Dinamika Penduduk Australia | Jumlah, Distribusi, dan Komposisinya

Halo semua, kali ini batasketik akan sharing terkait dinamika penduduk Australia. Pada artikel ini akan membahas jumlah dan sebaran penduduk, komposisi dan budaya dari Benua Australia.

Sudah tahu apa itu pengertian dinamika penduduk? Kalau belum, batasketik rekomendasikan untuk mempelajarinya disini.

Dinamika Penduduk Australia

Penduduk Australia senantiasa mengalami perubahan dari aspek jumlah, distribusi dan komposisinya. Perubahan tersebut terjadi diakibatkan karena adanya faktor perpindahan penduduk, kelahiran, dan kematian.

Perubahan penduduk Australia dari aspek jumlah, distribusi dan komposisi tersebut dapat dikatakan sebagai dinamika penduduk Afrika

Nahh, untuk mengetahui lebih lanjut terkait dinamika penduduk Australia, yuk kita simak pembahasan selanjutnya.

Jumlah Penduduk Australia

Sumber: https://australian-population.com

Penduduk Australia memiliki jumlah penduduk sebesar 20.400.000 pada tahun 2005. Kemudian seiring berjalannya waktu, jumlah tersebut bertambah hingga mencapai angka 23.900.000 pada tahun 2015. Jika kita hitung, maka telah terjadi penambahan jumlah penduduk sebesar 3.500.000 jiwa hanya dalam kurun waktu 10 tahun.

Jumlah penduduk yang bertambah di Benua Australia terjadi akibat adanya angka kelahiran yang mencapai 13 kelahiran tiap 1.000 penduduk. Sedangkan, angka kematian berada di 7 kematihan tiap 1.000 penduduk.

Selain dari angka kelahiran, penambahan jumlah penduduk juga terjadi karena Australia menjadi negara tujuan migran dari berbagai negara. Hal ini membuat migrasi neto di Negara ini mampu mencapai angka 8.

Dikutip dari okezone, Australia sering dijadikan daerah tujuan utama dari negara-negara konflik. Termasuk negara konflik dari Timur Tengah. Hal ini dikarenakan Australia telah menandatangani konvensi Pengungsi pada tahun 1951. Aturan tersebut membuat Australia memiliki hukum untuk mengurus pengungsi yang datang ke wilayahnya.

Untuk melihat kepadatan penduduk di Australia terbaru, bisa dipelajari disini.

Laju Pertumbuhan Penduduk

Melihat dari penambahan jumlah penduduknya, laju pertumbuhan penduduk benua Australia adalah 1,5% per tahun.

Sebaran Penduduk Australia

Australia memiliki wilayah yang luas, namun Negara ini tidak banyak memiliki daerah yang cocok untuk dihuni. Daerah-daerah yang dapat dihuni berada di dekat pantai yang iklimnya nyaman dan curah hujannya cukup.

Perlu diketahui juga bahwa daerah pantai Australia sebelah Utara tidak dihuni oleh banyak penghuni. Hal ini karena iklim tropisnya yang sangat kering. Apalagi di daerah pedalaman dan daerah pantai Barat Australia, daerah tersebut sangatlah gersang.

Penduduk orang Australia lebih dari 85% tinggal di kota kecil dan kota besar.  Dimana kota-kota tersebut pada umumnya terletak di bagian tepi pantai.

Komposisi Penduduk Australia

Sebagian besar penduduk Australia merupakan bangsa kulit putih atau ras kaukasoid. Bila dipersentasekan jumlah penduduk kulit putih berada di kisaran 92%. Sedangkan sisanya, adalah dari Asia sebesar 7%, Aborigin dan lainnya sebesar 1%.

Bangsa kulit putih yang ada di Australia pada umunya berasal dari Negara Eropa. Paling besar merupakan berasal dari  Inggris dan Irlandia, sedangkan sisanya berasal dari Italia, Belanda, Skotlandia, Jerman, dan Yunani.

Untuk yang 7% atau yang berasal dari Asia, mereka sebagian besar berasal dari China dan India.

Kualitas Penduduk Australia

Kualitas penduduk Benua Australia termasuk memiliki tingkat yang sangat tinggi. Dimana salah satu indikator kualitas penduduk yaitu angka harapan hidup yang menunjukan kateogri tinggi, yakni sebesar 82 tahun. Hal ini menunjukan bahwa penduduk Australia memiliki tingkat kesehatan yang baik.

Selain itu, dikutip dari WPDS pada tahun 2015, Australia juga memiliki pendapatan penduduk yang tergolong tinggi yakni mencapai angka 42.880 dolar.

Budaya, Bahasa, dan Agama Penduduk Australia

Sekarang, mari kita bahas mengenai budaya, bahasa dan agama dari Penduduk Australia. Yuk kita simak pembahasan selanjutnya.

Budaya

Penduduk Australia memang memiliki budaya yang beragam. Budaya Australia terdiri dari budaya suku asli yaitu Suku Aborigin dan penduduk selat Torres, serta budaya suku pendatang.

Banyaknya pendatang di Benua Australia membuat budaya di Australia semakin beragam. Budaya Eropa lebih dominan di Australia. Hal ini dikarenakan sebagain besar penduduk yang datang berasal dari Eropa.

Bahasa

Dalam hal penggunaan bahasa, Australia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Nasional. Hal ini membuat semua penduduk di Australia di tuntut untuk menguasai Bahasa Inggris.

Agama

Agama yang ada di Australia didominasi oleh Kristen Protestan. Hal ini tidak lepas karena banyaknya penduduk Australia yang berasal dari inggris dan negara asal Eropa lainnya. Bila kita persentasekan, maka penganut Kristen Protestan sebesar 61,2%, Budha 2,5%, Islam 2,2%, Hindu 1,3% dan sejumlah Agama lainnya.

Tidak hanya itu, agama dan kepercayaan dari penduduk Asli juga dihargai di Australia. Mereka bahkan diberi kebebasan untuk menjalankannya.

FAQ Dinamika Penduduk Australia

Deskripsikanlah sebaran penduduk Australia, apakah tersebar merata atau tersebar di wilayah tertentu!

Sebaran penduduk Australia dapat dikatakan tidak merata. Hal ini dikarenakan 85% penduduknya berada di perkotaan dan sekitar 63% lagi berada di Ibu Kota Negara bagian. Selain itu, penduduk Australia banyak yang bermukim di daratan-daratan yang dekat dengan pantai di wilayah timur dan selatan Australia.

Sebaran penduduk dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor apa saja yang mempengaruhi sebaran penduduk Australia?

Faktor yang mempengaruhi sebaran penduduk Australia adalah sebagai berikut:

  • Sebagaian besar wilayah Australia memiliki Iklim yang panas dan gersang. Hal ini mengakibatkan persediaan air yang sedikit di daerah tersebut dan  membuat wilayah Australia memiliki daerah yang sedikit untuk dihuni oleh Manusia.
  • Daerah pedalaman memiliki penduduk yang sedikit karena wilayah yang terlalu kering dan curah hujan yang sedikit.
  • Daerah perkotaan menjadi pusat ekonomi bagi penduduk Australia
  • Penduduk Australia banyak yang memilih untuk tinggal di daerah dekat pantai karena iklimnya yang sejuk dan curah hujan yang cukup.

Buatlah tulisan tentang Budaya suku asli Australia yaitu suku Aborigin dan Penduduk Selat Torres. Lengkapi tulisan dengan ilustrasi gambar.

Suku Aborigin
Suku Aborigin

Masyarakat pertama yang ada di Australia adalah Suku Aborigin. Mereka sudah ada sebelum adanya orang kulit putih datang dan tinggal di Australia. Ciri-ciri dari penduduk Suku Aborigin relatif sama dengan penduduk di Papua (Indonesia). Populasi Suku Aborigin berada di kisaran 3% pada tahun 2011 dari total masyarakat Australia di tahun yang sama.

Nasib Suku Aborigin hampir sama dengan Suku Indian di Amerika. Suku yang awalnya mendominasi di daratan Australia lambat laun menjadi terdesak keberadaannya. Mereka menjadi suku asli yang terpinggirkan akibat banyaknya orang asing yang datang ke Australia.

Budaya khas dari suku aborigin adalah dari senjata berburunya. Suku Aborigin identik dengan senja bumerang. Meskipun di beberapa bagian belahan bumi ada yang menggunakan senjata hampir mirip dengan bumerang, namun senjata ini masih tetap di identikan sebagai senjata asli khas suku Aborigin.

Suku Aborigin dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Pama Nyungan dan Non Pama Nyungan. Agama dari Suku Aborigin adalah kepercayaan terhadap Roh Agung pencipta alam semesta. Roh Agung dipercaya dapat memberikan petunjuk-petunjuk melalui mimpi.

Berdasarkan sensus penduduk di Australia, terdapat 72 persen penduduk Aborigin menganut Agama Kristen. Kemudian, sebesar 16 persen menyatakan tidak menganut Agama. Namun, dengan adanya berbagai perkembangan, sebagian penduduk Aborigin menjadi penganut Agama Islam.

Penduduk Selat Torres
© Pominoz/Dreamstime.com
Sumber: https://www.britannica.com/topic/Torres-Strait-Islander-people

Kepulauan Selat Torres memiliki jumlah penduduk kurang lebih sekitar 6.800 orang. Namun, sebenarnya ada 42 ribu orang lainnya yang merupakan satu suku akan tetapi tinggal di utara Queensland.

Penduduk pribumi Selat Torres memiliki kebudayaan yang agak berbeda dengan Australia. Sebagian besar dari mereka merupakan seorang pelaut dan melakukan perdagangan dengan penduduk Papua Nugini.

Dari segi bahasa, penduduk Selat Torres menggunakan bahasa yang sama dengan yang digunakan oleh penduduk Papua Nugini. Tidak hanya disana, tradisi keagamaan dan ipacara adat juga banyak yang memiliki kesamaan dengan penduduk daratan Papua. Agama Kristen kemudian menjadi agama mayoritas dari kepulauan Torres akibat adanya pengaruh kolonisasi.

Berbicara mengenai seni, Kepulauan Selat Torres memang memiliki banyak seniman yang terkenal luar biasa. Banyak dari mereka yang berhasil dalam bidang seni grafis, seni patung, pembuat patung dan penari. Dalam sejarahnya, seni ukir kayu menjadi tradisi yang sudah turun temurun dilakukan. Untuk seni modernnya, Kepulauan ini terkenal dengan bentuk kreasi grafis.


Demikian pembahasan mengenai dinamika penduduk Australia. Mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya. Terima kasih telah berkunjung ke batasketik.

Tinggalkan Balasan