Jenis Tanaman Hias Batang, Coba Deh !! Pasti Cantik Banget

Jenis Tanaman Hias Batang, Coba Deh !! Pasti Cantik Banget

Tidak hanya daun dan bunga yang dapat menjadi penghias teras, Anda juga dapat memilih jenis tanaman hias batang untuk mendesain taman rumah Anda. “Loh, emang ada tanaman hias batang?”. Mungkin bagi sebagian orang, tanaman hias batang masih terdengar asing. Padahal, jenis tanaman hias batang tidak kalah cantik dengan bunga dan daun looh.

Tanaman hias batang merupakan tumbuhan hias yang mempunyai keunikan dan kecantikan estetika dari batang yang dimilikinya. Bahkan sekarang ini, telah ada berbagai macam jenis tanaman hias batang yang sangat populer.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari jenis tanaman hias batang, pada artikel kali ini batas ketik akan sharing sedikit mengenai hal tersebut.

7 Jenis Tanaman Hias Batang

7 jenis tanaman hias batang

Berbagai macam tanaman hias memang membuat Anda bingung bukan harus pilih yang mana? Sudah coba tanaman hias batang? Belum? Nah, tidak ada salahnya Anda memilih tanaman hias batang. Hal ini karena tanaman hias batang cenderung sangat unik di banding bunga dan daun.

Nah bagi Anda yang sedang bingung harus memilih jenis tanaman hias batang mana yang harus Anda pilih, berikut beberapa yang kami rekomendasikan:

1. Palem

jenis tanaman hias batang

Berdasarkan beberapa referensi, ada dua jenis palem yang biasa digunakan sebagai tanaman hias batang.

a. Palem Bambu

jenis tanaman hias batang

Meskipun namanya palem bambu, namun tanaman ini tidak termasuk kedalam jenis bambu-bambuan. Tanaman palem bambu merupakan jenis tanaman hias batang yang sering dibudidayakan. Tanaman ini biasanya sering dijual di daerah Bandung Barat.

Pohon palem bambu ini biasanya sering digunakan untuk mendesain ruangan (indoor). Cara tumbuh dari tanaman hias ini adalah bergerombol. Hal itulah yang membuatnya terlihat unik dan cantik.

Selain sebagai penghias ruangan, tanaman palem bambu ini juga bermanfaat di bidang kesehatan. Palem bambu dipercaya dapat membersihkan udara di sekitarnya. Bahkan, tidak jarang, palem bambu sering ada di ruangan bioskop. Hal ini bertujuan agar terlihat indah dan sejuk.

Berikut kelebihan dari tanaman palem bambu:

  • Mampu hidup di ruangan yang menggunakan air conditioner
  • Jenis daun yang dimilikinya kuat
  • Pada umumnya, umur dari pohon ini panjang dan kuat
  • Mampu membersihkan udara di sekitarnya

b. Palem Merah

jenis tanaman hias batang
sumber gambar : bukalapak.com

Jenis ini memang sangat populer. Sesuai dengan namanya, palem ini memiliki batang yang berwarna merah. Hal inilah yang membuatnya terlihat sangat unik. Namun, tanaman ini sudah sangat jarang ditemukan. Hal ini dikarenakan tanaman ini cukup sulit untuk di budidayakan.


Baca Juga : Tanaman Cantik Penghias Teras | Coba Deh, Hasilnya Waw Banget !


2. Kaktus Mini

kaktus mini

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang berduri ini? Tidak jarang, tumbuhan ini kerap kita temukan di pekarangan rumah-rumah. Pada umumnya, tanaman hias kaktus yang sering digunakan adalah yang berukuran mini. Hal ini biasanya di rawat pada sebuah pot.

Tanaman kaktus sering digunakan juga sebagai souvenir di acara-acara pesta pernikahan. Tanaman ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Bentuk daunnya sedikit tajam dan dapat mengurangi penguapan pada dirinya
  • Jenis batangnya berlapis lilin yang berfungsi untuk mempertahankan kadar air dalam tubuh kaktus
  • Jaringan spon yang ada pada batang kaktus dapat berfungsi sebagai menyimpan kadar air

Terdapat macam-macam kaktus mini yang sangat indah untuk digunakan sebagai tanaman hias batang. Berikut macam-macamnya:

a. Mammillaria Fraileana

Mammillaria_fraileana

Penampilannya memang sedikit agak rame. Kaktus ini memiliki bunga dan duri yang sangat lebat. Ciri-ciri dari kaktus mammillaria fraileana adalah durinya yang berwarna coklat kemerahan dan bunga yang bisa tumbuh besar dan mencabang.

b. Ferocactus

Ferocactus_pottsii

Meskipun tidak mengeluarkan bunga, kaktus ini memiliki keunikan tersendiri. Keunikan dari kaktus ferocactus adalah dari durinya. Duri dari pohon ini dapat mambuat jatuh hati setiap orang yang memandangnya. Bentuk dari durinya agak besar dengan warna merah jambu.

c. Gymnocalycium

Gymnocalycium

Ukuran dari durinya memang agak besar. Namun, kaktus jenis ini memiliki keunikan dari bentuknya yang menyerupai buah labu. Selain itu, kaktus jenis gymnocalycium memiliki tanduk. Dimana setiap tanduk yang dimilikinya akan mengeluarkan bunga bermekaran.

d. Haworthia Attenuata

Haworthia Attenuata

Tahu tanaman lidah buaya? Nah, jenis kaktus haworthia attenuata mirip sekali dengan lidah buaya. Perbedaannya dengan lidah buaya, kaktus ini memiliki corak garis putih seperti hewan zebra. Pada setiap pinggir batangnya dipenuhi dengan duri kecil.

Kaktus yang sering dipanggil dengan tanaman zebra ini berasal dari daratan Afrika. Meskipun tempat asalnya terkenal panas dan tandus, namun tanaman ini memiliki keunggulan mampu bertahan ditempat yang minim cahaya.

e. Melocactus

Melocactus

Keindahan dari kaktus ini adalah terletak dari duri dan bunganya. Pada bagian atas batangnya, tumbuh bunga kecil yang menyerupai mahkota. Duri yang tumbuh pada batangnya berjajar rapi. Warna duri dan bunga yang kontras menambah kecantikan dari kaktus ini.

f. Mammillaria Elongata

Mammillaria elongata

Tanaman kaktus jenis ini tidak memerlukan keahlian khusus. Perawatannya juga tidak terlalu sulit. Anda hanya tinggal menempatkan tanaman ini di tempat yang teduh, maka kaktuis ini pun mampu bertahan hidup lebih lama.

Kaktus mammillaria elongata memiliki batang yang cukup banyak. Permukaannya memiliki duri-duri halus yang sangat lebat. Durinya berwarna kuning. Pada setiap pucuk pada batang kaktus, akan mengeluarkan bunga berwarna putih.

3. Kamboja

bunga kamboja

Terdapat dua jenis tanaman kamboja yaitu yang biasa dan adenium (jepang). Tanaman kamboja biasa dapat Anda temukan di daerah sekitar pemakaman atau kuburan. Kamboja biasa memiliki bentuk batang yang kecil serta bentuk yang normal untuk akarnya dan tidak menyerupai umbi. Bagian atasnya lebih besar dan memanjang.

Untuk tanaman kamboja Jepang, bentuknya terdapat perbedaan dengan yang biasa. Ukuran batangnya lebih besar. Kemudian, bagian akarnya menyerupai umbi. Berikut ciri-ciri dari tanaman hias batang kamboja Jepang:

  • Kulit batangnya halus dengan warna hijau dan keputih-putihan.
  • Terdapat mata tunas yang tidak bergetah di setiap 2-3 cm batang.
  • Bagian dalam (daging) batangnya berwarna putih dan basah.

4. Bambu Air

jenis tanaman hias batang
sumber gambar : bukalapak.com

Walaupun namanya bambu air, tanaman ini tidak hidup di air. Tanaman hias bambu air hidup di daratan tetapi dengan media tanah yang basah bahkan hingga tergenang air. Tanaman ini memiliki dua jenis yaitu bambu air hijau dan belang hijau putih.

Bambu air ini merupakan tanaman hias yang cukup populer. Bahkan telah banyak orang yang membudidayakannya. Tinggi dari tanaman ini hanya mencapai 3 meter saja. Ukuran diameter batangnya lebih kecil di bandingkan dengan jenis-jenis tanaman bambu lainnya.

Tanaman dengan daun yang tumbuh di antara sendi-sendinya ini sering dikenal juga dengan nama paku ekor kuda. Hal ini dikarenakan bambu air memiliki tekstur yang runcing dan warnanya hijau seperti tanaman paku.

Bambu air banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini karena tidak sulit dalam melakukan perawatannya. Selain bentuknya yang cantik dan cocok di jadikan sebagai tanaman hias indoor, bambu air juga dipercaya memiliki hoki yang bagus jika disimpan di dalam rumah.

5. Bambu Kuning

bambu kuning
sumber gambar : youtube

Tanaman hias bambu kuning sering dipilih masyarakat karena kecantikannya. Selain bentuknya yang mini, tanaman ini memiliki cabang atau ruas batang yang warnanya kuning. Itulah sebabnya mengapa tanaman ini disebut dengan bambu kuning mini.

Jenis ini biasanya digunakan sebagai ornamen taman atau pembatas dari suatu lahan. Bahkan, bambu ini sering dijadikan sebagai pagar rumah. Bambu kuning juga sering digunakan sebagai edging atau background. Namun, agar terlihat cantik diperlukan tanaman yang banyak dan berkelompok agar terlihat rimbun.

Sebagai informasi pula, tanaman ini biasa digunakan sebagai tanaman pengobatan alternatif di Cina dan India.

6. Tagi

tagi bonsai bambu
sumber gambar : youtube

Tanaman hias batang selanjutnya adalah Tagi. Tanaman ini merupakan bambu kuning yang antik. Hal ini dikarenakan bantuk batangnya yang unik dan terlihat magis. Bahkan, bila Anda mampu membentuknya dengan baik, tanaman ini bisa menjadi terlihat lebih memukau ketika di pandang.

7. Bonsai

bonsai

Bagi Anda yang sering kontes tumbuhan, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bonsai. Tanaman legendaris ini sangatlah populer dikalangan pecinta tanaman hias. Bonsai merupakan tanaman asli Jepang yang memiliki keunikannya tersendiri. Keunikan bonsai yaitu bentuknya yang merupakan sebuah pohon kecil yang hidup dalam sebuah pot kecil dengan bentuk batang dan akar yang sangat indah.

Sebenarnya, tanaman bonsai ini merupakan pohon besar. Namun, karena bertujuan untuk dibuat sebagai hiasan atau miniatur, bonsai kerap di tanaman dalam pot yang dangkal sehingga tanaman ini tidak akan bisa tumbuh besar.

Tanaman ini bisa Anda kembangbiakan dengan cara mencangkoknya. Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki batang yang berkambium dan memiliki akar tunggang.


Itulah jenis tanaman hias batang yang batasketik rekomendasikan. Semoga dapat membantu Anda dalam mencari tanaman hias batang apakah yang cocok untuk pekarangan atau di dalam rumah Anda. Terima kasih telah berkunjung.

Leave a Comment