Profil Pengusaha Muda Sukses Nadiem Makarim, Pendiri Gojek

Profil Pengusaha Muda Sukses Nadiem Makarim, Pendiri Gojek

Siapa yang tidak penasaran mencari profil pengusaha muda sukses Nadiem Makarim? Seiring dengan semakin “booming” nya nama Go-Jek di Indonesia, nama Nadiem Makarim semakin terkenal.

Biodata Nadiem Makarim

profil pengusaha muda sukses Nadiem Makarim
sumber gambar : kinibisa.com
Nama: Nadiem Makarim
Tempat/Tanggal Lahir: Singapura / 4 Juli 1984
Warga Negara : Indonesia
Agama : Islam
Nama Ayah: Nono Anwar
Nama Ibu: Atika Algadrie
Nama Istri: Franka Franklin
Anak: Solara Franklin Makarim

Baca Juga : Daftar Pengusaha Muda Indonesia Yang Inspiratif, Yuk Simak Ceritanya


Biografi Nadiem Makarim

profil pengusaha muda sukses Nadiem Makarim
sumber gambar : cbc.com

Nadiem Makarim merupakan seorang pendiri dari perusahan GoJek Indonesia. Perusahaan tersebut berupa jasa transportasi dengan menggunakan ojek berbasis daring. Teknologi yang canggih serta segala kemudahan yang ditawarkan kepada penggunanya membuat jasa perusahaan ini banyak diminati.

Latar Belakang Nadiem Makarim

latar belakang nadiem makarim
sumber gambar : victorynews.id

Pria yang memiliki dua saudara perempuan ini merupakan anak dari ayah yang berprofesi sebagai seorang pengacara yaitu Nono Anwar yang berasal dari Pekalongan. Ibunya bernama Atika Algadrie dari Pasuruan yang merupakan pekerja di bidang non-profit.

Menikah pada tahun 2014 dengan Franka Franklin, Nadiem dikarunia seorang anak bernama Solara Franklin Makarim.

Pendidikan Nadiem Makarim

pendidikan Nadiem Makarim
sumber gambar : hastagmu.com

Nadiem Makariem menempuh bangku pendidikan Sekolah Dasar hingga SLTA dengan berpindah-pindah dari Jakarta ke Singapura. Lulus SMA di Singapura, Ia kemudian melanjutkannya pada tahun 2002 dengan mengambil jurusan International Relations di Brown university, Amerika Serikat.

Tidak cukup meraih gelar sarjana, ia kemudian mengambil pasca sarjana di Harvard Business School. Ia kemudian meraih gelar Master of Business Administration di Harvard.

Kekayaan Nadiem Makarim

Kekayaan Pengusaha Sukses

Dikutip dari Liputan 6, dalam daftar yang dirilis Globe Asia, terdapat 5 orang terkaya yang usianya masih dikisaran 30 tahun. Salah satu diantaranya yaitu Nadiem Makarim. Kemudian, dari daftar orang terkaya yang dirilis Globe Asia tersebut, Nadiem menduduki posisi ke 150.

Total kekayaan Nadiem ditaksir mencapai USD 100 juta atau bila kita rupiahkan adalah sekitar Rp 1,4 Triliun.


Baca Juga : Pengusaha Bob Sadino: Kisah Sukses dan Motivasinya


Perjalanan Sukses Nadiem Makarim

Nadiem Makarim tidak sukses begitu saja, terdapat proses yang panjang hingga ia bisa mendirikan perusahaan Gojek. Semangat pantang menyerah serta kemauan yang kuat untuk berwirausaha membuat ia berhasil menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Berikut perjalanan dari Nadiem Makarim:

Konsultan manajemen di Mckinsey & Company

Konsultan manajemen di Mckinsey & Company
sumber gambar : cnbc.com

Pada tahun 2006, Nadiem bekerja sebagai konsultan manajemen di Mckinsey & Company. Perusahaan tersebut merupakan sebuah konsultan ternama di Jakarta. Nadiem menghabiskan 3 tahun untuk bekerja di konsultan tersebut.

Co-Founder dan Managing Editor Zalora Indonesia

Co-Founder dan Managing Editor Zalora Indonesia
sumber gambar : medium.com

Memperoleh gelar MBA, ia kemudian bekerja di Zalora Indonesia sebagai Co-Founder dan Managing Editor. Zalora Indonesia merupakan situs web belanja yang menyediakan kebutuhan pakaian dengan berbagai macam merk lokal maupun internasional.

Chief Innovation Officer (CIO) Kartuku

Chief Innovation Officer (CIO) Kartuku
sumber gambar : generasimandiri.id

Keluar dari Zalora Indoensia, Nadiem kemudian menjadi Chief Innovation Officer (CIO) Kartuku. Perusahan tersebut merupakan penyelenggara Third Party Processor (TPP) dan Payment Service Provider (PSP) di Indonesia yang menyediakan layanan solusi pembayaran. Perusahaan ini dikenal akan penyedia layanan pembayaran non tunai dengan menggunakan teknologi EDC.

Mendirikan Gojek

profil pengusaha muda sukses Nadiem Makarim
sumber gambar : ilovelife.co.id

Saya tidak betah bekerja di perusahaan orang lain, saya ingin mengontrol takdir saya sendiri

Nadiem Makarim

Berbekal banyak pengalaman dari pekerjaan sebelumnya, ia kemudian memutuskan untuk resign dan merintis perusahaan Gojek pada tahun 2011.

Ide bisnis transportasi tersebut ia peroleh ketika ia berdiskusi dengan tukang ojek langganannya. Nadiem memang jarang menggunakan mobil karena tingkat mobilitasnya yang tinggi.

Hasil dari pembicaraanya tersebut diperoleh bahwa hampir sebagian besar tukang ojek menghabiskan waktunya untuk menunggu pelanggan saja, sehingga susah sekali utuk mencari pelanggan. Selain itu, orang-orang cenderung menggunakan taksi karena waktu itu taksi lebih mudah untuk ditemukan.

Disisi lain, Nadiem mempertimbangkan bahwa Jakarta memiliki masalah dalam hal kemacetan. Berdasarkan beberapa hal pertimbangan itulah maka Nadiem mendirikan Gojek untuk mengatasi masalah transportasi di Jakarta.

Awal Mula Gojek

Awal Mula Gojek
sumber gambar : cnnindonesia.com

Nadiem yang merupakan CEO dari Gojek pada mulanya hanya memiliki 20 driver saja. Sistem yang ditawarkan oleh ia pun hanya melalui telepon call center. Pelanggan harus menghubungi call center untuk mendapatkan layanan driver terdekat.

Jumlah karyawan dan driver yang terbatas tidak membuat dirinya goyah. Hingg akhirnya ia pun mendapatkan suntikan dana dari perusahaan investasi asal singapura yaitu Northstar Group.

Berkembang secara signifikan, Gojek pun mendapatkan investasi lagi dari dua perusahaan yaitu Redmart Limited dan Zimplistic Pte Ltd.

Menjadi Perusahaan Teknologi Transportasi Besar di Indonesia

profil pengusaha muda sukses Nadiem Makarim
sumber gambar : inovasee.com

Nama Gojek akhirnya Booming di Indonesia pada tahun 2015. Hal ini karena Gojek merilis aplikasi mobilenya yang membuat pengguna dari Gojek semakin bertambah. Berkat kerja kerasnya, kini Gojek melayani lebih dari 50 kota di Indonesia dan memiliki lebih dari 300 ribu driver.

Perusahaan Gojek pun semakin berkembang, bahkan nilai kapitalisasi dari perusahaan ini mampu mencapai lebih dari 53 triliun rupiah. Hal ini membuat Gojek menjadi startup yang mempunyai nilai valuasi lebih dari 1 miliar dollar.


Itulah profil pengusaha muda sukses Nadiem Makarim. Semoga artikel ini dapat memberikan motivasi bagi Anda yang sedang merintis usaha. Jangan putus asa, terus semangat dan berdoa.

Leave a Comment