Pengusaha Bob Sadino: Kisah Sukses dan Motivasinya

Pengusaha Bob Sadino: Kisah Sukses dan Motivasinya

Pengusaha Bob Sadino telah dikenal menjadi seorang tokoh wirausaha. Cerita hidupnya dapat dijadikan sebuah motivasi bagi kita agar mau berusaha dan menjadi seorang wirausaha. Nah, bagi Anda yang belum tahu akan Bob Sadino, pada kesempatan kali ini kita akan sedikit mengenal tentang beliau.

Profil Pengusaha Sukses Bob Sadino

profil pengusaha bob sadino
sumber gambar : cermati.com

Latar Belakang

Nama asli dari Bob Sadino adalah Bambang Mustari Sadino. Pria yang dikenal dengan nama sebutan “Om Bob” ini lahir di Tanjung Karang, Bandar Lampung pada tanggal 9 Maret 1933.

Beliau lahir dari keluarga yang berkecukupan. Ayah dari Bob Sadino adalah Sadino yang merupakan seorang kepala sekolah. Ibunya adalah Itinah Soeraputra.

Beliau menikah dengan Soelami Soejoed yang kemudian dikarunia dua buah orang putri.

Pendidikan Bob Sadino

bangunan SMAN 4 Jakarta
sumber gambar : wikipedia.org

Terkait pendidikan Bob Sadino, Beliau mengenyam bangku SD di Yogyakarta. Kemudian melanjutkan SMP dan SMA di Jakarta. Pernah kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, namun keluar karena merasa tidak cocok.

Rumah Bob Sadino

rumah 2121 bob sadino
sumber gambar : dream.co.id

Selain kepribadiannya yang nyentrik, rumah dari Bob Sadino juga terbilang cukup unik. Beliau memiliki rumah yang dikenal dengan “tipe 21”. Rumah yang terletak di Lebak Bulus, Jakarta ini memang memiliki makna tersendiri.

Bambang Mustari Sadino menamai rumah tersebut dengan tipe 21 dikarenakan rumah tersebut didirikan di atas tanah sekitar dua hektar. Sehingga, memiliki makna dua hektar satu rumah.

Bob Sadino juga memiliki gerbang rumah yang unik. Pada gerbang rumahnya tersebut terdapat angka 2121. Angka tersebut dipasang beliau karena Bos Sadino tidak menyukai rumah layaknya nyonya-nyonya. Dilansir dari halaman dream, Bob Sadino mengutarakan bahwa 2121 mempunyai makna two one – two one (tuan-tuan).

Agama Bob Sadino

Agama yang dianut oleh Bob Sadino adalah Islam.

Anak dan Cucu Bob Sadino

anak cucu bob sadino
sumber gambar : kapanlagi.com

Menikah dengan dengan Soelami Soejoed, Beliau dikarunia dua buah orang putri yaitu Mira Andiani dan Shanti Dwi Ratih. Beliau juga dikarunai empat orang cucu.

Kekayaan Bob Sadino

kekayaan bob sadino

Jika Anda sedang mencari jumlah kekayaan Bob Sadino, sayang sekali. Kami belum menemukan berapakah jumlah kekayaan dari pengusaha nyentrik ini.

 


Baca Juga : Daftar Pengusaha Muda Indonesia Yang Inspiratif, Yuk Simak Ceritanya.


Pengusaha Bob Sadino Meninggal

pengusaha bob sadino meninggal
sumber gambar : old.solopos.com

Sempat dirawat selama dua bulan, pengusaha sukses ini menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta. Beliau meninggal pada hari Senin, tanggal 19 Januari 2015 setelah berjuang melawan penyakitnya yaitu infeksi saluran pernafasan kronis.

Beberapa sumber mengungakapkan bahwa Bob Sadino telah tidak sadar selama 2-3 minggu. Penyakit yang dideritanya tersebut terkait dengan faktor usianya yang telah lanjut serta kondisinya yang semakin menurun setelah istrinya meninggal lebih dulu pada Juli 2014.


Kisah Pengusaha Bob Sadino

kisah pengusaha bob sadino
sumber gambar : maxmanroe.com

Menerima Warisan di umur 19 tahun

Bob Sadino lahir dari keluarga yang berkecukupan. “Om Bob” merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara. Ketika umurnya 19 tahun, Bob Sadino mendapatkan seluruh harta warisan dari peninggalan orang tuanya. Hal tersebut ia terima karena saudara kandungnya yang lain telah dianggap hidup mapan.

Pernah tinggal di Belanda

Bob Sadino kemudian menggunakan sebagian hartanya untuk berkeliling Dunia. Dalam perjalanannya tersebut, Bob singgah dan menetap di Belanda selama kurang lebih 9 tahun. Beliau bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga Hamberg, Jerman. Bob juga menemukan pasangan hidupnya di Belanda yakni Soelami Soejoed.

Kembali ke Tanah Air

Bob dan keluarga kemudian kembali ke tanah air pada tahun 1967. Beliau turut membawa pulang 2 mobil mercedes miliknya buatan tahun 1960-an. Satu mobil beliau jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan dan mobil yang lainya ia gunakan sendiri.

Tinggal di Indonesia, Bob Sadino bekerja di PT. Unilever Indonesia. Namun, tekad untuk bekerja secara mandiri membuat ia keluar dari pekerjaanya. Beliau kemudian memanfaatkan satu mobil mercedesnya untuk dia sewakan dengan dia sendiri sebagai sopirnya.

Masalah Yang Dialami Bob Sadino

Usaha yang ia tekuni dengan mobilnya tersebut tidak berjalan dengan lancar. Mobil yang ia sewakan tersebut mengalami kecelakaan yang membuatnya rusak parah. Kerusakan yang dialami pada mobilnya membutuhkan biaya perbaikan yang mahal sehingga ia tidak bisa memperbaikinya.

Bob kemudian beralih pekerjaan dengan menjadi tukang batu. Beberapa referensi mengatakan bahwa gaji yang diterimanya kala itu hanya Rp 100,-. Hal itu membuatnya mengalami depresi berat akibat tekanan hidup.

Inspirasi Bob Sadino

Untuk melawan depresi yang dideritanya, Bob kemudian menerima saran dari temannya untuk memelihara ayam. Bob memperhatikan kehidupan dari ayam-ayamnya. Terbesit dalam pikirannya bahwa ayam saja bisa berjuang hidup, tentu manusia juga bisa. Akhirnya, munculah inspirasi untuk dia memulai usahanya.

Bob dan istrinya kemudian menjadi peternak ayam. Setiap hari Bob mampu menjual beberapa kilogram telur. Setelah berjualan selama setengah tahun, Bob dan istrinya memiliki banyak langganan. Fasih dalam bahasa inggris dan tinggal di Kemang, membuat banyak pula orang asing yang menjadi pelanggan dari mereka.

Tidak jarang Bob menerima masukan dari pembelinya. Namun, masukan tersebut ia terima untuk mengubah kualitas pelayanannya. Seiring berjalannya waktu, Bob kemudian berhasil mendirikan beberapa perusahaan.


Apa Usaha Bob Sadino?

Bob Sadino sedang duduk santai
sumber gambar : bisnisukm.com

Berawal dari menjual telur, Bob telah berhasil mendirikan beberapa perusahaan. Berikut beberapa perusahaan yang pernah didirikannya:

1. Kem Chicks

kem chicks
sumber gambar : enciety.co

Kem Chicks merupakan pasar swalayan yang berada di bawah naungan PT. Boga Catur Rata. Ia mendirikan Kem Chiks pada tahun 1970 yang berlokasi di Jl. Kemang Raya No. 3-5 DKI Jakarta. Konsep dari Kem Chicks ini adalah seperti supermarket yang menyediakan beragan produk pangan impor untuk masyarakat Jakarta.

2. Kem Food

kem food
sumber gambar : tokohinspirasi123.blogspot.com

Kemang Food Industries (Kem Food) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan daging. Modal awal perusahaan ini berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan pemegang saham tunggal yaitu PT. Boga Catur Rata.

Meningkatnya akan pesanan daging dan sosis, Bob Sadino kemudian mendirikan PT. Kemang Food Industries pada tahun 1975. Perusahaan ini didirikan di Jl. Pulo Kambing No. 11 Jakarta Industrial Estate Pulogadung Jakarta Timur.

3. Kem Farm

kem farm
sumber gambar : boombastis.com

Bidang Agribisnis memang menjadi fokus utama dari Bob Sadino dalam berbisnis. Bob Sadino mendirikan Kem Farm pada tahun 1980 yang berlokasi di Jl. Jend Gatot Subroto Kawasan Industri Candi Bl VIII/16-A, Semarang.

Kehebatan dari Bob Sadino adalah dari segi pengelolaan ladangnya. Kem Farm merupakan ladang sayur yang dikelola dengan sistem hidroponik. Dimana pada masa itu beluma ada seorang pun yang menggunakan sistem hidroponik ini.

4. The Mansion at Kemang

the mansion at kemang
sumber gambar : transit.navitime.com

Bisnis ini merupakan perpaduan antara apartemen, pusat perbelanjaan dan perkantoran. The Mansion at Kemang merupakan bisnis kerjasama Bob Sadino dengan pengembang Properti Agung Sedayu Grup.

Lokasi dari bisnis ini sama dengan Kem Chicks. The Mansion at Kemang memiliki 32 lantai dengan total ruang apartemen sebanyak 180 unit dan pertokoan 10 unit.

5. Kem Travel

kem travel
sumber gambar : justdial.com

Bisnis yang satu ini memang bukan pada bidang agribisnis. Kemang Nusantara Travel atau Kem Travel ini bergerak di bidang tour and travel. Kem Travel menawarakan perjalanan baik dalam maupun luar negeri.


Pengusaha Bob Sadino Sebagai Tokoh Wirausaha

Pengusaha bob sadino sebagai tokoh wirausaha
sumber gambar : bisnisukm.com

Tidak hanya sebagai pengusaha, Bob Sadino juga sering tampil di layar televisi untuk turut menularkan virus wirausaha. Beliau selalu memberikan motivasi kepada para pengusaha di Indonesia. Hal tersebut ia lakukan dengan membagikan pengalaman suka dan duka perjalanan bisnis yang ia alami.

Berikut beberapa motivasi yang diucapkan oleh Bob Sadino yang dikutip dari laman kaskus:

1. Setinggi apapun pangkat yang Anda miliki, Anda tetaplah karyawan. Sekecil kecilnya apapun usaha Anda, Anda adalah BOSnya

2. Berhenti membuat rencana, MELANGKAHLAH !

3. Orang Goblok sulit dapat pekerjaan, akhirnya buka usaha sendiri. saat bisnisnya berkembang, orang goblok mempekerjakan orang pintar

4. Dibalik setiap harapan selalu diikuti kekecewaan, jadi berhentilah berharap

5. Bisnis itu hanya modal dengkul bahkan jika Anda tidak punya dengkul pinjam dengkul orang lain

6. Semakin goblok seseorang akan kian banyak ilmu yang diperolehnya saya menggoblokan diri sendiri sebelum menggoblokan orang lain”

7. Kamu ini bangun pagi, mandi, pamit kerja, pake seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi pulang malam bayaran ga seberapa KERJA APA DI KERJAIN ?

8. Yang beneran punya, ngga akan banyak bicara seperti mereka yang berlaga SOK PUNYA

9. Setiap bertemu orang dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu


Itulah perjalanan singkat pengusaha Sadino. Semoga artikel ini menjadi motivasi bagi kita semua dalam melakukan usaha. Tetap semangat.

Leave a Comment