Contoh Kebutuhan Primer Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Kebutuhan Primer dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hallo semuanya, kali ini batas ketik akan sharing terkait contoh kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari nih.

Secara umum, kebutuhan manusia dapat dikategorikan kedalam 3 hal, yaitu Primer, Sekunder dan Tersier.

Masing-masing kebutuhan tersebut memiliki waktu dan kepentingannya masing-masing.

Nah, pada kesempatan kali ini sebelum kita masuk ke contoh kebutuhan primer, mari kita kenali pengertiannya terlebih dahulu,


Apakah Pengertian Kebutuhan Primer?

Pengertian kebutuhan primer adalah suatu kebutuhan utama atau kebutuhan pokok, yang dimana hal tersebut dapat mempengaruhi keberlangsungan hidup seseorang.

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat kita pahami bahwa kebutuhan primer ini menjadi prioritas utama yang harus terpenuhi dalam diri seseorang.

Apabila kebutuhan primer tidak terpenuhi, maka keadaan atau kondisi dari seseorang bisa terancam.

Kemudian, apabila kebutuhan primer belum terpenuhi, maka pada umumnya kebutuhan yang lain yaitu sekunder dan tersier tidak dapat terpenuhi.


Baca Juga : 25 Contoh Kebutuhan Tersier | Lengkap dengan Gambar dan Penjelasan


Contoh Kebutuhan Primer dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sekarang, mari kita kenali contoh dari kebutuhan primer. Contoh kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari adalah sandang, pangan, papan, identitas, pendidikan, pekerjaan, privasi, kasih sayang, kesehatan, keamanan, keselamatan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Yang paling utama dari contoh kebutuhan primer adalah sandang, pangan dan papan. Namun, seiring berjalannya waktu muncul beberapa kebutuhan lainnya yang memang dirasa harus dipenuhi.

Sekarang mari kita kupas beberapa contoh dari kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari yang sudah disebutkan di atas.

1. Sandang

Kumpulan Baju

Istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sandang atau dapat dikenal juga dengan pakaian merupakan sebuah kebutuhan manusia yang digunakan menutup aurat.

Selain itu, sandang juga berfungsi untuk melindungi bagian tubuh seseorang dari keadaan cuaca.

“Loh, emang tanpa sandang keberlangsungan manusia bisa terancam? Tapi kok manusia dulu gak pake baju ok ok aja.”

Nah, pada zaman purbakala mungkin manusia belum terlalu membutuhkan pakaian. Namun, seiring berjalannya waktu, berpakaian yang baik menjadi sebuah kebutuhan utama.

Sandang harus dipenuhi pada diri seseorang dengan alasan norma yang ada di masyarakat serta kesehatan.

Contoh, apakah kita tidak merasa malu bergaul bermasyarakat tanpa mengenakan sandang (pakaian) ?

Kemudian, ketika musim panas atau hujan dan kita beraktivitas tanpa mengenakan sandang, bagaimana jika kita jatuh sakit ? apakah keberlangsungan hidup kita terancam?

Contoh dalam kehidupan sehari-harinya, sandang ini dapat berupa baju, celana, pakaian dalam, jaket, dll.

Jadi, Pakaian ini termasuk kedalam kebutuhan primer.

2. Pangan

Contoh Kebutuhan Primer Dalam Kehidupan Sehari-Hari - Beras

Dikutip dari laman Badan Ketahanan Pangan, menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan.

Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air,

baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia,

termasuk bahan tambahan Pangan, bahan baku Pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.

Nah, dari pengertian di atas, apa coba yang bisa kita pahami terkait pangan ?

Yap, betul sekali. Pangan ini berupa makanan atau minuman serta setiap hal yang digunakan untuk mengolahnya.

Lalu mengapa pangan menjadi kebutuhan primer yang paling utama ? Coba kita renungkan, apakah manusia dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum ? Pada umumnya, manusia tidak akan bisa hidup tanpa adanya makanan dan minuman.

Contoh kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk pangan adalah :

  • Beras, Sagu dan Jagung
  • Sayur dan buah
  • Daging
  • Telur
  • Susu
  • Garam
  • Gula
  • Minyak Goreng
  • Mentega
  • Penyedap Rasa
  • Minyak tanah, gas, atau bahan bakar kompor lainnya.
  • Air

 

3. Papan

Rumah sederhana

Apa itu papan dalam kebutuhan primer ? Dikutip dari wikipedia, pengertian dari papan dalam kebutuhan primer adalah kebutuhan manusia untuk membuat tempat tinggal.

Nah, di dalam hidup, tentu manusia membutuhkan tempat tinggal. Salah satu bentuk tempat tinggal ini adalah rumah. Orang-orang membuat rumah dengan tujuan untuk tempat berlindung dari keadaan cuaca maupun binatang buas.  Seiring berjalannya waktu, rumah juga menjadi tempat wajib yang harus dimiliki seseorang untuk digunakan berkumpul bersama keluarga.


Nah, setelah membahas yang utama dari kebutuhan primer, sekarang mari kita bahas contoh yang lainnya dari kebutuhan primer yang ada seiring berjalannya waktu.

4. Identitas

Setiap orang tentu memerlukan identitas. Hal ini penting mengingat banyak sekali dokumen negara yang memerlukan identitas. Orang tanpa identitas tentu akan dianggap berbahaya.

Selain itu, seseorang juga memerlukan identitas sebagai pengakuan untuk dikenal di dalam lingkungannya dan berinteraksi satu sama lain.

5. Pendidikan

Diantara kalian pasti ada yang berpikir bahwa ” loh. kenapa pendidikan jadi kebutuhan primer ? padahal banyak orang yang belum mendapatkan pendidikan namun masih bisa hidup.”

Nah, pendidikan merupakan kebutuhan primer yang tidak boleh dilupakan. Mengapa? Karena pendidikan memiliki pengaruh yang besar terhadap kondisi seseorang.

Pendidikan dapat merubah dan memberikan pelajaran kepada seseorang terkait mana yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Selain itu, dengan adanya pendidikan seseorang bisa membuat jalan hidup untuk mendapatkan kebutuhan primer lainnya.

6. Pekerjaan

Kebutuhan primer yang satu ini tentu dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. Pekerjaan termasuk kedalam kebutuhan primer dikarenakan dengan adanya hal tersebut seseorang bisa memiliki penghasilan.

Penghasilan tersebut kemudian dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan primer yang lainnya.

7. Privasi

Kerahasiaan pribadi atau keleluasaan pribadi juga merupakan kebutuhan primer. Setiap orang pasti memerlukan privasi dengan alasan ada beberapa hal sensitif yang orang lain tidak boleh mengetahuinya.

8. Kasih Sayang

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri. Maka dari itu, kasih sayang menjadi kebutuhan primer. Kasih sayang dapat bersumber dari keluarga, teman atau orang lain di sekitarnya. Adanya kasih sayang membuat seseorang menjadi lebih tenang dan peduli akan sesama.

9. Kesehatan

kesehatan

Kebutuhan yang satu ini sudah tidak bisa diragukan lagi sebagai kebutuhan primer. Mengapa? Kondisi tubuh yang sehat dapat membuat seseorang beraktivitas normal di setiap harinya. Selain itu, badan yang sehat dapat membuat seseorang memenuhi kebutuhan primer yang lainnya.

10. Keamanan

Rasa aman menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Keamanan akan hidup membuat orang menjadi lebih tenang dalam menjalankan aktivitas.

Kebutuhan ini banyak sekali dijadikan sebuah pertimbangan dalam keberlangsungan hidup seseorang.

11. Keselamatan

Kebutuhan akan keselamatan juga merupakan kebutuhan primer. Setiap aktivitas dan pekerjaan, kita semua sering mempertimbangkan faktor keselamatan. Bahkan, berbagai perusahaan berbondong-bondong membuat jaminan keselamatan untuk setiap pegawainya sebelum menerima sebuah pekerjaan.


Itulah pembahasan mengenai contoh kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini membantu Anda yang sedang mempelajari materi macam-macam kebutuhan dalam hidup. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan