Pengertian Komunikasi Verbal Menurut Para Ahli, Fungsi dan Contohnya

Pengertian Komunikasi Verbal Menurut Para Ahli, Fungsi dan Contohnya

Bagi Anda yang sedang mencari pengertian komunikasi verbal menurut para ahli beserta contohnya, membaca artikel ini merupakan sebuah hal yang tepat. Kali ini, kami akan sharing sedikit tentang itu.

Pengertian Komunikasi Verbal Menurut Para Ahli

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Apakah Anda menyadari bahwa hampir setiap hari kita melakukan proses komunikasi? Hal tersebut Anda lakukan baik dengan diri sendiri maupun orang lain. Betuknya bermacam-macam, ada yang berupa verbal maupun non verbal.

Salah satu yang sering kita gunakan adalah dengan menggunakan bahasa verbal. Apa itu komunikasi verbal? Nah, untuk mengenal lebih jauh pengertian komunikasi lisan atau verbal perhatikan ulasan berikut:

1. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D.

Pengertian komunikasi verbal menurut buku Ilmu Komunikasi oleh Prof.Deddy Mulyana, M.A., Ph.D. yaitu  bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral)

2. Wikipedia

Duktip dari wikipedia, pengertian komunikasi verbal adalah “komunikasi dengan menggunakan simbol-simbol verbal”.


Fungsi Komunikasi Verbal

Fungsi Komunikasi Verbal

Deddy Mulyana : 2005 , mengungkapkan bahwa Simbol atau pesan verbal adalah semua jenis simbol yang menggunakan satu kata atau lebih. Bahasa dapat juga dianggap sebagai sistem kode verbal.

Nah, hubungannya dengan fungsi komunikasi verbal, dapat kita kaitkan dengan fungsi dari bahasa itu sendiri.

Larry L. Baker (Mulyana: 243) mengungkapkan bahwa terdapat 3 fungsi bahasa, yaitu:

1. Interaksi

Fungsi komunikasi verbal yang pertama adalah Interaksi. Maksudnya, komunikasi verbal memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi dan pesan dengan tujuan untuk menimbulkan interaktif baik antara individu maupun kelompok.

Interaktif disini dapat berupa berbagi gagasan atau emosi (simpati, kemarahan atau bingung) diantara orang yang sedang melakukan komunikasi tersebut. Hal inilah yang membuat masing-masing melakukan respon akibat interaksi yang ada.

2. Penamaan

Penamaan atau penjulukan merujuk pada usaha mengidentifikasikan objek, tindakan, atau orang dengan menyebut namanya sehingga dapat dirujuk dalam komunikasi.

3. Transmisi Informasi

Maksud dari fungsi ini adalah bahasa merupakan sebuah media untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Bahasa merupakan media transmisi informasi yang bersifat dengan masalah waktu. Maksudnya, dengan menggunakan bahasa, kita dapat menyampaikan informasi yang berkaitan dengan masa lalu, sedang dan yang akan datang.

Contohnya, Budi mengalami kecelakaan. Ketika Budi ditanya oleh orang tuanya bagaimana bisa terjadi, maka Budi akan menceritakan informasi tentang kronologi kecelakaan tersebut terjadi. Pada contoh tersebut, Budi menggunakan bahasa sebagai fungsi transmisi informasi yang berkaitan dengan masa lalu.


Baca Juga : Pengertian Debat Menurut Para Ahli, Unsur, Tujuan, Ciri, Jenis & Struktur


Contoh Komunikasi Verbal Beserta Gambarnya

 

Contoh Komunikasi Verbal Beserta Gambarnya

Contoh untuk komunikasi verbal dapat kita temukan dalam kegiatan sehari-hari. Komunikasi verbal dapat berbentuk lisan maupun tulisan. Hal ini membuat komunikasi verbal dapat dilakukan melalui media perantara. Berikut contoh dari komunikasi verbal dalam kegiatan sehari-hari :

1. Surat Menyurat

Surat Menyurat

2. Berkomunikasi melalui telepon

Berkomunikasi melalui telepon

3. Presentasi pekerjaan atau tugas sekolah

Presentasi pekerjaan atau tugas sekolah

4. Membaca buku, koran atau media cetak lainnya

Membaca buku, koran atau media cetak lainnya

5. Menonton siaran televisi

Menonton siaran televisi

6. Mendengarkan siaran radio

Mendengarkan siaran radio


Baca Juga : Pengertian Komunikasi Non Verbal, Manfaat, Jenis, Tujuan, Ciri & Fungsi


Contoh Komunikasi Bisnis Verbal

Komunikasi verbal sering digunakan juga dalam kegiatan bisnis. Beberapa

Contoh Komunikasi Bisnis Verbalkegiatan dalam bisnis membutuhkan komunikasi verbal. Berikut beberapa contoh komunikasi verbal dalam berbisnis :

  1. Membuat dan mengirim surat kepada pelanggan (baik peringatan, konfirmasi atau informasi).
  2. Membuat surat aduan untuk dikirimkan kepada pihak lain
  3. Berdiskusi dengan rakan sejawat terkait permasalahan perusahaan
  4. presentasi tentang project perusahaan
  5. Membuat surat pemesanan barang dan mengirimkannya kepada produsen

Itulah pengertian komunikasi verbal menurut para ahli beserta contohnya dalam kegiatan sehari-hari dan bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mendalami ilmu komunikasi verbal. Punya saran lain tentang pengertian komunikasi verbal dan contohnya ? Yuk kita berdiskusi. Silahkan cantumkan di kolom komentar yaaa. Terima kasih.

Leave a Comment