Cara Masuk Bios Laptop Asus X455L

Bagi Anda yang belum mengetahui cara masuk bios Asus X455L dan berencana untuk menginstall ulang laptopnya, pasti ada yang mengalami beberapa kendala. Hal ini dikarenakan pada umumnya sebelum kita melakukan install ulang, kita harus menentukan dulu boot option komputer kita melalui bios.

Hal ini mungkin terlihat biasa saja bagi Anda yang sering bergulat dengan komputer (Teknisi Komputer), namun bagi kita yang tidak terlalu mengikuti perkembangan cara menginstall ulang di laptop-laptop terbaru tentu hal ini menjadi kesulitan tersendiri.

Seperti hal nya disini, saya pernah mengalami kesulitan ketika ingin memasuki bios laptop asus X455L. Kejadian yang di alami oleh saya adalah Laptop langsung boot ke OS yang sudah diinstall (Windows 8.1), meskipun sudah ditekan tombol esc, delete dan f12. Lho kenapa tombol tersebut ??

Pada umumnya, cara agar kita masuk bios komputer kita adalah dengan cara menekan tombol esc, delete, dan f12. Hal ini tergantung dari merk laptop kita.


Permasalahan Sulit Masuk Bios Asus X455L

Nah, dibagian ini batas ketik akan menjelaskan bagian kesulitan yang pernah dialami ketika install ulang laptop Asus X455l:

  1. Sulit masuk bios (Komputer langsung boot ke OS yang sudah di install sebelumnya)

    Laptop Asus X455L ini sebetulnya sudah pernah saya install ulang sebelumnya menggunakan windows 8.1 dan itu lancar-lancar saja tidak ada kendala. Hanya di bagian pemilihan typenya saja apakah untuk GPT atau MBR.

    Namun, setelah beberapa tahun laptop ini kembali ke saya karena ingin di upgrade menjadi windows 10. Saya terima dan lakukan pekerjaan tersebut supaya lebih cepat selesai. Namun, ternyata saya mengalami kesulitan ketika ingin memasuki biosnya.

    Ketika dinyalakan, laptop langsung booting ke OS yang sudah diinstall sebelumnya. Padahal, saya sudah menekan tombol f2. Saya coba restart laptopnya, dan ini masih sama. Hal ini berbeda ketika saya dulu meginstall windows 8.1, saya dapat masuk bios dengan mudah.

    Apa permasalahannya ? Jadi, untuk sistem operasi windows 8 ke atas, mereka mempunyai fitur Fast Startup. Sehingga kita akan kesulitan atau tidak dapat menekan tombol f2 untuk masuk ke konfigurasi BIOS saat sistem booting.

  2. Ketika sudah masuk bios, Flash Disk Bootable yang digunakan untuk install ulangnya tidak terbaca.

    Setelah menyelami lautan google yang begitu luas :-D, saya akhirnya bisa memasuki bios. Tapi apa hal yang terjadi ? eh, bootable Flash Disk nya tidak terbaca di Bios. Hingga akhirnya saya ingat bahwa laptop yang muncul di generasi-generasi ini memang harus di sesuaikan MBR atau GPT nya.


Bagaimana solusi untuk cara masuk bios nya ?

Berikut beberapa cara masuk bios untuk Laptop Asus X455L yang dapat anda lakukan:

  1. Jika laptop Anda sebelumnya telah diinstall windows 8 ke atas, maka Anda dapat masuk bios melalui sistem operasinya sendiri.Caranya adalah :
    a. Klik startb. Klik Setting (Bagi yang windows 8, pindahkan kursor ke pojok kanan bawah, kemudian klik setting)
    Klik Start dan Pilih Settingc. Klik Update & Security
    Klik Update & Securityd. Klik Recovery
    Klik Recovery

    e. Klik Restart Now di bawah yang advanced startup
    Klik Restart

    f. Pilih yang Troubleshoot
    Cara Masuk Bios Asus - Klik Troubleshoot

    g. Klik Advanced OptionsKlik Advanced Options

    h. Klik UEFI Firmware SettingsCara Masuk Bios Asus - Klik UEFI Firmware setting

    i. Klik RestartCara masuk bios Asus - Restart

    j. Anda akan langsung dibawa ke Bios Laptop
    Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat video di situs resminya disini.

  2. Masih belum berhasil ?Jika masih belum berhasil, maka Anda dapat melakukan dengan cara alternatif ini. Meskipun ini terbilang cukup aneh, karena keyboard laptop yang akan saya install ulang ini masih bagus. Tapi cara ini ampuh dan bisa membuat saya bisa masuk bios.

    Cara masuk bios Asus X455L lainnya adalah dengan memasangkan keyboard eksternal. Kemudian cek apakah sudah berjalan atau tidak. Jika sudah jalan, maka restart komputer seperti biasanya. Jika layar laptop sudah mulai gelap (sebelum muncul logo asus), maka kalian tekan F2 pada keyboard eksternal secara terus menerus (Lakukan berulang jika memang terlambat menekan F2).


Baca Juga : Cara Membuka Microsoft Power Point


Bagaimana solusi agar Flash Disk Bootable dapat digunakan ?

Nah, bagi Anda yang kejadiannya sama percis dengan saya, Anda tidak perlu khawatir. Agar bootable Flash Disk Anda dapat berjalan dengan baik meskipun tidak muncul ketika di Bios. Anda restart kembali dengan catatan keyboard eksternal yang sebelumnya masih terhubung.

Sebelum muncul logo asus, anda tekan tombol esc pada keyboard eksternal Anda secara terus menerus. Maka Anda akan dibawa ke pilihan boot option yang dapat menggunakan Flash Disk bootable Anda.


Itulah pengalaman yang dapat batas ketik bagikan. Mudah-mudahan cara masuk bios Asus X455L ini dapat membantu Anda yang akan menginstall ulang laptopnya. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam artikel ini.  Terima kasih.

Tinggalkan Balasan