Cara Menghilangkan Garis Tabel di Word

Hallo rekan-rekan semua, kali ini batasketik akan sharing terkait cara menghilangkan garis tabel di word. Pada artikel ini akan dijelaskan 3 cara + cara cepatnya bagaimana agar garis pada tabel di microsoft word dapat disembunyikan.

Tabel memanglah media untuk penyajian data yang banyak digunakan oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan tabel dapat membantu kita dalam membatasi hubungan antar data dari dokumen yang sedang kita tampilkan.

Namun, ada kalanya dalam tabel terdapat garis yang ingin kita hilangkan. Hal ini dilakukan untuk membuat data yang ditampilkan terlihat rapi. Contohnya, ketika kita membuat dokumen yang diakhiri dengan beberapa tanda tangan.

Daripada mengatur tab, kita dapat lebih mudah mengatur jarak dari setiap tanda tangan menggunakan tabel. Nah,  biasanya hal ini terjadi ketika kita membuat proposal, skripsi, dan karya ilmiah lainnya. Karena ada beberapa tanda tangan, si tabel ini dapat membantu jarak dan kesimetrisan dari letak format tanda tangan yang ada.

Dengan adanya tabel tersebut, formatan tanda tangan dapat dibuat lebih mudah. Hanya saja, ketika di print, masa sih mau sama garis nya ya kan?

Nah, jadi bagaimana cara menghilangkan garis pada tabel di Microsoft Word? Yuk kita simak ulasan selanjutnya.


Cara Menghilangkan Garis Tabel di Microsoft Word

Pada umumnya, menghapus garis pada tabel di Microsoft Word memiliki cara yang sama di setiap versi, mau itu Word 2010, 2013, 2016 dst. Jika terdapat perbedaan, itu hanya penyesuaian tempat saja. Namun, pada intinya tetap sama saja.

Nah, batasketik akan bagikan tiga cara plus cara cepatnya bagaimana untuk menghilangkan garis tabel.


Cara I : Popup Borders and Shading

Berikut cara menghilangkan garis tabel di Microsoft Word :

  1. Pilih cell yang akan dihilangkan garis bordernya. Anda bisa membloknya jika memang lebih dari satu
  2. Klik kanan pada cell yang sudah dipilih tersebut
  3. Ketika muncul popup menu, silahkan klik Table Properties
    Klik kanan table Properties
  4. Pilh Borders and Shading
    Table Properties
    Terdapat dua metode yang dapat Anda lakukan disini.
    Pertama, Anda bisa custom pada panel sebelah kanan, dengan cara klik pada tombol yang ada pada preview untuk menghilangkan garis atau border yang ada pada tabel.
    Kedua, Jika Anda bermaksud untuk menghilangkan semua garis pada cell tersebut maka agar lebih cepat klik pada panel sebelah kiri dengan bentuk None. Bila Anda memilih ini maka semua garis atau border pada cell ini akan langsung menghilang.
    Borders and Shading
  5. Setelah selesai memilih garis yang dihilangkan, maka klik tombol OK untuk menerapkan pengaturan border tabel yang kita inginkan. Maka, hasilnya akan seperti ini:
    Hasil Penghilangan Garis

Baca Juga : Cara Menambahkan Kolom di Tabel Microsoft Word


Cara II : Icon Border and Shading di Home

Cara menghilangkan garis tabel di word

Berikut cara menghilangkan garis pada tabel microsoft word :

  1. Pilih cell pada tabel yang ingin kita hilangkan garisnya
  2. Masuk ke menu Home
  3. Klik tanda segitiga terbalik pada icon border
  4. Pilih garis yang akan dihilangkan jika ingin costum atau klik None untuk menghilangkan semua garis.
  5. Selesai.

Cara III : Borders di Menu Design

Cara menghilangkan garis tabel di Word
  1. Klik cell yang akan dihilangkan garisnya.
  2. Masuk ke menu Design
  3. Klik pada tulisan Borders atau tanda segitiga terbalik pada Border
  4. Tentukan garis mana yang akan dihilangkan atau pilih No Border untuk menghilangkan semua garis
  5. Selesai

Tips Cepat Cara Menghilangkan Garis Tabel di Word

Cara menghilangkan garis tabel di Word

Ada cara super cepat untuk menghilangkan garis tabel di Word, Yaitu : Anda blok cell yang akan dihilangkan garisnya. Setelah di blok, maka akan muncul tampilan popup. Klik tanda segitiga terbalik di samping icon Borders. Tentukan garis yang akan dihilangkan atau pilh no border untuk menghilangkan semua garisnya.

Atau setelah blok cell yang ingin dihilangkan garisnya, Anda juga bisa menekan tombol Alt + H + B pada keyboard Anda. Anda tinggal pilih garis mana yang akan dihilangkan.


Itulah pembahasan mengenai cara menghilangkan garis tabel di Word yang dapat batasketik bagikan. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semua yang sedang mempelajari aplikasi Ms. Word. Terima kasih telah berkunjung ke BatasKetik.

Tinggalkan Balasan