Fungsi Font pada Microsoft Word dan Cara Merubahnya

Hallo semua, kali ini batas ketik akan sharing terkait fungsi font pada Microsoft Word. Artikel ini membahas apa fungsi dari font dan bagaimana cara menggunakannya.

Ok sekarang kita lihat dulu pengertian dari font.

Apabila kita terjemahkan katanya, font berarti tulisan atau huruf.

Jadi, apa fungsi dari font pada microsoft word ?

Fungsi Font pada Microsoft Word

Fungsi font pada microsoft word adalah untuk mengatur jenis tulisan / huruf yang ingin rekan-rekan gunakan saat melakukan pengetikan.

Saat rekan-rekan semua memulai dokumen baru dari Microsoft Word, biasanya pengaturan standar untuk jenis font itu adalah Times New Roman, Arial atau Calibri. Nah, dengan adanya fitur font ini, rekan-rekan semua bisa mengaturnya menggunakan huruf yang kita inginkan.

Lalu bagaimana cara menggunakan font ini ? Yuk kita simak ulasan berikut.


Baca Juga : Fungsi Bullet and Numbering | Pengertian, Kegunaan, Contoh & Caranya


Cara Mengatur Font 

Cara mengatur font di microsoft word tergantung kondisi awal dan tujuannya. Untuk mudahnya, batas ketik akan bagi kedalam 2 keadaan.

Keadaan pertama jika saat akan memulai mengetik kita ingin ganti font. Sedangkan keadaan kedua jika kita ingin mengubah jenis font untuk tulisan yang sudah kita ketik di Microsoft Word.

Keadaan 1 : Memulai Dokumen Baru

Misal, kita baru membuka dokumen baru (blank ducoment) pada aplikasi Ms. Word. Nah, kemudian kita ingin merubah jenis font standar nya, maka langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  1. Masuk ke menu home (Biasanya sudah otomatis ada di menu home jika pas awal buka Ms. Word). Kemudian, carilah dan klik tanda segitiga terbalik disebelah tulisan pengaturan standarnya. Misalnya seperti gambar di bawah ini.
    font
  2. Setelah di klik tanda segitiga nya, maka akan muncul beberapa jenis huruf yang ada pada microsoft word komputer Anda. Kurang lebih tampilannya akan muncul seperti ini.
    Setelah klik font
  3. Pilih jenis font yang sesuai dengan keinginan Anda dengan cara mengkliknya. Bila bingung nanti bagaimana bentuk font nya, disana sudah ada contoh tampilan hurufnya sesuai dengan jenisnya.
    Tampilan klik font
  4. Setelah mengklik jenis fontnya, maka silahkan Anda bisa mulai mengetik pekerjaan Anda.

Catatan :

Cara ini juga sama ketika kita hendak akan mengganti font setelah kita mengetik beberapa bagian. Sehingga, nantinya akan ada perbedaan font nya dengan bagian tulisan sebelumnya.


Baca Juga : Fungsi Page Number


Keadaan 2 : Mengganti Font Tulisan yang Ada

Misal kita telah mengetik beberapa paragraf atau kalimat dalam Microsoft Word. Contohnya seperti ini :

Tulisan awal

Coba perhatikan ke gambar di atas, jenis font dari tulisan di atas adalah calibri. Nah, kita hendak mengubah font paragraf kedua misalnya menjadi Times New Roman. Maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Blok tulisan yang akan kita ubah jenis fontnya. Contoh, karena saya akan merubah font dari paragraf ke dua, maka saya blok paragraf kedua dari tulisan tersebut. Maka hasilnya akan seperti ini
    Blok tulisan
  2. Klik tanda segitiga terbalik di sebelah kanan jenis font.
    font - Fungsi Font pada Microsoft Word dan Cara Merubahnya
  3. Pilih jenis font yang di inginkan. (Contohnya times new roman)
    Tampilan klik font - Fungsi Font pada Microsoft Word dan Cara Merubahnya
  4. Maka hasilnya akan seperti ini.
    Hasil perubahan jenis font
    Bila kita perhatikan, maka hasilnya adalah paragraf pertama jenis font yang kita gunakan adalah Calibri, sedangkan yang paragraf kedua adalah Times New Roman. Selesai.

Itulah pembahasan fungsi font pada Microsoft Word yang dapat batasketik bagikan kepada rekan-rekan semuanya. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semua yang sedang mempelajarinya. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan