Fungsi dari merge cells di Excel

Hallo semua, kali ini batasketik akan sharing mengenai fungsi dari merge cells di Microsoft Excel. Pada artikel ini akan membahas mengenai apa itu merge cells, fungsi, short cut dan cara menggunakannya.

Ok kita langsung saja ke pembahasan, yuk kita simak penjelasan berikutnya.


Apa itu Merge Cells ?

Bila kita tinjau dari terjemahannya, merge berarti penggabungan atua menggabungkan, sedangkan cells berarti pertemuan antara baris dan kolom.

Berdasarkan pengertiannya tersebut, dapat kita simpulkan apa itu merge cells. Merge Cells adalah sebuah fitur yang disediakan oleh Microsoft Office Excel yang dapat menggabungkan cell menjadi satu.

Fungsi dari Merge Cells

Seperti namanya, Merge Cells berfungsi untuk menggabungkan beberapa cells menjadi satu dengan format align yang tidak ikut berubah.

Contoh Penggunaan Merge Cells

Contoh kasus dari penggunaan Merge Cells adalah kita misalnya ingin membuat tabel rekapitulasi nilai kuliah.

Sebelum di gabungkan di Excel

Coba perhatikan gambar di atas. Untuk mempermudah kita membaca table, maka kita perlu menggabungkan beberapa cells. Yaitu :

  1. Cell A1, B1, C1, D1, E1, F1, G1 atau A1:G1 untuk Daftar Nilai Mata Kuliah Semester 3
  2. A2 dengan A3 untuk Nomor
  3. B2 dengan B3 untuk Nama
  4. C2 dan D2 untuk Jenis Kelamin
  5. E2, F2, dan G2 untuk Mata Kuliah

Dengan adanya fitur merge cells, maka kita bisa membuat tampilan tabel sebelumnya menjadi lebih mudah di baca dan rapi. Hasilnya seperti ini :

Sesudah digabungkan di Excel

Baca Juga : Fungsi Wrap Text pada Excel


Cara Menggunakan Merge Cells

Langkah-langkah merge cells

Berikut cara menggunakan merge cells:

  1. Blok beberapa cell yang akan kita gabungkan
  2. Kemudian masuk ke menu home
  3. klik icon Merge & Center
  4. Pilih Merge Cells

Jenis-Jenis Merge Cells

Microsoft Excel telah memberikan 3 macam merge cell, yaitu : Merge & centre, Merge Across, dan Merge Cells. Masing-masing memiliki perbedaan. Apa perbedaannya? Yuk kita simak.

Merge & Centre

Fungsi dari Merge & Centre adalah untuk menggabungkan beberapa sel menjadi satu sekaligus mengubah format align (perataan teks) menjadi di center (rata tengah).

Contohnya misal batasketik akan merge & Centre data E4:G8. Maka hasilnya seperti ini:

Merge & Centre

Merge Across

Fungsi dari Merge Across adalah untuk menggabungkan beberapa sel pada baris yang sama sekaligus menjadi beberapa baris sel.

Contohnya misal batasketik akan merge Across data E4:G8. Maka hasilnya seperti ini:

Merge Across

Merge Cells

Fungsi dari Merge Cell adalah untuk menggabungkan beberapa cell menjadi satu namun tanpa mengubah align atau perataan dari teksnya.

Contohnya misal batasketik akan merge cells data E4:G8. Maka hasilnya seperti ini:

Merge Cells

Dari hasil ketiga jenis merge cells di atas, pasti ada yang bertanya-tanya. Apa perbedaan dari merge cells dan merge & centre ? Dilihat dari contohnya itu sama-sama aja kok.

Nah, jawabannya adalah jika merge & centre itu align nya sudah pasti langsung rata tengah. Sedangkan, merge cells biasa hasilnya memiliki format align atau perataan teks yang sama dengan cells paling kiri atas.


Merge Cells Shortcut

Nah, selain melalui icon dari merge cell, kita juga bisa menggunakan cara cepatnya. Kita bisa menekan tombol ALT + H + M + M pada keyboard Anda. Caranya:

  1. Blok cell yang ingin kita gabungkan
  2. Kemudian tekan tombol Alt + H + M + M.
  3. Selesai, maka cell tersebut akan bergabung

Jika Anda ingin menggunakan Merge & Centre maka shortcutnya adalah Alt + H + M + C. Namun, bila Anda menginginkan jenis Merge Across maka shortcutnya adalah Alt + H + M + A.


FAQ Merge Cells

Bagaimana jika kita ingin mengembalikan cell yang telah digabungkan ?

Untuk mengembalikan cell yang telah digabungkan ke awal. Kita bisa menggunakan fitur unmerge cells. Caranya blok cells yang sudah bergabung. Kemudian, masuk ke menu home, pilih icon merge & Centre. Kemudian, nanti ada pilihan yang namanya unmerge cell, klik icon tersebut. Nanti hasilnya cell yang bergabung akan berpisah seperti kondisi semula.


Catatan:

  • Jika kita mempunyai data di masing-masing cells. Kemudian kita menggabungkan cells tersebut. Maka data yang akan ada adalah yang berada di sebelah kiri atas sedangkan data yang lainnya akan menghilang.
  • Ketika kita unmerge cells yang telah digabungkan. Yang berubah kembali ke asal hanyalah kolom dan barisnya saja. Sedangkan datanya hanya akan ada di cell bagian paling kiri atas.

Demikian pembahasan mengenai fungsi dari merge cells. Mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan-rekan semua yang sedang mempelajari microsoft excel. Terima kasih telah berkunjung ke batasketik.

Tinggalkan Balasan