegiatan bersama keluarga yang sifatnya hiburan. Misalnya tebak-tebakan. Maen game bareng. Seru bukan? Selain menghilangkan kebosanan, kegiatan ini akan membuat hubungan Anda lebih erat.

12. Hindari Kegiatan Atau Sikap Yang Tidak Disukainya

Setiap orang tentu mempunya kegiatan atau sifat yang tidak disukai. Nah, coba saling terbuka. Ajak pasangan Anda untuk membicarakan sikap apa yang tidak disukai dari Anda.

Meskipun pada hakikatnya pasangan harus menerima keadaan dan sifat dari pasangannya, namun tidak setiap hal bisa ditorelir.

Jadi, jangan sampai Anda berikap atau melakukan kegiatan yang tidak disukai oleh pasangan Anda.

13. Jujur Kepada Pasangan

jujur kepada pasangan
sumber gambar : islami.co

Sifat ini menjadi kunci dalam hubungan Anda. Siapa coba yang senang jika dibohongi oleh pasangan hidupnya? Tidak ada bukan?

Nah, agar hubungan Anda awet atau langgeng, sebaiknya jujurlah kepada pasangan. Ceritakan setiap hal dengan terbuka. Diskusikan dengan pasangan bila menemui masalah. Jalani bersama bukan ditutupi.

14. Kurangi Mengeluh

Kurangi Mengeluh

Siapa yang suka dengan pasangan yang “hobinya hanya mengeluh”? Setiap ketemu, setiap ngobrol, ngeluh saja kerjaannya. Hal ini tentu membuat pasangan Anda bosan.

Sebaiknya utarakan keluhan jika memang sangat mengganjal di hati Anda. Utarakan juga dengan bahasa yang memang lebih baik “bukan dengan keluhan, menyalahkan, atau sebagainya”.

15. Berikan Perhatian, Tapi Sesuai Dosis

Berikan perhatian

Memberikan perhatian kepada pasangan sangat penting. Hal yang sering dilakukan, khususnya yang melakukan hubungan LDR pada umumnya adalah dengan menanyakan bahasan seperti “sudah makan?”, “lagi apa?”atau pertanyaan lainnya.

Hal ini cukup berguna untuk membuat hubungan langgeng. Perhatikan pula dosisnya. Jangan sampai Anda keseringan menggunakan percakapan ini dalam seharinya. Karena jika keseringan bukannya senang, tapi malah bosan.

Selalu berikan perhatian, tapi tak berlebihan. Jika ingin menyampaikan perhatian, cobalah menggunakan cara yang berbeda-beda. Jangan monoton.

16. Berikan Waktu Untuk Sendiri

Berikan Waktu Untuk Sendiri

Memberikan waktu untuk menikmati waktunya sendiri untuk pasangan merupakan hal yang penting. Biarkan pasangan merasakan rindu terhadap Anda. Jangan sampai baru saja pasangan Anda keluar rumah 10 menit, Anda sudah menanyakan “lagi dimana?”, “buruan pulang”.

Berikan pula pasangan Anda untuk berinteraksi sosial dengan lingkungan, teman atau saudaranya. Hal ini agar pasangan Anda dapat sedikit menikmati “waktunya” sendiri.

17. Menerima Kondisi Pasangan

Menerima Kondisi Pasangan

Setiap seorang insan pasti memiliki kekurangan. Kalau kata guru konseling saya :

“Tidak ada yang sempurna di Dunia ini kecuali merk rokok”.

Menerima kekurangan pasangan Anda merupakan suatu hal yang harus dilakukan dalam berhubungan. Tidak jarang hubungan orang cepat berakhir karena tidak menerima kondisi pasangannya.

Menerima kekurangan disini dalam tanda kutip yaa. Misal kekurangan disini adalah seperti kondisi keuangannya, atau kondisi fisiknya. Bukan kekurangan seperti “sering mabuk, berbohong, judi atau hal negatif lainnya”. Jika kekurangan yang bentuknya negatif seperti itu, langsung segera diskusikan dengan pasangan Anda. Atau berikan dorongan agar dia bisa berubah.

18. Selalu Berpikiran Positif

Pikiran yang negatif dan saling curiga membuat hubungan tidak akan bertahan lama. Pikiran negatif akan membuat Anda terlalu mengekang pasangan. Hal ini tentu membuat pasangan Anda cepat bosan dan merasa jengkel.

Jadi, cobalah selalu berpikiran positif terhadap pasangan Anda. Berikan kepercayaan kepada pasangan Anda.

19. Saling Memaafkan Jika Salah Kemudian Lupakan

saling memaafkan

Kesalahan terkadang muncul dalam kehidupan berpasangan. Oleh sebab itu, ketika pasangan Anda melakukan kesalahan, maafkanlah selama memang kesalahannya masih dapat dimaklumi.

Satu hal lagi, jangan sampai Anda mengungkit-ngungkit kesalahannya. Hal ini akan membuat pasangan Anda jengkel setelah meminta maaf. Tidak akan lama, maka setelahnya godaan bosan pun akan segera datang kepada pasangan Anda.

20. Berikan Pujian Dan Saling Menghargai

Berikan Pujian Dan Saling Menghargai
sumber gambar : katasiana.com

Hal ini sering kita lupakan. Ketika istri sudah susah payah untuk dandan secantik mungkin. Kita malah bilang “tumben dandan, biasanya berantakan banget”. Coba deh pikirkan lagi? Pasti pasangan Anda sedih. Usahanya tampil cantik untuk suaminya  malah tidak dihargai.

Sebaliknya, ketika suami bekerja dan belum mendapatkan penghasilan yang menguntungkan di hari itu. Maka jangan sampai Anda bilang “heuuuhhh, mau makan apa kalau Cuma segini, tumis tanah?”. Hal ini tentu membuat suami sakit hati.

Sebaiknya, hargailah setiap usaha dari pasangan Anda. Berikan beberapa pujian. Anda bisa memberikannya dari berbagai aspek kehidupan.

Misalnya, “penampilan kamu sangat cantik, saya suka”. “Alhamdulillah, mas bisa bawa uang hari ini”.

Walaupun tidak seberapa, perkataan tersebut membawa perasaan yang signifikan terhadap pasangan Anda.


Itulah tips atau cara agar hubungan tidak membosankan, awet dan langgeng. Semoga kita diberikan hubungan yang awet dan langgeng dengan pasangannya yaa. Tetap semangat. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ada saran lain tentang cara agar hubungan tidak membosankan? Silahkan berdiskusi di kolom komentar.

Leave a Comment