Makanan dan Minuman Sehat Untuk Diet, Ampuh Turunkan Berat Badan!

Makanan dan Minuman Sehat Untuk Diet, Ampuh Turunkan Berat Badan!

Terkadang orang yang menginginkan tubuh ideal tidak memperhatikan minuman sehat untuk diet. Alih-alih berat badan menurun, justru membuat timbangan Anda melonjak naik akibat tidak memperhatikan minuman yang di konsumsi.

Minuman ringan pada kemasan, minuman cepat saji dalam sachet dan produk minuman energi memang telah menjadi konsumsi sehari-hari. Namun tahukah Anda? Minuman tersebut justru pada umumnya tidak cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet. Hal ini dikarenakan kandungn gula yang terdapat pada minuma tersebut sangatlah tinggi.

” bacalah label nutrisi pada minuman yang Anda konsumsi dengan teliti. Hal itu berguna untuk mengetahui apakah minuman tersebut sehat atau tidak”


Makanan Dan Minuman Sehat Untuk Diet Alami

Makanan dan minuman sehat akan sangat mendukung untuk kesuksesan Anda dalam melakukan diet. Banyak sekali makanan dan minuman sehat yang dapat Anda konsumsi. Namun, pada artikel ini akan kami bahas beberapa makanan dan minuman sehat untuk diet alami sebagai referensi untuk Anda.

A. Makanan Sehat Untuk Diet

Memilih asupan makanan yang tepat sangat penting untuk kesuksesan program diet Anda. Melakukan diet bukan berarti Anda harus menghindari nasi atau lauk pauknya. Makanan tesebut juga penting untuk tubuh, hanya saja Anda harus mengaturnya dengan baik.

Hindari makanan yang berlemak serta mengandung kadar gula yang tinggi.

Mengapa demikian? Makanan dengan kadar gula yang tinggi memiliki nilai kalori yang tinggi pula. Hal itu sangat buruk untuk bagi tubuh.

Hindari makanan kemasan serta gorengan, karena makanan tersebut dapat mengagalkan program diet Anda.

Lantas makanan apakah yang cocok untuk mendukung program diet? Berikut beberapa mkanan sehat untuk diet:

1. Putih Telur

Putih telur untuk diet
sumber gambar: distributortelurjakarta.com

Makanan ini tidak seperti sahabat setianya. Ya, kuning telur. Putih telur memiliki protein yang tinggi namun rendah lemak. Kalu dihitung, kandungan protein dalam 100 gram putih telur adalah sekitar 10,9 gram. Sedangkan, untuk lemaknya hanya sekitar 0,17 gram.

Selain itu, putih telur ini tidak punya nilai indeks glikemik. Hal tersebut dikarenakan putih telur tidak memiliki kandungan karbohidrat. Hal itu membuat putih telur sangat cocok dijadikan sebagai makanan sehat untuk Anda. Khususnya bagi Anda penderita diabetes.

Meski rendah lemak, konsumsi putih telur ini sesuai dengan kebutuhan. Variasikan putih telur dengan menu diet sehat lainnya agar nutrisi Anda dapat terpenuhi dengan baik.


Baca Juga : Minuman Kesehatan Tradisional Ini Banyak Manfaatnya, Sudah Tahu ?


2. Brokoli

brokoli

Brokoli memiliki rendah kalori namun kaya akan vitamin, serta dan mineral. Kalau dihitung, kandungan kalori pada satu gelas yang terisi penuh dengan potongan brokoli hanya mengandung 30 kalori saja. Sementara untuk kandungan seratnya, brokoli memiliki serat sebanyak 5 gram. Hal itu tentu membuat Anda dapat merasa kenyang seharian.

Bagi Anda penderita diabetes, brokoli juga aman untuk mengendalikan kadar gula darah. Hal ini membuat Anda nyaman meskipun mengkonsumsinya dalam porsi yang cukup banyak.

3. Apel

apel

Apel menjadi salah satu buah kesukaan para penggiat diet. Buah berwarna hijau atau merah ini memiliki kandungan gizi yang baik dan mampu membantu Anda menurunkan badan. Kalau dihitung, satu buah apel ukuran kecil atau 85 gram memiliki kandungan 50 kalori dengan 12 gram karbohidrat.

Apel juga mampu mencegah Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini dikarenakan serat yang terkandung pada apel merupakan serat larut air. Sehingga, ampuh membuat Anda tahan lapar lebih lama. Hal ini membuat apel sangat cocok dikonsumsi di sela-sela waktu makan.

Apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman bagi Anda yang memiliki diabetes yang sedang melakukan program diet.

4. Ikan

ikan tuna

Ikan mengandung lemak baik yang dapat menurun berat badan. Tidak seperti daging lainnya, ikan punya jenis lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan otak. Biasanya lemak ini terdapat pada ikan perairan laut dalam seperti salmon, tuna dan san makarel.

5. Oatmeal

oat meal

Oatmeal merupakan salah satu makanan diet sehat yang paling sering dikonsumsi. Banyak yang merekomendasikan oatmeal adalah makanan diet sehat wajib bagi Anda yang sedang melakukan diet.

Berdasarkan hasil studi selama 6 tahun yang dilakukan oleh para peneliti dari University of California, mengkonsumsi outmeal terbukti menurunkan berat badan Anda.

Hasil dari penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang selalu sarapan dengan oatmeal, memiliki indeks massa tubuh lebih rendah daripada orang yang tidak sarapan sama sekali. Hal tersebut terjadi dikarenakan kandungan serat pada oatmeal sangatlah tinggi. Selain itu, nilai indkes glikemik dari oatmeal juga rendah.

Kelebihan lainnya, kandungan protein, magnesium, fosfor dan vitamin B1 pada oatmeal dapat membuat Anda tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut dapat menghasilkan energi pada tubuh Anda.


Baca Juga : Sudah tahu? Ini Dia 5 Penyakit Pada Lansia Yang Perlu Kamu Waspadai


B. Minuman Sehat Untuk Diet Alami

Berikut beberapa minuman yang dapat membantu Anda dalam melakukan program diet:

1. Susu Rendah Lemak

susu rendah lemak

Seperti namanya, susu ini memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dibandung susu biasa. Hal ini cocok sekali bagi Anda penggemar susu namun tetap menjaga berat badan Anda.

Selain lemak yang rendah, kalsium pada susu juga berperan untuk kesehatan tulang dan gigi. Jadi, cobalah untuk mengutamakan susu dengan rendah lemak daripada meminum minuman susu olahan dengan gula tambahan seperti milkshake, susu kental manis atau susu dengan tambahan rasas tertentu.

2. Teh Hijau

 teh hijau

Minuman ini kaya akan kandungan antioksidan. Bagi Anda para penggiat diet, dianjutkan untuk tidak mengonsumsinya dengan gula atau susu tambahan. Hal ini agar Anda terbebas dari kalori yang berlebihan. Jika Anda memang menyukai rasa manis, sebaiknya tambahkanlah madu sebagai pengganti gula.

Selain membantu program diet Anda, teh hijau dapat membantu mengurangi resiko beberapa penyakit seperti batu ginjal, hipertensi, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Kemudian, mengonsumsi teh hijau juga dapat mengurangi Anda terkena penyakit gigi berlubang.

3. Kopi

kopi hitam

Kopi dapat menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang sedang malakukan aktivitas diet. Kafein dalam jumlah yang ideal mampu membantu meningkatkan stamina fisik dan menambah kewaspadaan. Selain itu, mengonsumsi kopi dalam jumlah ideal mampu mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2, Parkinson dan gangguan fungsi hati.

4. Smoothies

smoothies

Smoothies dapat menjadi minuman sehat bagi Anda. Smoothies yang sehat adalah yang dibuat sendiri dengan menggunakan buah-buahan rendah kalori seperti blueberry, stroberi dan pisang. Tambahkan susu rendah lemak dalam minuman ini untuk menambah nutrisinya.

Hindari smoothies yang dijual di restoran. Hal ini dikarenakan pada umumnya smoothies yang dijual telah diberikan tambahan pemanis dan es krim yang membuatnya tinggi akan kalori.

5. Susu Kedelai

susu kedelai

Susu ini telah mengandung pemanis alami sehingga lezat untuk dikonsumsi tanpa tambahan gula. Anda yang tidak menyukai susu biasa dapat menjadikan minuman ini sebagai alternatif minuman sehat.

Susu kedelai juga dapat menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang sedang menderita intoleransi laktosa. Kemudian, susu ini juga mampu membantu mengurangi resiko osteoporosis dan jantung.

6. Air Putih

air putih

Air putih dianggap sebagai minuman yang paling ideal bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Hal ini dikarenakan air putih tidak mengandung kalori, sehingga mengurangi resiko penambahan berat badan.

Selain tidak mengandung kalori, air putih juga mampu membantu proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Hal itu tentu menunjang Anda yang sedang melakukan proses diet.

Bagi Anda yang merasa bosan akan air putih, Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan irisan lemon untuk menjadikannya terasa lebih enak.

7. Jus Sayuran

jus sayur

Jus sayuran dipercaya lebih cocok dikonsumsi daripada jus buah. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang dimiliki jus sayuran sama dengan jus buah dengan jumlah kalori yang berbeda. Sebagai contoh, secangkir jus tomat memiliki 40 kalori, sedangkan secangkir jus jeruk memiliki120 kalori.

Jus sayuran juga memiliki banyak kandungan serat. Konsumsi jus sayuran ini bersama ampasnya, karena dapat membantu Anda dalam menahan rasa lapar.

8. Jus Buah

jus buah

Meski memiliki kalori lebih tinggi dari jus sayur, jus buah tetap dapat menjadi pilihan yang baik untuk program diet. Namun, jus buah yang sehat adalah yang dikonsumsi tanpa tambahan gula.

Hati-hati ketika Anda mengonsumsi jus buah dalam kemasan. Hal itu dikarenakan pada umumnya jus kemasan telah ditambahkan gula. Pastikan Anda memilih jus buah yang mengandung 100% jus murni tanpa gula tambahan. Jika Anda tidak yakin saat membelinya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan blender atau juicer.


Baca Juga : Manfaat Beras Hitam Untuk Diet


5 Minuman Jus Sehat Untuk Diet

Sebenarnya banyak sekali beberapa minuman sehat untuk diet, namun berikut beberapa jus yang dapat dijadikan referensi untuk Anda:

  1. Jus Tomat Campur Mentimun
  2. Jus Pisang dan Stroberi
  3. Jus Mangga dan Wortel
  4. Jus Wortel dan Apel
  5. Jus Pisang Jeruk

Cara Membuat Minuman Sehat Untuk Diet

Rasanya, jarang penjual jus yang menjual minuman sehat untuk diet yang telah disebutkan diatas. Untuk itu, berikut resep minuman sehat untuk diet dan cara membuatnya:

1. Jus Tomat Campur Mentimun

minuman sehat untuk diet
sumber gambar : healthambition.com

Bahan-bahan:

  • Potongan tomat 3 ½ cangkir
  • Mentimun dengan potongan dadu 2 cangkir
  • Selederi 1 batang
  • Lada merah ½ sendok teh
  • Lada hitam ½ sendok teh
  • Garam dapur ½ sendok teh

Cara membuatnya:

  • Lembutkan tomat, timun dan daun seledri ke dalam blender secara bersamaan
  • Masukan lada hitam dan merah beserta garam, aduk secara merata menggunakan blender
  • Tuangkan ke dalam gelas atau alat minum lainnya

2. Jus Pisang dan Stroberi

minuman sehat untuk diet
sumber gambar : biarfit.com

Bahan-bahan:

  • 5 buah stroberi yang telah dipotong-potong
  • 1 buah pisang yang telah dipotong-potong
  • 4 sendok makan Yogurt tanpa rasa
  • 2 sendok teh selai kacang
  • ½ gelas air putih
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya:

  • Haluskan semua bahan menggunakan blender
  • Tuang ke dalam gelas atau alat minum lainnya

3. Jus Mangga dan Wortel

minuman sehat untuk diet
sumber gambar : biarfit.com

Bahan-bahan :

  • 1 buah mangga yang telah dipotong-potong
  • 1 wortel yang telah dipotong-potong
  • ½ gelas susu rendah lemak

Cara Membuatnya:

  1. Masukan semua bahan pada blender, kemudian haluskan.
  2. Jika semua sudah halus, maka tuangkan kedalam gelas atau alat minum lainnya

4. Jus Wortel dan Apel

minuman sehat untuk diet
sumber gambar : youtube.com

Bahan-bahan:

  • 5 wortel
  • 1 apel hijau atau merah
  • ½ mentimun ukuran sedang
  • ½ buah bit
  • 1 batang Seledri
  • Es batu sesuai selera

Cara membuatnya:

  • Bersihkan semua bahan dengan cara mencucinya
  • Potong kecil-kecil setiap bahan
  • Masukan dan haluskan semua bahan menggunakan blender secara bersamaan.
  • Tambahkan es batu
  • Tuangkan ke dalam gelas atau alat minum lainnya

5. Jus Pisang Jeruk

minuman sehat untuk diet
sumber gambar : jusbayiuntuk6bulan.blogspot.com

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang
  • 1 buah jeruk manis
  • 300 ml air putih
  • 1 sendok teh madu

Cara membuatnya:

  • Kupas buah pisang kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian
  • Kupas buah jeruk, ambil airnya dan buang bijinya.
  • Haluskan semua bahan secara bersamaan dengan blender
  • Tuangkan kedalam gelas atau alat minum lainnya

Itulah minuman sehat untuk diet secara alami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Comment