Cara Mengatasi Masalah Pribadi Yang Berat Dan Bertubi-Tubi

Cara Mengatasi Masalah Pribadi Yang Berat Dan Bertubi-Tubi

Bagaimana cara mengatasi masalah pribadi? Hal tersebut tentu menjadi sebuah pertanyaan tersendiri bagi Anda yang sedang mengalami masalah. Karena pada umumnya hidup manusia tidak akan pernah lepas dari masalah dan ujian.

Masalah dan ujian dapat menjadi tolak ukur bagi kualitas diri kita. Seseorang yang berhasil menghadapi masalah dalam hidupnya tentu membuat kualitas dirinya meningkat. Semakin sering orang tersebut menghadapi masalah dalam hidupnya, maka akan semakin baik pula kualitasnya. Tidak jarang, orang yang sudah sukses merupakan hasil mereka dari menghadapi masalah-masalah kehidupan yang Ada.

Rumit atau tidak, besar atau kecil hal tersebut dipengaruhi oleh bagaimana Anda menyikapi masalah yang Ada. Untuk membantu Anda dalam menemukan solusi atas permasalahan yang ada, kami akan sharing tentang bagaimana cara mengatasi masalah pribadi yang berat dan bertubi-tubi.

10 Cara Mengatasi Masalah Pribadi yang berat dan bertubi-tubi

Berikut 10 cara mengatasi masalah pribadi yang dapat Anda lakukan :

1. Tetap Tenang

hati yang selalu tenang

Ketika kita mendapatkan masalah, kesalahan yang sering kita lakukan adalah panik. Dari kepanikan itulah yang membuat masalah semakin bertambah berat dan datang bertubi-tubi. Oleh karena itu, jangan terbawa suasa dan hindari sikap panik. Coba tenangkan pikiran Anda.

Pikiran yang tenang dapat membuka mata dan pikiran Anda untuk menghadapi masalah dengan cara yang lebih baik. Untuk mendapatkan ketenangan, salah satunya adalah dengan berserah diri kepada Tuhan. Jangan pernah berusaha memikul masalah sendiri.

2. Temukan Sumber Masalah

Cara Mengatasi Masalah Pribadi yang berat

Pernahkah Anda mengatasi masalah tanpa menemukan sumber masalahnya? Hal ini sungguh sangat jarang sekali, bahkan bisa mendekati “tidak mungkin”.

Mengetahui sumber masalah merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Hal ini dapat membuat Anda dapat menemukan solusi lebih cepat dan akurat.  Jangan sampai Anda melakukan sebuah solusi yang bahkan tidak ada kaitannya dengan masalah yang menimpa pada diri Anda.

“Jadi apa yang haru saya lakukan?”

Coba telusuri alur terjadinya masalah ini bagaimana. Pertimbangkan setiap kemungkinan yang ada hingga membuat masalah tersebut terjadi.

3. Intropeksi Diri

Cara Mengatasi Masalah Pribadi yang berat

“Mawas diri”, itulah yang penting anda lakukan selanjutnya. Lihat lebih dalam mengapa masalah ini terjadi pada diri Anda. Jangan sampai Anda menyalahkan masalah ini kepada orang lain.

Setelah menemukannya, segera perbaiki kesalahan tersebut. Tindakan intropeksi diri ini jauh lebih baik daripada menyalahkan keadaan yang ada.

Sadar akan kesalahan pada diri, segeralah meminta maaf dan bertaubat.

4. Jangan Membesar-Besarkan Masalah

Cara Mengatasi Masalah Pribadi yang berat

Masalah kecil yang dibesar-besarkan tentu akan membuat semakin rumit dan berat. Hal ini biasanya terjadi karena pikiran Anda tidak memberikan porsi yang sesuai dengan masalah yang Anda terima.

Kontrol pikiran Anda dalam setiap menerima masalah. Jangan sampai Anda mempersulit diri. Bukan berarti menganggap remeh masalah kecil, namun jangan sampai membuat masalah yang kecil menjadi besar melalui pikiran Anda.


Baca Juga : Manfaat Rendah Hati | Lengkap! Pengertian, Dalil, Cara dan Contohnya


5. Cari Beberapa Solusi

Cari Beberapa Solusi

Setelah Anda tenang dan mengintropeksi diri, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari beberapa solusi yang bisa Anda lakukan. Bagaimana cara mencarinya? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

a. Sharing dengan pakarnya

Sharing dengan pakarnya

Bagi Anda yang sedang bekerja atau sekolah (pelajar), Anda dapat berkonsultasi dengan bagian konseling. Disana Anda akan dibantu bagaimana menemukan solusi yang tepat. Selain kerahasiaan yang dijamin, solusi yang diberikan akan sesuai dengan keadaan diri Anda.

Bila memang Anda berada dalam lingkungan keluarga. Anda dapat mencari solusi dengan cara mempelajari pengalaman orang tua. Ceritakan tentang masalah Anda dengan orang tua kemudian ambil hikmahnya dari pengalamannya.

b. Cari referensi

Cari referensi

Selain mendengarkan pengalaman dan konsultasi dengan ahlinya, jika memang Anda belum puas. Anda dapat mencari referensi bagaimana cara mengatasi masalah tersebut di buku-buku atau media online. Disana biasanya suka diberikan petunjuk bagaimana mengatasi masalah yang sedang menimpa diri Anda.

6. Buat Daftar Solusi Yang Bisa Anda Lakukan

Buat Daftar Solusi Yang Bisa Anda Lakukan

Membuat daftar solusi ini sangat berguna untuk mempertajam pemikiran Anda terkait solusi yang dihasilkan.

a. Anda dapat membuat daftar solusinya dengan bentuk list seperti biasa.

membuat daftar solusinya dengan bentuk list

Anda tinggal mencantumkan semua idea dalam bentuk daftar list sesuai dengan akar permasalahan dan penyebab yang ada. Nantinya Anda tinggal menandainya solusi mana yang pas dan bisa dilakukan oleh Anda.

b. Menggunakan metode mind mapping.

metode mind mapping
sumber gambar : mindmeister.com

Metode tersebut diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974, seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris. Tulis saja semua ide / solusi yang ada dalam pikiran Anda. Berikut langkah-langkah dari mind mapping:

  1. Tulis permasalahan utama di tengah-tengah kertas. Berikan lingkaran.
  2. Cantumkan penyebab sumber masalahnya. Simpan pada cabang-cabang yang keluar dari pusat masalah utama.
  3. Dari cabang-cabang penyebab masalah tersebut, tarik kesimpulan solusi apa saja yang dapat Anda lakukan dari setiap masalahnya.

Catatan:
Anda dapat menggunakan simbol atau bentuk kurung yang berbeda untuk mempermudah Anda dalam hal menandai mana yang masalah utama, penyebab dan solusi. Silahkan baca metode mind mapping ini di Wikipedia untuk lebih jelasnya.

c. Menggunakan tabel

Anda dapat menggunakan tabel seperti di bawah ini :

Masalah : 
NomorPenyebab MasalahSolusi Yang Memungkinkan
1................................................................................
2................................................................................
Solusi Yang Dapat Kita Lakukan :

d. Menggunakan metode fish bone

Metode fishbone
sumber gambar : elqorni.wordpress.com

Silahkan kunjungi link ini untuk membaca lebih lanjut terkait metode fish bone.


Baca Juga : Sudah Tahu? Inilah Manfaat Hidup Hemat dan Sederhana


7. Pikirkan Akibat Serta Dampak yang Ditimbulkan dari Keputusan yang Kita Ambil

Cara Mengatasi Masalah Pribadi yang berat

Setelah Anda membuat beberapa solusi dalam bentuk list atau diagram, silahkan cantumkan dampak atau akibat dari solusi yang ada bila ide tersebut di aplikasikan. Hal ini berguna agar masalah yang terjadi dapat tuntas.

8. Selalu Optimis dan Berpikiran Positif

Cara Mengatasi Masalah Pribadi yang berat

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”

Al Insyirah ayat 5

Cara ini sangat berguna agar Anda dapat selalu berjuang menghadapi setiap masalah yang Anda. Hal ini juga bermanfaat agar hati Anda tidak merasa dongkol dan selalu mengeluh akan masalah yang datang.

Tanamkan pada diri Anda, bahwa tidak ada masalah yang tanpa solusi. Selalu ada jalan dari setiap permasalahan yang Ada.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

Al Baqarah ayat 286

9. Dekatkan Diri dengan Tuhan

Mendekatkan diri dengan Tuhan merupakan hal yang sangat penting Anda lakukan. Serahkan setiap masalah yang Anda hadapi kepda Tuhan Yang Maha Kuasa.

Berdoa dengan penuh keyakinan dan yakin Tuhan akan memberikan jalan yang terbaik bagi kita. Meskipun kita tidak tahu kapan doa kita akan dikabulkan, terus saja dekatkan diri Anda dengan Yang Maha Kuasa.

Selain membuat pikiran kita menjadi tenang, kita juga akan mendapatkan kekuatan secara psikologis dengan melalui pendekatan diri ini.

10. Hadapi dan Atasi

Cara Mengatasi Masalah Pribadi yang berat

Cara yang terakhir setelah kita mengetahui masalah dan menemukan solusinya adalah dengan mengaplikasikan jalan keluar tersebut. Hadapi dan atasi setiap permasalahan yang ada. Jangan sampai Anda hanya memikirkan masalah dan solusi, tanpa dibarengi dengan tindakan. Semua itu akan sia-sia saja.

Kesalahan lainnya dari kita ketika menerima masalah adalah dengan lari dari keadaan tersebut. Padahal lari dari masalah tidak akan menyelesaikannya. Hadapi masalah tersebut. Jangan sampai menyerah.


Itulah sedikit pembahasan mengenai cara mengatasi masalah pribadi yang berat dan bertubi-tubi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah yang ada. Semoga Tuhan selalu memberikan perlindungan kepada kita. Tetap semangat, jangan stress. Pasrahkan semua pada Tuhan. Punya saran akan artikel ini? Silakan berikan komentar. Terima kasih.

Leave a Comment