Cara Mencari Nilai Terkecil di Excel

Hallo rekan-rekan semua, kali ini BatasKetik akan sharing terkait cara mencari nilai terkecil di Excel. Pada artikel ini akan dibahas 3 cara bagaimana mencari nilai paling kecil di Excel. Disini juga akan membahas bagaimana cara menemukan 3 nilai terkecil dari suatu data angka.

Bagi Anda yang bekerja sebagai seorang administrator tentu tidak asing lagi dengan aplikasi yang dinamakan Microsoft Excel. Software ini mampu melakukan berbagai perhitung ataupun manipulasi terhadap data angka dan tabel.

Terkadang dalam suatu pekerjaan kita diharuskan untuk menemukan data angka paling kecil daripada yang lainnya. Nah, seorang Guru atau Collector kredit barang contohnya. Seorang guru terkadang membutuhkan nilai terkecil untuk bahan evaluasi penilaian. Sedangkan collector kredit, membutuhkan data terkecil untuk memacu pegawainya agar dapat menyelesaikan target.


Contoh Kasus

Misal saya mempunyai data tabel berikut :

Dari data tersebut di atas, saya harus menemukan nilai rata-rata terkecil untuk bahan evaluasi penilaian acuan patokan. Selain itu, kita juga harus menentukan data dengan nilai 3 terkecil misalnya.


Cara Mencari Nilai Terkecil di Excel

Untuk mencari nilai terkecil di Excel, kita dapat menemukannya dengan 3 metode.

  • Filter Data
  • Fungsi MIN
  • Rumus SMALL

Cara 1 : Filter Data

Metode pertama untuk mencari nilai terkecil di Excel adalah dengan cara memfilter datanya. Bagaimana caranya? Mari kita selesaikan contoh kasus yang sebelumnya. Berikut cara memfilternya.

  1. Klik pada angka pertama atau yang berada di bawah header tabel rata-rata.
  2. Masuk ke menu Home
  3. Pilih Sort & Filter
  4. Klik Sort Smallest to Largest
  5. Selesai

Dari hasil filter data tersebut, kita bisa melihat siapa yang mendapatkan nilai terkecil. Kita juga dapat mengetahui siapa yang mendapatkan 3 nilai terkecil di suatu data.

Catatan :

Jika kita maneggunakan cara filter data, maka data yang ada akan berubah posisinya menjadi tersusun dari kecil ke besar. Jika Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, maka sebaiknya Anda menggunakan rumus excel MIN atau SMALL


Cara 2 : Fungsi MIN

Fungsi MIN adalah salah satu perintah di Excel yang digunakan untuk menentukan nilai terkecil dari sebuah data. Intinya, MIN ini merupakan rumus excel untuk menentukan nilai terendah.

Rumus dari MIN adalah :

=MIN(number1;number2;…dst)

Rekan-rekan semuanya dapat mengisi bagian number1, number2 dan seterusnya dengan data angka yang Anda miliki. Atau Anda juga bisa memilih range cell untuk data tersebut.

Contoh, misalnya untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kasus saya.

  • Dengan memasukan semua data

Jika datanya sedikit, mungkin kita bisa menentukan nilai terkecil dengan memasukan data satu persatu. Contoh dalam kasus saya, maka saya menggunakan perintah :

=MIN(75;83;79;86;82;83;84;84;82;85)

Maka diperolehlah 75 untuk nilai paling kecil.

  • Dengan memilih range cell

Jika datanya banyak, tentu kita pusing ya kan untuk memasukkan datanya satu persatu? Nah, cara ini terbilang simpel. Anda tulis dulu =MIN(). Simpan kursor di dalam tanda kurung. Kemudian klik range dari data nilai yang ingin ditemukan nilai terkecilnya.

Contoh dalam kasus saya, berarti saya menggunakan fungsi :

=MIN(G2:G11)

Hasil dari rumus tersebut diperoleh lah nilai paling terkecil yaitu 75.


Baca Juga : Cara Mencari Nilai Tertinggi di Excel


Cara 3 : Rumus SMALL

Fungsi SMALL adalah salah satu perintah di Excel yang digunakan untuk menentukan nilai terkecil ke-sekian. Meskipun terlihat sedikit mirip fungsinya dengan rumus MIN, namun perintah SMALL ini mempunyai kelebihan tersendiri.

Selain data digunakan untuk menentukan nilai terkecil, SMALL juga dapat menemukan nilai terkecil ke 1, ke 2, ke3 atau ke berapapun yang sesuai dengan kebutuhan kita. Sehingga, formula SMALL ini dapat dijadikan rumus excel mencari 3 nilai terkecil / terendah.

Formula dari SMALL adalah :

=SMALL(array;k)

Keterangan :

  • Array adalah kumpulan atau rentang data yang ingin kita cara nilai terkecilnya
  • k, merupakan posisi ke berapa yan gkita ingin dapatkan

Contoh penggunaannya dalam permasalahan kasus saya sebelumnya. Saya ingin menemukan nilai terkecil ke 1, ke 2 dan ke 3 misalnya.

Rumus untuk nilai terkecil ke 1 : =SMALL(G2:G11;1)

Dari penggunaan rumus tersebut, maka diperoleh bahwa nilai paling kecil atau terkecil ke 1 adalah sebesar 75

Rumus untuk nilai terkecil ke 2 : =SMALL(G2:G11;2)

Dari penggunaan rumus tersebut, maka diperoleh bahwa nilai terkecil ke 2 adalah sebesar 79

Rumus untuk nilai terkecil ke 3 : =SMALL(G2:G11;3)

Dar penggunaan rumus tersebut, maka diperoleh bahwa nilai terkecil ke 3 adalah sebesar 82

Maka dapat kita simpulkan bahwa yang mendapatkan nilai paling kecil ke 1 adalah Abe . Terkecil ke 2 adalah Abo. Sedangkan yang ke 3 terkecil adalah Bae dan Cai


Penting untuk Anda ketahui

Dalam penggunaan rumus di Excel, biasanya ada tanda separator. Tanda Separator ini berbeda-beda di Microsoft Excel. Tergantung settingan komputer kita. Ada yang menggunakan separator “,” (Tanda Koma) dan ada juga yang menggunakan separator ‘;” (tanda titik koma). Jadi gunakanlah separator sesuai dengan settingan di komputer Anda.


Demikian pembahasan terkait cara mencari nilai terkecil di Excel. Mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang mempelajari Microsoft Excel. Terimakasih telah berkunjung ke BatasKetik.

Tinggalkan Balasan