Manfaat Beras Hitam Untuk Diet. Pasti Berhasil ! Sudah Coba Belum ?

Manfaat Beras Hitam Untuk Diet. Pasti Berhasil ! Sudah Coba Belum ?

Manfaat beras hitam untuk diet memang tidak perlu diragukan lagi. Beras ini memang dapat menggantikan posisi beras putih atau merah ketika kita melakukan program diet.

Sudah pernah mendengar beras hitam?

sudah mendengar beras hitam?

Beras ini memang tidak setenar jenis beras lainnya. Sejarahnya, beras hitam ini merupakan menu adat istiadat Cina Kuno. Waktu itu beras hitam adalah beras ekslusif yang dapat dikonsumsi oleh Kaisar dan keluarganya.

Apabila ditemukan rakyat jelata yang mengkonsumsi beras ini tanpa izin, maka nyawalah taruhannya. Oleh sebab itulah beras ini mendapatkan julukan Beras Terlarang.

Seriring berjalannya waktu dan tradisi, sekarang ini beras hitam sudah bebas untuk dikonsumsi oleh siapapun. Bahkan selain di Filipina, Indonesia menjadi salah satu lokasi budidaya beras hitam terbesar di Asia.


Baca Juga : Makanan dan Minuman Sehat Untuk Diet, Ampuh Turunkan Berat Badan!


Manfaat Beras Hitam

9 manfaat beras hitam untuk diet

Beras hitam memang kayak akan gizi. Hal tersebut membuat beras ini dinobatkan sebagai gandum yang paling sehat di dunia. Bulir beras hitam utuh mampu mempertahankan semua sifat alaminya karena beras ini tidak melalui proses pemutihan.

Beras hitam yang diolah menjadi nasi, memiliki tekstur lengket dengan rasa gurih kacang. Hal ini membuat beras jenis ini cocok untuk dibuatkan menjadi bubur, makanan penutup, roti, mie dan kue beras hitam tradisional.

Berikut manfaat mengonsumsi beras hitam:

1. Tinggi antioksidan

manfaat beras hitam untuk diet - tinggi antioksidan
sumber gambar : wikipedia.com

Kandungan antocyanin pada beras hitam sangatlah tinggi. Hal tersebut bahkan melebihi dari jenis beras lainnya. Berdasarkan hasil penelitian oleh profesor teknologi pangan di Louisiana State University yang dilansir dari Live Strong. Satu sendok makan nasi hitam memiliki kandungan antioksidan, serat dan vitamin E yang jauh lebih tinggi daripada blueberry dalam jumlah sama.

2. Baik untuk detoks hati

manfaat beras hitam untuk diet - baik untuk detoks hati
sumber gambar : tergemes.com

Hati merupakan organ tubuh yang bertanggung jawab mengubah makanan menjadi energi. Hati juga memiliki fungsi untuk detoksifikasi tubuh. Untuk menjaga kesehatan hati, mengonsumsi beras hitam adalah salah satu langkah yang tepat.

Berdasarkan hasil dari penelitian, beras hitam mampu menjaga kesehatan hati dan mencegah perlemakan hati. Hal tersebut dikarenakan beras hitam mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, beras hitam juga mampu menghilangkan zat-zat beracun. Hal ini dikarenakan kandungan fitonutrien dalam beras hitam yang secara signifikan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh serta membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi masing-masing jaringannya.

3. Kaya akan vitamin dan mineral

manfaat beras hitam untuk diet - kaya akan vitamin dan mineral
sumber gambar : kekucingan.com

Beras hitam mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Hal tersebut beberapa diantaranya Vitamin E, B1, B2, B3, B6, Zinc, Magnesium dan Fosfor. Masing-masing vitamin dan mineral penting tersebut memiliki kaya manfaat bagi tubuh kita.

4. Tinggi protein

manfaat beras hitam untuk diet - tinggi protein
sumber gambar : chapelboro.com

Jika kita bandingkan dengan nasi merah, semangkuk nasi hitam mengandung karbohidrat yang lebih rendah. Selain itu, kandungan serat dan proteinnya lebih tinggi. 100 gram beras hitam mampu menyediakan 17% asupan protein harian Anda.

5. Meningkatkan ketajaman otak

meningkatkan ketajaman otak
sumber gambar : merdeka.com

Stres oksidatif dapat mengakibatkan menurunnya memori dan peradangan otak. Untuk itu, mengonsumsi beras hitam adalah langkah yang tepat. Beras hitam memiliki kandungan antocyanin yang mampu meningkatkan ketajaman memori dan fungsi kognitif otak dengan cara mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

6. Mencegah dan Mengelola Diabetes

Penyakit Pada Lansia - Diabetes
sumber gambar : hospitalsanfernando.com

Mendengar kata diabetes sering dikaitkan dengan banyaknya glukosa pada darah. Nah, bagi penderita diabetes mengonsumsi makanan yang rendah kandungan glukosanya adalah hal yang penting. Untuk itu, mengonsumsi beras hitam untuk penderita diabetes adalah hal yang tepat. Beras hitam dapat mencegah kita dari diabetes tipe 2 dan mengelola pra-diabetes.

Beras hitam memiliki indeks glikemik yang rendah yaitu 42,3. Hal ini lebih rendah di banding kerabat berasnya yang lain yaitu merah dan putih yang memiliki indeks glikemik 50 dan 89 secara berturut-turut. Mengonsumsi makanan dengan indek glikemik yang rendah dapat membuat sensitivitas tubuh terhadap insulin menjadi meningkat. Sehingga, hal tersebut dapat meningkatkan kontrol diabetes serta mengurangi resiko penyakit jantung.

Kelebihan lainnya, kandungan serat pada beras hitam sangat tinggi. Kandungannya 3,5 kali lipat lebih banyak daripada nasi putih. Beras hitam juga membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Kandungan serta yang tinggi dapat menimbulkan efek perlindungan pada sistem pencernaan sekaligus mempertahankan angka gula darah tetap konstan pada tubuh kita.

7. Melindungi jantung

melindungi jantung

Beras hitam mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol LDL dan kolesterol total. Hal ini membuat beras hitam memiliki peran dalam mencegah tekanan darah tinggi dan pembentukan plak aterosklerotik pada pembuluh darah jantung. Beberapa referensi menyakan bahwa mengonsumsi beras hitam dapat memangkas angka kematian yang cukup signifikan akibat penyakit jantung.

8. Melancarkan pencernaan

melancarkan pencernaan
sumber gambar : merdeka.com

Manfaat beras hitam untuk diet adalah agar pencernaan kita lancar. Beras hitam memiliki banyak kandungan serat. Hal itu membuat beras hitam dapat menghilangkan, mencegah, atau menyembuhkan masalah diare dan juga pencernaan lainnya. Serat dalam kadar yang cukup tinggi dapat membantu mencegah penyerapan zat beracun dan mendorong keluar dari tubuh.

9. Mengontrol berat badan

mengontrol berat badan
sumber gambar : panduancara.com

Beras hitam dapat menurunkan berat badan lebih baik daripada beras merah. Hal tersebut dikarenakan tekstur pada nasi hitam memiliki tekstur lebih padat dan lebih kaya akan serat. Selain itu, kandungan kalorinya lebih rendah sehingga membuat Anda lebih lama merasa kenyang.


Khasiat beras hitam untuk diet

khasiat beras hitam untuk diet

Beras hitam memang lebih efektif di konsumsi oleh Anda yang sedang menjalankan program diet daripada beras merah. Apabila kita simak dari manfaat beras hitam untuk diet yang telah di sebutkan sebelumnya, dapat kita peroleh bahwa beras hitam sangat mendukung untuk program diet Anda. Hal tersebut dikarenakan beras hitam dapat:

1. Melancarkan pencernaan atau BAB

2. Lebih Cepat Kenyang

3. Tidak Mudah Lapar


Perbedaan Beras Hitam dan Ketan Hitam

PERBEDAAN BERAS HITAM DAN KETAN HITAM

Bagi Anda yang ingin mencoba manfaat beras hitam untuk diet, hati-hati jangan sampai salah beli yaa. Jangan sampai Anda tertukar dengan ketan hitam. Beras hitam tidak sama dengan ketan hitam. Nah, untuk dapat membedakannya kita dapat meninjau 3 aspek berikut:

1. Aspek Warna, Teksur Dan Rasa Nasi

Beras hitam memiliki warna yang lebih hitam dan cerah daripada ketan hitam. Ketan hitam memiliki warna hitam pucat. Apabila berasnya dibelah dua, maka warna dalam dari beras hitam adalah hitam sedangkan ketan hitam dalamnya berwarna putih.

Ketika sudah ditanak menjadi nasi, beras hitam memiliki tekstur pera dan pulen (tergantung cara masaknya). Hal ini berbeda dengan ketan hitam yang memiliki tekstur yang lengket.

Beras hitam memiliki rasa yang cenderung hambar sedangkan ketan hitam memiliki rasa lebih gurih dan manis.

2. Aspek Secara Agronimis

Tanaman beras hitam cenderung memiliki ukuran yang lebih tinggi dibanding ketan hitam. Selain itu, gabah beras hitam hanya berwarna hitam apabila sampai kepada fase pengisian gabah.

Umur tanaman beras hitam lebih lama daripada ketan hitam. Kemudian, beras hitam lebih sensitif terhadap cara budidayanya. Beras hitam cenderung berhasil di tanam dengan cara organik. Pemberian pupuk kimia pada beras hitam dapat membuat padi beras hitam sangat rawan dengan penyakit dan kerebahan.

3. Aspek kandungan Gizi

Antioksidan dari beras hitam lebih tinggi daripada ketan hitam. Indeks glikemik beras hitam juga lebih rendah daripada ketan hitam. Hal itu membuat manfaat beras hitam ini akan sangat cocok bagi Anda yang sedang menderita penyakit diabetes.


Merk Beras Hitam Yang Bagus

MERK BERAS HITAM YANG BAGUS

Bagi Anda yang akan langsung mencoba manfaat beras hitam untuk diet, berikut beberapa produk yang kami rekomendasikan:

1. Hotel Black Rice Organic

Harga Beras Hitam Hotel berkisar antara Rp. 43.000,- hingga Rp. 103.000,-

2. FS beras hitam

Harga Beras Hitam Hotel berkisar antara Rp. 30.000,- hingga Rp. 40.000,-

3. Serambi Botani Cempo Ireng Beras Hitam

Harga Beras Hitam Hotel berkisar antara Rp. 55.000,-

Catatan :

  • harga yang dicantumkan merupakan harga ketika artikel ini dibuat, untuk itu harga tersebut mempunyai kemungkinan untuk berubah seiring berjalannya waktu.
  • Silahkan lihat terlebih dahulu rincian dari berat beras yang dijual, karena beda berat maka beda pula harganya.

Cara Mengkonsumsi Beras Hitam Untuk Diet

CARA MENGKONSUMSI BERAS HITAM UNTUK DIET

Untuk mendapatkan manfaat beras hitam untuk diet, Anda perlu mengetahui cara mengkonsumsinya. Anda tidak perlu bingung untuk dapat mengkonsumsi beras hitam untuk diet.

Untuk mengolah sendiri, Anda dapat melakukannya seperti memasak nasi putih biasanya. Hanya saja perbedaannya terletak pada lama waktu menanak nasi yang lebih lama dibanding nasi biasanya. Hal itu dikarenakan tektur nasi beras hitam lebih pada daripada beras putih.

Nah, biar lebih mudah berikut langkah-langkah untuk mengolah beras hitam untuk diet:

1. Rendam beras hitam selama semalam sebelum memasaknya.

Perendaman ini bertujuan untuk mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk memasak beras hitam. Selain itu, perendaman beras hitam akan memudahkan penyerapan nutrisi yang terdapat pada beras tersebut.

2. Setelah direndam, bilas kembali beras hitam tersebut menggunakan air bersih.

3. Tambahkan dua gelas air untuk setiap cangkir beras kemudian rebus.

Rebus beras hitam kurang lebih selama setengah jam. Namun, jika Anda tidak melakukan perendaman sebelumnya, maka rebus beras hitam selama kurang lebih satu jam.

4. Setelah setengah matang, masukan kedalam dandang untuk di kukus.

5. Nasi siap dikonsumsi


Itulah artikel mengenai manfaat beras hitam untuk diet. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Selamat mencoba.

Leave a Comment