Pengertian Row, Column, Cell dan Range di Excel

Hallo semuanya, kali ini BatasKetik akan sharing terkait pengertian row, column, cell dan range di Excel. Dengan mempelajari ini, diharapkan rekan-rekan semua dapat mengetahui perbedaan dari row,column, cell dan range di excel.

Bagi Anda yang merupakan seorang ahli administrasi tentu sudah terbiasa dengan yang namanya Microsoft Excel. Aplikasi ini memang sangat mumpuni di bidang pengadimistrasian terutama berbau tabel dan angka.

Namun, bagi Anda yang baru belajar Excel, dan membaca tebaran tutorial di Internet. Pasti bingung dengan istilah-istilah yang ada di Excel. Sedangkan yang Anda lihat ketika baru membuka Excel adalah lembaran dengan banyak kotak saja.

Nah, biar tidak bingung yuk kita bahas satu per satu.

Apa Pengertian Row ?

Kalau kita terjemahkan maka pengertian Row adalah baris. Sehingga, pengertian baris adalah bagian dari worksheet yang bentuknya melintang secara horizontal (ke samping). Baris pada Excel diberi tanda dengan angka. Untuk Microsoft Excel 2016 sendiri, total jumlah baris yang disediakan adalah 1.048.576.

Berikut contoh dari baris :

Contoh baris - Pengertian Row, Column, Cell dan Range di Excel

Apa yang dimaksud dengan Column ?

Kalau kita terjemahkan, maka pengertian dari Column adalah kolom. Sehingga pengertian Column adalah bagian dari Worksheet yang bentuknya melintang vertikal (ke atas). Kolom pada Excel diberi tanda dengan huruf Alphabet. Contoh A,B,C dan seterusnya hingga XFD. Untuk Excel 2016 sendiri, jumlah kolom yang sediakan adalah sebanyak 16.384

Berikut contoh dari column :

Contoh Kolom - Pengertian Row, Column, Cell dan Range di Excel

Apa yang dimaksud dengan sel (cell) dalam excel ?

Pengertian Cell adalah sebuah kotak yang dimana menjadi titik temu dari row dan column. Sehingga, cell dapat dikatakan sebagai kotak yang menjadi pertemuan antara baris dan kolom.

Cell dalam Excel diberikan nama atau alamat sesuai dengan nama kolom dan nomor barisnya. Contoh, kotak yang menjadi pertemuan antara kolom B dan baris nomor 3 disebut dengan Sel B3. Untuk contoh lainnya, berikut ini yang merupakan alamat sel, yaitu :

  1. B27 = Kolom B dengan baris ke 27
  2. A17 = Kolom A dengan baris ke 17
  3. C4 = Kolom C dengan baris ke 4

Gimana ? Paham yaa ? Mudah-mudahan paham. Hehe

Nah, nama atau alamat cell yang sedang aktif atau yang sedang kita pilih biasanya bisa rekan-rekan lihat pada bagian sebelah kiri dari formula bar. Kotak tersebut dinamakan juga dengan namebox. Contohnya, Anda bisa melihat gambar di bawah ini :

Contoh Cell / sel

Apa yang dimaksud dengan Range dalam excel?

Range bila kita terjemahkan maka berarti rentang. Pengertian range adalah gabungan dari beberapa kolom atau baris. Kumpulan dari beberapa cell disebut juga dengan Range.

Sel yang tergabung disini dapat berupa sel dalam satu baris atau satu kolom, atau bahkan beberapa baris dan kolom. Contohnya :

  1. A1:C1 => contoh range satu baris
Contoh range sebaris
  1. B1:B7 => contoh range satu kolom
Contoh Range se-kolom
  1. A1:C7 => contoh range beberapa kolom dan baris.
Contoh range baris dan kolom

Sebuah cell atau range pada Excel bisa kita berikan nama tertentu. Nama dari cell atau range dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan kita. Hal tersebut bertujuan agar cell atau range dapat dengan mudah kita ingat. Cara mengganti nama range pada Excel akan BatasKetik bahas pada postingan selanjutnya.


Demikian pembahasan mengenai pengertian row, column, cell dan range di Excel yang dapat BatasKetik bagikan kepada rekan – rekan semua. Semoga bermanfaat bagi rekan – rekan semua yang sedang mempelajari Excel.

Silahkan subscribe halaman BatasKetik agar tidak ketinggalan informasi terbaru dari BatasKetik. Share ke teman-teman yang lainnya jika halaman ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke BatasKetik.

Tinggalkan Balasan