Perbedaan Atom dan Unsur Beserta Contohnya

Perbedaan Atom dan Unsur Beserta Contohnya

“apakah perbedaan atom dan unsur ?” kemudian “Apakah atom dan unsur sama?” mungkin diantara Anda ada yang memiliki pertanyaan tersebut. Nah, bagi Anda yang sekolah di jurusan kimia, tentu sudah paham betul mengenai hal ini. Namun, bagi Anda yang memang baru mempelajari atom dan unsur, tentu bingung bukan? Nah, jangan khawatir dan galau, batas ketik kali ini akan sharing sedikit informasi terkait perbedaan atom dan unsur.


Perbedaan Atom dan Unsur Beserta Contohnya

6 Perbedaan Atom dan Unsur

Ketika Anda sedang mempelajari ilmu kimia, tentu dihadapkan dengan istilah-istilah seperti unsur, atom, molekul dan yang lainnya. Banyaknya istilah tentu akan membuat Anda bingung. Anda juga di tuntut untuk menggunakan istilah yang tepat agar tidak terjadi makna lain. Hal inilah yang membuat Anda penting sekali memahami dari masing-masing istilah yang ada.

Nah, kesempatan kali ini batas ketik akan membahas 6 perbedaan antara atom dan unsur. Berikut perbedaanya:

1. Perbedaan Atom dan Unsur dari segi Pengertian

Beda atom dengan unsur yang pertama adalah dari segi pengertiannya.

Suatu unsur pada dasarnya merupakan zat kimia murni atau mentah yang terdiri dari satu atau beberapa jenis atom. Suatu unsur dapat dikategorikan berdasarkan nomor atomnya. Mereka telah dikelompokkan sebagai logam, metaloid dan bukan logam dalam tabel periodik.

Secara umum, unsur tidak dapat disederhanakan atau dipecah lebih lanjut menjadi partikel yang lebih kecil.

Membahasa tentang atom, itu dapat didefinisikan sebagai jumlah terkecil dari suatu unsur. Atom merupakan unit yang paling sederhana dari semua materi. Kemudian, atom memiliki nama, massa, dan ukurannya sendiri yang unik.

Anda dapat membandingkan pengertiannya dari wikipedia tentang atom, dan disini untuk pengertian unsur.

2. Susunanya

Terdapat unsur tertentu yang hanya terdiri dari satu jenis atom. Sedangkan Atom, tersusun dari partikel subatom yang disebut elektron, proton, dan neutron.

3. Penggabungannya

Unsur-unsur dapat digabungkan satu sama lain untuk membentuk molekul melalui reaksi kimia. Sedangkan, Atom dapat bergabung membentuk molekul tetapi jika semua atom terikat memiliki unsur yang serupa.

4. Bentuknya

Unsur lebih besar dan lebih berat dalam ukuran dan massa. Sedangkan Atom, bentuknya sangat kecil dan tidak dapat dilihat melalui mikroskop

5. Jumlahnya

Unsur ada total 118. Sedangkan Atom, Ada 92 jenis di alam

6. Penggunaan Istilah

Kata unsur sering digunakan ketika berbicara tentang tabel periodik, dan kimia secara umum. Sedangkan atom lebih banyak digunakan dalam fisika. Kemudian, atom dalam kimia sering disebutkan ketika berbicara tentang nomor atom atau massa.

Contoh Unsur dan Atom

Unsur – unsur ditulis dengan lambang unsurnya disertai dengan jumlah atom penyusunya. Contohnya: O2, H2.  Unsur oksigen tidak pernah ditulis hanya huruf O saja, melainkan ditambah angka 2 sebagai arti bahwa Unsur ini dibentuk dari 2 atom oksigen.


Baca Juga : Pengertian Partikel Materi dan Contohnya | Atom, Molekul dan Ion


Tabel Perbedaan Atom dan Unsur

No.UnsurAtom
1Unsur adalah bentuk zat yang paling sederhana. Atom adalah bagian dari suatu unsur.
2Unsur tertentu hanya terdiri dari satu jenis atomAtom tersusun dari partikel subatom
3Unsur-unsur dapat bergabung satu sama lain untuk membentuk molekul Atom juga dapat bergabung membentuk molekul tetapi jika semua atom terikat memiliki unsur yang serupa
4Unsur lebih besar dan lebih berat dalam ukuran dan massa.Atom adalah partikel yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat melalui mikroskop
5total 118 unsurTotal 92 jenis atom di alam
6sering digunakan ketika berbicara tentang tabel periodik, dan kimia secara umum.Atom lebih banyak digunakan dalam fisika sedangkan dalam kimia sering disebutkan ketika berbicara tentang nomor atom atau massa.

Itulah bedanya atom dan unsur yang dapat kami bagikan. Mudah-mudahan bermanfaat. Kurang lebihnya kami mohon maaf. Punya saran atas artikel ini ? Yuk silahkan berkomentar.

Leave a Comment