Manfaat Wawasan Nusantara

Manfaat Wawasan Nusantara

Apa manfaat wawasan Nusantara? Bagi Anda yang sedang mencari jawabannya, batasketik akan sharing sedikit mengenai hal tersebut.

Sebelum ke manfaat, mari kita kenali pengertiannya terlebih dahulu, apa itu wawasan Nusantara ?


Pengertian Wawasan Nusantara

Secara etimologis

Kata Wawasan Nusantara berasal dari 3 kata bahasa Jawa yaitu: (1). Wawas; (2). Nusa; dan (3). Antara.

Kata wawas berarti Tinjauan, Pandangan, Penglihatan Indrawi. Kata Nusa yaitu kesatuan kepulauan atau pulau. Kemudian Antara, kata ini berarti dua benua dan dua samudera.

Dari pengertian setiap kata tersebut, dapat kita ketahui bahwa wawasan Nusantara berarti cara pandang bangsa Indonesia terhadap kesatuan kepulauan yang berada di antara dua benua (benua Asia dan Australia) dan dua samudera (samudera hindia dan pasifik)

Menurut Para Ahli

Banyak sekali para ahli yang memaparkan terkait pengertian dari wawasan Nusantara ini. Kita ambil salah satunya.

Prof. Wan Usman mengutarakan bahwa pengertian Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.


Manfaat Wawasan Nusantara Secara Garis Besar

Wayang kulit

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, diperoleh bahwa manfaat wawasan nusantara secara garis besar adalah sebagai pedoman, pandangan, motivasi, dorongan dan rambu-rambu dalam memastikan semua kebijaksanaan, ketentuan atau aturan, tindakan, serta perbuatan untuk penyelenggaraan Negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.


Manfaat Wawasan Nusantara bagi Indonesia

  1. Penerimaan dan Pengakuan konsepsi Nusantara di forum Internasional

    Pengakuan ini dapat dibuktikan dengan penerimaan asas negara kepulauan berdasarkan Konvensi Hukum Laut 1982. Hal ini membuat Indonesia sebagai negara kepulauan diakui oleh dunia Internasional.

  2. Pertambahan luas wilayah teritorial Indonesia

    Berdasarkan Ordonansi 1939, wilayah teritorial Indonesia kurang lebih hanyalah seluas 2 juta Km^2. Anda dapat mempelajarinya di laman ini. Namun, dengan adanya pengakuan dari konsepsi Wawasan Nusantara, melalui Deklarasi Djuanda yang selanjutnya diresmikan menjadi UU No.4/PRP/1960 tentang Perairan Indonesia, maka luas wilayah Indonesia menjadi kurang lebih 5 juta Km^2 sebagai satu kesatuan wilayah.

  3. Pertambahan luas wilayah sebagai ruang hidup

    Bertambahnya wilayah dapat memberikan potensi sumber daya yang besar bagi peningkatan kesejahteraan. Sumber daya tersebut bermacam-macam, terutama sumber minyak yang ditemukan di wilayah teritorial dan landas kontinen Indonesia.

  4. Adanya cara pandang keutuhan wilayah

    Wawasan Nusantara penting untuk diaplikasikan pada setiap orang. Penerapan Wawasan Nusantara dapat menghasilkan cara pandang tentang keutuhan wilayah nusantara yang perlu dipertahankan oleh bangsa Indonesia. Hal ini berguna untuk menjaga keutuhan NKRI.

  5. Sarana integrasi Nasional

    Siapa yang tidak mengenal dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Setiap orang tentu paham betul mengenai banyaknya perbedaan yang ada di setiap individu masyarakat. Hal ini dapat kita lihat dari Contoh Wujud Kebudayaan di Lingkungan Kita Sehari-Hari.

    Adanya Wawasan Nusantara ini berpengaruh terhadap cara pandang seseorang dalam menyikapi perbedaan tersebut. Hal inilah menjadikan wawasan nusantara menjadi salah satu sarana integrasi nasional.


Penutup

Itulah yang dapat batas ketik bagikan. Semoga bermanfaat dan membantu Anda yang sedang mempelajari ilmu mengenai wawasan Nusantara. Terima kasih telah berkunjung.

Leave a Comment