Cara Menghilangkan Tanggal pada Powerpoint Saat di Print

Hallo semua, kali ini batasketik akan berbagi mengenai cara menghilangkan tanggal pada powerpoint saat di print.

Emang ada gitu? Nah, jika rekan-rekan semua mengamati hasil print dengan cermat. Di pojok kanan atas biasanya terdapat tanggal kapan dokumen PowerPoint Anda di cetak. Hal tersebut otomatis muncul apabila kita tidak menghilangkan fitur tanggal tersebut saat akan di cetak.

Bagi yang belum paham akan aplikasi Microsoft Powerpoint ini, tentu adanya tanggal pada hasil print dapat membuat pembacanya sedikit merasa bingung. Loh kenapa ? Begini, pemberian tanggal saat percetakan dokumen akan membuat orang lain memiliki prasangka bahwa presentasi tersebut merupakan versi terbaru. Padahal, dokumen tersebut dokumen lama hanya saja baru di print ulang.

Jadi, bagaimana cara untuk menghapus atau menghilangkan tanggal dan jam di hasil print? Terdapat dua bentuk yang membuat tanggal sering muncul pada hasil cetakan kita.

Pertama, tanggal muncul pada slide

Kedua, tanggal muncul pada hasil cetakan slide khususnya apabila kita menggunakan bentuk formatan Handouts, Note Pages, ataupun Outlines. Pada bentuk tersebut, biasanya tanggal sudah di atur secara otomatis oleh template yang digunakan.


Cara Menghilangkan Tanggal dari Slide

Cara yang pertama ini dapat dilakukan dengan cara mengedit header & footer dari slide. Dikutip dari halaman resmi support microsoft, berikut langkah-langkah menghilangkan tanggal dari slide :

  1. Klik Menu Insert
  2. Pilih Header & Footer yang berada pada Text Group
  3. Masuk ke tab Slide
  4. Hilangkan tanda ceklis yang ada pada kotak Date and Time
  5. Pastikan pula agar kotak footer juga tidak berada dalam posisi aktif
  6. Klik tombol Apply to All. Hal ini bertujuan agar pengaturan yang telah kita lakukan dapat diterapkan pada semua slide yang ada pada dokumen tersebut.
  7. Munculkan kembali kotak dialog Header & Footer (Seperti langkah ke 2)
  8. Masuk ke tab Notes and Handouts
  9. Hilangkan tanda ceklis dari kotak Date and Time
  10. Klik tombol Apply to All.

Silahkan lakukan pengecekan apakah pengaturan yang telah kita terapkan berhasil. Cek dengan di bagian print preview. Lihat apakah fitur tanggal dan jam sudah menghilang. Jika sudah, Anda bisa mulai mencetak dokumen PowerPoint nya.


Baca Juga : Cara Print Powerpoint | Full Page, 2,3,4,6 atau 9 Slide dalam 1 Lembar


Cara Menghapus Tanggal dari Template

Berikut tips buat rekan-rekan semua yang akan menghilangkan tanggal (date) pada saat print dokumen powerpoint :

  1. Buka File PowerPoint yang akan di print
  2. Klik Menu View
    Cara Menghilangkan Tanggal pada Powerpoint Saat di Print
  3. Pilih Handout Master
  4. Silahkan hilangkan tanda centang pada Date dengan cara klik kotak yang ada di samping Date.
  5. Klik Close Master View

Nah, sekarang rekan-rekan semuanya bisa langsung cek hasilnya di print preview. Cek apakah pada dokumen yang akan kita print ini masih ada tanggal atau jam tidak di bagian atas atau bawahnya. Jika dirasa sudah OK dan sesuai, maka Anda bisa menlanjutkan untuk print dokumen PowerPoint tanpa khawatir ada tanggal atau jam di hasil cetakannya.

Catatan :

Berhati-hatilah ketika kita melakukan pengeditan dalam master view. Hal ini dikarenakan hal yang kita edit disana akan berdampak pada tampilan semua slide presentasi yang ada.


Demikian pembahasan mengenai cara menghilangkan tanggal dan jam pada powerpoint 2013, 2016 ke atas. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semua yang sedang mempelajari Microsoft PowerPoint. Terima kasih telah berkunjun gke BatasKetik.

Tinggalkan komentar