Pengertian Partikel Materi dan Contohnya | Atom, Molekul dan Ion

Pengertian Partikel Materi dan Contohnya | Atom, Molekul dan Ion

Bagi Anda yang telah mempelajari ilmu kimia, tentu sudah mengetahui pengertian partikel. Namun, bagi Anda yang baru mempelajari kimia tentu merasa bingung bukan apa sih itu partikel ?

Nah, jangan bingung. Kali ini batas ketik akan sharing sedikit mengenai pengertian partikel dan contohnya. Silahkan baca artikel ini hingga tuntas agar Anda memahami definisi dari partikel materi (Atom, Molekul dan Ion).

Pengertian Partikel Materi

Di kutip dari wikipedia, dalam ilmu fisika partikel dapat diartikan sebagai objek terlokalisasi kecil yang dapat memiliki beberapa sifat fisik atau kimia.

Dikutip dari KBBI, partikel adalah unsur butir (dasar) benda atau bagian benda yang sangat kecil dan berdimensi. Partikel juga dapat diartikan sebagai materi yang sangat kecil seperti butir pasir, elektron, atom, atau molekul.

Dari kedua pengertian di atas, dapat kita simpulkan bahwa partikel adalah objek atau benda yang merupakan bagian dari suatu materi, dimana bentuknya yang sangat kecil dan berdimensi serta memiliki sifat fisik atau kimia yang sama dengan materi tersebut.


Baca Juga : Pengertian Gerak Nasti dan Macam-Macamnya


Jenis – Jenis Partikel Materi dan Contohnya

jenis-jenis partikel

Partikel memiliki 3 jenis, yaitu atom, molekul, dan ion. Berikut penjelasannya:

1. Atom

Pengertian partikel atom adalah satuan terkecil dari suatu materi yang biasanya mengandung proton, neutron dan elektron. Beberapa sumber menjelaskan bahwa partikel atom adalah penyusun dari unsur.

Contoh dari partikel atom adalah unsur-unsur yang bisa berdiri sendiri atau hanya mengandung satu atom saja. Misalnya : C (karbon) dan He (helium).

2. Molekul

Pengertian partikel molekul adalah gabungan dari beberapa atom unsur (dua atau lebih) dimana molekul tersebut merupakan bagian terkecil dari suatu unsur atau senyawa.

Contoh dari partikel molekul adalah unsur yang dibentuk dari gabungan atom dengan jenis yang sama. Misalnya seperti : O2 dan H2.

3. Ion

Pengertian partikel ion adalah atom yang bermuatan listrik. Ion yang bermuatan listrik positif dinamakan dengan kation. Sedangkan, ion yang bermuatan negatif dinamakan anion. Kation dan anion dapa berupa ion tunggal yang hanya terdiri dari satu jenis atom. Ion juga dapat berupa poliatom (mengandung dua atau lebih atom yang berbeda).

Contoh dari partikel ion adalah  ion natrium (Na+) dan ion magnesium (Mg2+)


Itulah pembahasan mengenai pengertian partikel dan contohnya. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari ilmu ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temanmu. Subscribe halawan website kami agar terus mendapatkan info terbaru kami via e-mail.

Leave a Comment