25 Contoh Kebutuhan Tersier | Lengkap dengan Gambar dan Penjelasan

Hallo semua kali ini batas ketik akan sharing mengenai contoh kebutuhan tersier.

Seperti yang sudah kita rasakan, bahwa manusia itu sangatlah memiliki banyak kebutuhan. Sehingga, untuk memudahkan dalam mengatur kebutuhan, kita semua dapat membaginya dalam beberapa kategori.

Pada dasarnya kategori tersebut adalah kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

Nah, pada artikel ini akan membahas mengenai pengertian dari kebutuhan tersier berikut contoh-contohnya. Kemudian, dalam artikel ini juga terdapat beberapa gambar kebutuhan tersier.


Apa itu kebutuhan tersier ?

Apa itu kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang bertujuan untuk menaikan status, derajat dan gengsi dari diri seseorang.

Kebutuhan ini sering di eratkan dengan pola konsumsi manusia terhadap benda-benda atau kegiatan yang mewah.

Contoh kebutuhan tersier adalah memiliki benda-benda mewah seperti tas branded, mobil ternama, rumah bertingkat, dan lain-lain.

Kebutuhan tersier juga kerap dikaitkan dengan hobi seseorang. Misalnya, orang yang hobi bersepeda, maka biasanya dia mengoleksi berbagai macam sepeda dari berbagai jenis dan merk.

Kebutuhan tersier atau dikenal juga kebutuhan ketiga memang memiliki biaya yang cukup tinggi. Maka dari itu, pada umumnya kebutuhan ini dapat orang-orang penuhi apabila kebutuhan primer dan sekundernya terpenuhi.

Biaya yang cukup besar, membuat kebutuhan tersier hanya dapat dipenuhi oleh masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi yang tinggi. Hal ini dikarenakan sifat dari kebutuhan tersier yang merupakan untuk kesenangan pribadi.

Kebutuhan tersier tidak memiliki pengaruh terhadap keberlangsungan hidup seseorang. Manusia masih bisa tetap hidup walaupun kebutuhan tersiernya belum terpenuhi.


25 Contoh Kebutuhan Tersier dengan Gambar dan Penjelasan

Contoh kebutuhan tersier antara lain :

1. Sepeda Brand Ternama

sepeda

Alat transportasi memang sangatlah bervariatif. Namun, ada kalanya ketika kebutuhan primernya terpenuhi, seseorang yang senang bersepeda akan membeli sepeda brand ternama meskipun ia tidak benar-benar membutuhkannya untuk penggunaan sehari-hari layaknya alat transportasi.

2. Mobil Mewah

Mobil

Kebutuhan akan kendaraan pribadi memang kebutuhan sekunder yang perlu dipenuhi. Namun, hal ini berbeda ceritanya apabila seseorang membeli mobil mewah hanya untuk kesenangan dan menaikan derajat sosialita belaka. Padahal, sebelumnya dia telah memiliki mobil yang digunakan untuk alat transportasi sehari-hari.

3. Motor Mewah

motor

Sama halnya dengan mobil, motor mewah juga bukanlah kebutuhan primer. Hal ini dikarenakan motor mewah biasanya dibeli oleh seseorang hanya untuk kepuasan hati atau hobi saja. Belum tentu seseorang membeli motor mewah untuk digunakan sebagai alat transportasi setiap hari.

4. Koleksi Baju Branded

baju

Pakaian atau dikenal juga dengan istilah sandang, memang termasuk kedalam kebutuhan primer. Namun, jika baju yang dikenakan adalah baju branded atau bermerk, maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai contoh kebutuhan tersier.

Hal tersebut dikarenakan baju baju bermerk memiliki fungsi lain apabila digunakan. Yaitu untuk meningkatkan kelas sosial dan memberikan kebanggaan atau kepuasan hati terhadap penggunanya.

5. Koleksi Tas Branded

tas

Memiliki tas untuk menampung barang ketika bepergian memang diperlukan. Namun, lain hal apabila seseorang memiliki koleksi tas yang bahkan jumlahnya memiliki nominal yang fantastis.

Koleksi tas branded tidak memiliki pengaruh terhadap keberlangsungan hidup seseorang. Sehingga, koleksi tas branded termasuk kedalam kebutuhan tersier.

6. Contoh Kebutuhan Tersier untuk Pelajar – Koleksi Sepatu Merk Ternama

sepatu

Membeli sepatu untuk dikenakan dalam aktivitas sehari-hari dalam jumlah yang wajar memang merupakan sebuah kebutuhan. Namun, pernahkah Anda mendengar bahwa ada seseorang yang mengoleksi sepatu merk ternama sampai mengeluarkan kocek yang bermilyaran rupiah ?

Mengoleksi dan memakai sepatu mahal atau branded juga salah satu contoh kebutuhan tersier untuk anak sekolah.

7. Rumah Baru dan Mewah

rumah

Mempunyai rumah untuk dihuni sendiri memang kebutuhan primer. Rumah dapat membuat seseorang nyaman dan aman. Rumah juga memiliki pengaruh terhadap keberlangsungan hidup seseorang.

Namun, rumah juga dapat dikatakan sebagai kebutuhan tersier apabila memiliki unit yang banyak dan mewah. Rumah yang besar dan megah layaknya istana kerajaan termasuk kedalam kebutuhan tersier.

8. Wisata ke Luar Negeri

wisata ke luar negeri

Bagi Anda yang pernah atau bahkan sering berwisata ke luar Negeri, maka dapat dikatakan bahwa Anda telah melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan tersier. Mengapa ?

Jika memang wisata tersebut untuk melepas penat atau hanya rekreasi saja, maka pilihan berwisata didalam negeri saja sudah cukup. Selain itu, berwisata ke Luar Negeri tidak akan mempengaruhi akan keberlangsungan hidup seseorang.

9. Perhiasan

Contoh kebutuhan tersier - perhiasan

Siapa disini yang sering mengenakan perhiasan ? Cincin, kalung dan gelang emas termasuk kedalam kebutuhan tersier.

Seseorang yang mengenakan perhiasan dapat memberikan kesan mewah bahwa ia telah memperoleh pengakuan secara finansial. Kemudian, mengenakan perhiasan juga dapat memberikan rasa bangga kepada si pemakai.

10. Aksesoris mewah atau Barang Antik

Contoh Kebutuhan Tersier - Barang Antik

Adanya aksesoris atau barang antik dalam rumah kita memang tidak terlalu penting. Namun, bagi orang yang senang atau hobi mengoleksinya, aksesoris mewah atau barang antik menjadi sebuah benda yang layak untuk diburu.

Adanya barang antik serta aksesoris mewah dapat meningkatkan rasa bangga bagi pemilik, serta menaikan pandangan sosial kepada pemiliknya.


Baca Juga : Contoh Wujud Kebudayaan di Lingkungan Kita Sehari-Hari | 10 Buah


11. Koleksi Alat Musik Branded

Contoh Kebutuhan Tersier - Alat musik mewah

Memiliki alat musik untuk menghidupi keluarga memang sebuah kebutuhan penting. Namun, beda hal nya apabila seseorang yang membeli atau mengoleksi alat musik hanya untuk sekedar pajangan rumah saja.

Alat-alat musik yang mahal dan bermerk yang berjejer di rumah menjadikan kepuasan tersendiri bagi si pemilik.

12. Transportasi Udara Pribadi

Kendaraan udara pribadi

Memiliki kendaraan pesawat jet atau helikopter pribadi mungkin sudah tidak terdengar asing lagi di kalangan artist. Transportasi udara pribadi ini termasuk kedalam kebutuhan tersier.

Hal ini dikarenakan seseorang yang membeli kendaraan udara pribadi, cenderung hanya untuk menunjang aktivitasnya serta meningkatkan kelas sosial di lingkungan masyarakat.

13. Kapal Pesiar Pribadi

Contoh kebutuhan tersier - Kapal pesiar pribadi

Sama hal nya dengan pesawat udara, kapal pesiar pribadi juga termasuk kedalam kebutuhan tersier. Mengingat bahwa orang masih bisa bertahan hidup meskipun tanpa membeli kapal pesiar pribadi.

Orang-orang yang membeli kapal pesiar pribadi tentu memiliki tingkat perekonomian yang cukup tinggi. Kapal pesiar pribadi menjadi pilihan ketika kebutuhan primer dan sekundernya terpenuhi.

14. Apartemen

apartemen

Memiliki rumah memang kebutuhan dasar bagi kita. Namun, tidak dengan apartemen yang luas dan berjejer.

Pada umumnya, memiliki apartemen terpenuhi apabila si pemilik telah memiliki rumah. Pemiliki apartemen tentu mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. Maka dari itu, memiliki banyak apartemen merupakan kebutuhan tersier.

15. Tanah dan Persawahan Luas

sawah

Memiliki tanah atau sawah untuk ditanami dan digunakan untuk menghidupi keluarga memang kebutuhan dasar bagi kita. Namun, jika seseorang membeli begitu banyak tanah dan persawahan yang luas, tentu hal tersebut termasuk kedalam kebutuhan tersier.

Modal yang besar, serta biaya pemeliharaan yang tidak sedikit membuat orang yang berekonmi kelas tinggi lah yang dapat melakukannya.

16. Perawatan Diri Yang Mahal

perawatan diri

Melakukan perawatan pada diri memerlukan biaya yang tidak sedikit. Seseorang yang berekonomi tinggi bahkan melakukan perawatan diri di tempat-tempat mewah.

Perawatan diri yang mahal juga memiliki fungsi lain agar dirinya mendapat pengakuan akan sosialitas hidupnya.

17. Investasi

investasi

Contoh kebutuhan tersier lainnya dalah investasi. Mengapa seperti itu ? Investasi merupakan cara seseorang untuk menyimpan kelebihan hartanya dalam sebuah bentuk apapun dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang.

Meskipun kita tidak melakukan investasi, keberlangsungan hidup kita tidak terlalu terganggu.

18. Villa Mewah

Contoh kebutuhan tersier - villa

Sama halnya dengan memiliki apartemen, villa mewah juga termasuk kedalam contoh kebutuhan tersier. Modal untuk membangun atau membeli villa yang mewah tentu tidak sedikit. Hal inilah yang membuat memiliki villa bukanlah kebutuhan primer.

Contoh Kebutuhan Tersier ke-19 : Hotel Pribadi

contoh kebutuhan tersier - hotel pribadi

Apa yang kalian pikirkan apabila seseorang memiliki hotel pribadi ? Mewah sekali bukan ? Lalu, apakah seseorang yang tidak memiliki hotel hidupnya bisa terancam ?

Contoh Kebutuhan Tersier ke-20 : Rumah Sakit Pribadi

rumah sakit pribadi

Jarang sekali bagi kita masyarakat biasa memiliki sebuah rumah sakit pribadi. Pada umumnya, orang yang memiliki rumah sakit pribadi telah memenuhi kebutuhan primernya dan sekundernya. Modal dan biaya operasional yang sangat besar tentu harus disiapkan oleh pemiliknya.

Contoh Kebutuhan Tersier ke-21 : Makan di Restoran Mewah

contoh kebutuhan tersier - makan di restoran

Setiap orang tentu membutuhkan makan. Namun, beda lagi ceritanya apabila seseorang melakukan aktivitas di restoran mewah. Bahkan, ada yang mengeluarkan berapa puluh juta rupiah hanya untuk sekali makan.

Hal ini tentu tidak dapat dilakukan oleh orang yang sembarangan. Orang yang berekonomi tinggi yang dapat melakukannya.

Makan di retoran mewah termasuk kedalam contoh kebutuhan tersier karena kegiatan tersebut dilakukan hanya untuk kepuasan diri.

Contoh Kebutuhan Tersier ke-22 : Makanan Eksklusif

contoh kebutuhan tersier - makanan eksklusif

Apakah Anda pernah mendengar sebuah biskuit yang harganya sampai ratusan ribu rupiah ? Ya, itu termasuk kedalam kebutuhan tersier.

Contoh Kebutuhan Tersier ke 23 : Alat Olahraga Ekslusif

contoh kebutuhan tersier - alat olahraga pribadi

Kegiatan olahraga tentu bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh. Namun, bagi para penggemar olahraga membeli alat olahraga ekslusif tentu dijadikan sebagai media untuk kepuasan diri.

24. Contoh Kebutuhan Tersier untuk Pelajar – Alat Komunikasi Eksklusif

contoh kebutuhan tersier - hp

Salah satu contoh kebutuhan tersier bagi pelajar adalah alat komunikasi eksklusif. Mengapa ? Jika pertimbangannya hanya untuk alat komunikasi, telepon genggam biasa dapat menjadi pilihan.

Kemudian, memiliki alat komunikasi ekslusif juga tidak mempengaruhi keberlangsungan belajar dari seseorang.

Contoh Kebutuhan Tersier ke-25 : Tempat Olahraga Pribadi

tempat olahraga pribadi

Apakah kita pernah sewa lapangan untuk berolahraga ? Tentu sering bukan.

Namun, pernahkah Anda mendengar bahwa ada juga yang memiliki fasilitas dan tempat olahraga pribadi ? Hal ini tentu menjadi kebutuhan tersier. Mengingat biaya yang diperlukan tidak sedikit.


Itulah yang dapat batas ketik bagikan kepada rekan-rekan semua. Semoga pembahasan mengenai contoh kebutuhan tersier dan gambarnya ini membantu rekan-rekan semua belajar.

Tinggalkan Balasan