Cara Mengaktifkan Hibernate Windows 10

Hallo rekan-rekan semua, kali ini BatasKetik akan sharing mengenai cara mengaktifkan hibernate windows 10. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana caranya agar kita bisa memunculkan option hibernate di windows untuk PC dan Laptop kita.

Sebelum ke pembahasan utama, apakah Anda tahu apa itu Hibernate? Yuk kita simak pembahasan selanjutnya.


Apa Itu Hibernate?

Hibernate adalah salah satu pilihan yang mencampurkan antara fitur shutdown dan sleet yang di desain khusus terutama untuk para pengguna laptop.

Ketika kita menggunakan fitur hibernate, maka komputer kita akan mati tanpa mengeluarkan dulu aplikasi atau program yang sedang berjalan. Selain itu, ketika kita menyalakan kembali komputer kita, program yang berjalan sebelumnya akan kembali terbuka seperti semula.

Hibernate sendiri telah ada semenjak windows 7 launching. Anda bisa menemukannya di samping option Sleep, Shutdown dan Restart.

Namun, apabila hibernate hilang di windows 10 maka Anda tidak perlu bingung. Perlu Anda ketahui bahwa untuk di windows 10, fitur tersebut tidak diaktifkan secara default. Jadi, Anda harus memunculkannya dulu agar bisa menggunakan fitur hibernate di windows 10.

Jadi, bagaimana cara mengaktifkan fitur hibernate? Yuk kita simak ulasan selanjutnya.


Baca Juga : Cara Masuk Bios Laptop Asus X455L


Cara Mengaktifkan Hibernate Windows 10

Berikut cara mengaktifkan hibernate windows 10:

  1. Klik icon search di taskbar windows 10 Anda. (Pojok kiri bawah)
  2. Ketikan kata Power Option
    power option
  3. Ketika muncul power option, maka tekan Enter atau klik.
  4. Jika jendela control panel sudah terbuka, maka klik opsi Choose what the power button does yang terletak di bagian pojok kiri atas.
    hibernate windows 10
  5. Senjutnya klik opsi Change settings that are currently unavailable
    Cara mengaktifkan hibernate windows 10
  6. Kemudian pada bagian bawah, berikan tanda centang pada pilihan Hibernate.
    Hibernate
  7. Klik Saved changes untuk menyimpan pengaturan tadi.
  8. Selesai, tombol hibernate Anda pasti muncul di option power menu.

Tips Mengaktifkan Hibernate Windows 10

  • Jika Anda pengguna laptop, maka terdapat metode lain yang dapat digunakan selain mengetikan kata power option. Cara memunculkan hibernate laptop dapat dilakukan dengan klik kanan pada icon baterai laptop yang berada di pojok kanan bawah. Kemudian, pilih power options. Maka, akan muncul tampilan control panel. Selanjutnya, Anda bisa melakukan langkah 4-7 yang telah dibahas sebelumnya.
  • Jika Anda tidak menemukan opsi Hibernate pada langkah ke 6, maka Anda perlu mengaktifkan fitur hibernate secara manual. Caranya, silahkan buka Command Prompt sebagai Administrator, kemudian ketikan perintah powercfg /hibernate on. Jika sudah melakukan hal tersebut, silahkan ulang kembali langkah-langkah yang sebelumnya diberikan.
    6 - powercfg

Itulah cara mengaktifkan hibernate windows 10 yang dapat BatasKetik bagikan kepada rekan-rekan semua. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang ingin memunculkan opsi hibernate di kompternya. Jangan lupa subscribe halaman BatasKetik dan share ke teman yang lainnya. Terima kasih telah berkunjung ke BatasKetik.

Tinggalkan Balasan