8 Peralatan Makan Bayi (MPASI) Ini Wajib Bunda Miliki !

8 Peralatan Makan Bayi (MPASI) Ini Wajib Bunda Miliki !

Peralatan makan bayi – Kita tentu telah mengetahui bahwa Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan pertama dan paling utama bagi bayi. Hal ini dikarenakan ASI mengandung berbagai macam nutrisi yang kaya manfaat dan dibutuhkan oleh si kecil. Oleh karena itu, bayi tidak membutuhkan makanan apapun selain ASI sampai usianya 6 bulan.

Setelah usianya masuk 6 bulan, bayi diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Pemberian MPASI ini dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan pada bayi. Oleh sebab itu, mempersiapkan kebutuhan untuk mengenalkan MPASI kepada si kecil merupakan hal yang penting.

Bagi Anda yang baru menikah dan baru memiliki anak pertama yang sudah menginjak usia 6 bulan, tentu merasa deg degan akan hal apa saja yang harus disiapkan untuk mengenalkan MPASI kepada si kecil. Tapi tenang saja, dalam artikel ini Anda akan mengenal peralatan makan bayi apa saja yang harus disiapkan.

Sebelum mengenal perlengkapan makan bayi, perlu anda perhatikan bahwa peralatan yang diperlukan oleh si kecil dipengaruhi oleh usianya. Semakin bertambah usia, maka akan semakin beragam kebutuhan nutrisinya. Hal ini membuat semakin beragam pula perlengkapan makannya sebagai proses pembelajaran si kecil.

Peralatan makan bayi 6 bulan memang cukup banyak. Namun, Anda tidak perlu membeli semua perlengkapannya. Beli lah perlengkapan makan yang benar-benar dibutuhkan  dan menunjang untuk makan si kecil.

Lantas apa saja perlengkapan makan bayi yang diperlukan ? berikut daftar peralatan makan bayi yang perlu Anda siapkan.

8 Peralatan Makan Bayi

8 Peralatan Makan Bayi Yang Wajib Bunda Punya

1.Mangkuk dan Piring

peralatan makan bayi
sumber gambar: bibomart.com.vn

Alat makan yang satu ini merupakan hal yang perlu Anda siapkan. Hal ini berguna dikarenakan makanan yang diberikan kepada si kecil sebagai MPASI memiliki tekstur yang lebih encer dan lembut. Tekstur tersebut tentu tidak bisa disimpan di piring atau mangkuk seperti orang dewasa.

Pilihlah bahan mangkuk dan piring yang terbuat dari bahan yang aman dan tidak mudah pecah. Selain itu, pilih yang memiliki berat lebih ringan dibanding alat makan orang dewasa.

batasketik.com

2. Tempat Minum (Recomended Yang Ada Ukurannya/Gelas Ukur)

peralatan makan bayi
sumber gambar: profile.wimiu.com

Penggunaan tempat minum perlu disesuaikan dengan usia si kecil. Anda dapat menggunakan Botol Dot sampai usia 1 atau 2 tahun. Namun, untuk usia yang lebih dari 2 tahun sebaiknya menggunakan tempat minum plastik hisap atau gelas plastik hisap.

Peralihan tersebut berguna untuk meningkatkan proses belajar si kecil berpindah dari dot ke cangkir atau gelas.

Sebagai pertimbangan lain dalam memilih tempat minum, pilihlah yang memiliki garis ukur. Hal ini berguna untuk menentukan takaran air atau minuman lainnya yang memerlukan ukuran tertentu.

3. Sendok dan Garpu

peralatan makan bayii
sumber gambar: www.nuby.com

Alat ini memang sudah hal biasa kita gunakan, namun untuk digunakan bayi perlu diperhatikan keamanannya. Pastikan tidak ada bagian yang tajam pada desain sendok ataupun garpu agar bayi tidak terluka maupun tersedak saat makan. Pilihlah garpu yang tumpul agar lebih aman.

4. Slaber dan Sapu Tangan

peralatan makan bayi
sumber gambar: murah.netpriceupdate.com

Slaber dan sapu tangan  merupakan alat alternative yang harus disiapkan untuk anak bayi saat makan. Sapu tangan berguna untuk membersihkan makanan sisa di mulut bayi, sedangkan Slaber berguna untuk mencegah noda makan menempel pada pakaian si kecil. Pilihlah slaber yang mudah dibersihkan sehingga pakain anak akan tetap bersih ketika aktivitas makan.

5. Pelembut Makanan

peralatan makan bayi
sumber gambar: lazada.co.id

Melembutkan makanan pengantar ASI dapat dilakukan dengan berbagai alat. Anda bisa menggunakan blender, grinder atau parutan. Pelembut makanan dibutuhkan agar si kecil dapat dengan mudah beraktivitas makan. Selain itu, alat pelembut juga dapat digunakan untuk mengenalkan makanan yang memiliki tekstur lembut atau minuman sehat untuk si kecil misalnya sayuran dan jus buah-buahan.

6. Alat Saringan

Alat Saringan
sumber gambar: handdriati.com

Alat ini digunakan ketika kita akan mengambil sari dari makanan yang dihaluskan. Alat ini diperlukan karena terkadang terdapat ampas pada makanan meskipun kita telah menghaluskannya menggunakan blender atau grinder.

7. Baby High Chair

Baby High Chair
sumber gambar: amazon.com

Perlengkapan ini sangat berguna untuk mempermudahkan aktivitas makan anak. Anak dapat duduk dengan nyaman ketika makan, sehingga anak tidak mudah tersedak.

8. Baby Cubes

Baby Cubes
sumber gambar: snugglebugz.ca

Alat ini berguna untuk menyimpan makanan bayi. Adanya alat ini dapat membuat makanan bayi seperti jus, pure, kaldu , dan yang lainnya menjadi lebih aman di lemari pendingin / kulkas.


Baca Juga : 4 Rekomendasi Merk Peralatan Makan Bayi


Tips Untuk Bunda Saat Memilih Perlengkapan Makan Bayi

5 Tips Memilih Peralatan Makan Bayi Untuk Bunda

1.Pilihlah peralatan makan bayi yang terdapat tulisan “food grade”.

Anda jangan merasa rugi apabila mengeluarkan dana yang lebih untuk membelinya. Ingat yang penting “aman”.

2. Bebas BPA.

Hal ini penting dalam memilih peralatan bayi. BPA Free artinya bahan tersebut tidak menggunakan bahan BPA atau bisphenol-A yang merupakan zat kimita sintetis. Zat tersebut sering digunakan untuk bahan pembuatan peralatan. Contohnya botol bayi.

Lalu apa bahayanya menggunakan alat yang mengandung BPA ?

Tidak sedikit penelitian yang menunjukan jika ikatan BPA tergolong tidak stabil sehingga menyebabkan zat kimia tersebut dapat terlepas dari peralatan makan ke dalam makanan yang disimpannya.

Selain itu, zat BPA ini akan semakin banyak melakukan perlepasan pada peralatan makan bayi ketika terkena panas. Contohnya: botol bayi yang sedang direndam di air panas untuk sterilisasi

BPA berbahaya dikarenakan dapat mengganggu fungsi normal hormon, yang menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh, reproduksi, perkembangan serta tingkah laku seseorang.

Lalu bagaimana cara memilih peralatan yang BPA Free ?

Nah, Anda bisa cek di bagian bawah peralatan makan yang dibeli. Di situ terdapat kode angka atau huruf yang dibatasi bentuk segitiga. Pilih kode nomor 5 atau ada tulisan PP. Lebih baik apabila Anda membeli peralatan yang memiliki kode nomor 7 atau tulisan PC.

3. Hindari Membeli Peralatan Makan Bayi Dari Bahan Melamin.

Bahan melamin mengandung zat berbahaya bernama Resin Melamin Formaldehida yang dapat bereaksi dan berpindah ke makanan dalam keadaan panas.

4. Pilihlah perlengkapan makan bayi yang memilki desain menarik

Desain yang menarik pada umumnya dapat mengambil perhatian anak. Adanya desain yang menarik diharapkan si kecil dapat bersemangat untuk melakukan aktivitas makan.

5. Pilihlah perlengkapan makan bayi dengan model bulat dan tebal.

Perlengkapan makan dengan model bulat dan tebal bertujuan agar peralatan tersebut dapat digenggam dengan mudah. Sehingga, Si kecil dapat makan dengan nyaman


Itulah peralatan makan bayi yang perlu Anda persiapkan dalam mendukung pertumbuhannya. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mempersiapkan tumbuh kembang anak sebaik mungkin.

Terus semangat, apabila Anda memiliki pertanyaan atau saran tentang peralatan makan bayi ini, silahkan sisipkan di kolom komentar.

Leave a Comment