Pengertian Proses Komunikasi

Pengertian Proses Komunikasi

Mungkin diantara kalian ada yang bertanya-tanya apa itu pengertian proses komunikasi? Kata komunikasi memang sering kita dengar, tapi kalau proses komunikasi?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas, batas ketik akan akan sharing mengenai pengertian proses komunikasi. Yuk kita simak.!


Apa Itu Pengertian Proses Komunikasi?

Apa itu proses komunikasi

 

Diambil dari wikipedia, proses adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait dimana hal tersebut bersama-sama mengubah masukan menjadi keluaran.

Kemudian, komunikasi adalah suatu aktivitas dimana orang-orang menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain yang dimana komunikasi tersebut dapat dilakukan secara verbal maupun non verbal.

Sehingga dapat kita ambil bahwa pengertian proses komunikasi adalah suatu urutan pelaksanaan atau kejadian tentang aktivitas komunikator dalam menyampaikan pesannya kepada komunikan hingga orang yang menerima pesan tersebut paham dan mengerti kemudian memberikan respon.


Baca Juga : Pengertian Komunikasi Verbal Menurut Para Ahli, Fungsi dan Contohnya


Pengertian Proses Komunikasi Menurut Para Ahli

Untuk dapat memahami pengertian dari komunikasi, berikut beberapa definisi proses komunikasi menurut para ahli:

  1. Menurut Kennedy dan Soemanagara

    Kennedy dan Soemanagara mengutarakan bahwa proses komunikasi  merupakan sebuah proses sosial yang terjadi antara dua orang atau lebih dengan cara mengirimkan simbol kepada orang lain, seperti bahasa, grafik, angka dan lain sebagainya.

  2. Menurut Atep Aditya Barata

    Atep Aditya Barata mengungkapkan bahwa proses komunikasi merupakan proses pengiriman dan penerimaan pesan yang efektif yang terjadi antara dua orang atau lebih, sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh penerima.

  3. Menurut Robert Kreitner

    Robert Kreitner mengutarkaan bahwa proses komunikasi adalah rantai yang terdiri dari tautan yang dapat diidentifikasi. Rantai mencakup pengirim, pengodean, pesan, penerima, pengodean, dan umpan balik.

  4. Menurut SK Kapur

    SK Kapur mengutarakan bahwa proses komunikasi adalah metode yang digunakan pengirim untuk mentransfer informasi dan pemahaman kepada penerima.


Point Utama Dalam Proses Komunikasi

point utama dalam proses komunikasi

  1. Setidaknya terdiri dari dua pihak

    Agar proses komunikasi terjadi, point utama yang harus diperhatikan adalah setidaknya komunikasi tersebut terdiri dari dua pihak. Dimana, pihak yang satu sebagai pengirim dan pihak kedua sebagai audiens.

  2. Pahami Prosesnya

    Proses komunikasi menjadi hal yang paling penting agar suatu komunikasi berhasil. Kita sering melakukan komunikasi dengan orang lain, akan tetapi masih banyak upaya berkomunikasi yang belum berhasil. Jika kita memahami proses komunikasi, maka kita dapat mengidentifikasi dan meningkatkan keterampilan komunikasi kita. Hal ini tentu dapat membuat peluang keberhasilan kita dalam berkomunikasi menjadi lebih meningkat.

  3. Lakukan komunikasi yang efektif

    Komunikasi yang efektif merupakan proses yang berkelanjutan. Selain itu, bentuknya berubah-ubah dan tidak ada hentinya. Setidaknya, terdapat 5 elemen yang terlibat dalam berkomunikasi yaitu pengirim (komunikator), pesan, media, penerima (komunikan) dan umpan balik (feed back).


Itulah pengertian proses komunikasi yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mempelajarinya. Terima kasih telah berkunjung. Punya saran akan pengertian lainnya? yuk kita berdiskusi. Cantumkan di kolom komentar yaaa.

 

Leave a Comment