Cara Menambah Sheet di Excel

Hall semuanya, kali ini batasketik akan sharing mengenai cara menambah sheet di Excel. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara menyisipkan Sheet dalam lembar kerja Microsoft Excel.


Apa itu worksheet?

Bagi yang sudah biasa bergelut dengan microsoft excel tentu tahu apa itu sheet. Worksheet merupakan tempat kita untuk menyimpan dan mengolah data di microsoft excel. Fitur sheet ini dapat membantu kita dalam menyelesaikan dokumen yang komplek.

Semakin komplek pekerjaan dokumen itu, maka biasanya kita membutuhkan jumlah sheet yang banyak juga.

Jadi, bagaimana dong cara menambah sheet di excel ? Yuk kita simak ulasan selanjutnya.


Cara Menambah Sheet di Excel

Ketika awal kali membuat baru file excel, biasanya kita diberikan 1 sheet yang aktif. Namun, bagi yang membutuhkan sheet yang banyak, kita bisa menambahkannya sendiri. Ada tiga cara yang akan batasketik bagikan.


Cara I (Menambah Sheet di Excel paling mudah) : Tekan tombol SHIFT + F11

Cara ini merupakan yang paling mudah. Bagaimana caranya? Cara menambah sheet di Excel dengan mudah adalah kita tinggal menggunakan shortcut tambah sheet baru dengan menekan tombol SHIFT dan F11 secara bersamaan. Setelah menekan tombol tersebut, sheet baru akan muncul di akhir dari daftar tab sheet.

Setelah sheet yang baru ada, Anda bisa mulai mengerjakan data di sheet baru tersebut atau memindahkan tab worksheet yang baru ini untuk mengatur urutannya.


Baca Juga : Cara Enter di Excel dalam Satu Cell | Line Break


Cara II : Klik Icon (+) New sheet

Selain menggunakan tombol SHIFT + F11, kita juga menyisipkan sheet yang baru dengan mengklik tanda (+) di dekat daftar sheet. Setelah mengklik itu, sheet baru akan muncul dengan posisi berada setelahnya dari sheet yang sedang aktif kita gunakan.

Kelebihan dari cara ini adalah kita bisa mengatur menyisipkan sheet baru diposisi yang kita inginkan. Hal ini tentu berbeda dengan cara menekan tombol SHIFT+F11 yang menyimpan sheet baru di akhir.

Maksudnya gimana? Gak ngerti? Nah, contoh kasusnya misal seperti ini:

  1. Kita ingin menyisipkan sheet baru yang terletak diantara Sheet pertama dan kedua.
  2. Klik pada sheet pertama
  3. Kemudian, arahkan kursor pada tanda (+) di daftar sheet. Jika sudah tepat, maka akan muncul tulisan New Sheet. Klik tanda tersebut.
  4. Maka sheet yang baru akan muncul sebelah kanan dari sheet pertama.

Cara III : Klik Kanan di Sheet yang Ada + Insert

Untuk menambah sheet pada lembar kerja Excel, Anda klik tinggal klik kanan pada salah satu sheet yang ada. Kemudian, klik kanan pada sheet tersebut. Klik Insert. Maka sheet baru akan muncul di sebelah kanan sheet yang diklik kanan tadi.

Cara ini juga memiliki kelebihan lainnya. Selain dapat disisipkan di posisi yang kita inginkan, cara ini juga dapat menambahkan dua sheet sekaligus atau bahkan lebih. Dengan catatan, telah ada banyak sheet sebelumnya yang telah dibuat. Contohnya begini:

Misal ada 5 sheet yang telah kita buat. Nah, bila kita ingin menambahkan 2 sheet sekaligus (maksimal 5 sheet karena hanya ada 5 yang telah dibuat) maka berikut caranya :

  1. Anda tinggal blok 2 sheet.
    Cara bloknya klik sheet yang pertama kemudian tekan tombol SHIFT. Selanjutnya klik lagi sheet yang kedua, maka dua sheet akan terblok.
  2. Klik kanan kemudian pilih Insert.
    Cara menambah sheet di excel
  3. Pilih Wordsheet.
    Klik worksheet
  4. Klik Ok.
  5. Maka hasilnya akan muncul 2 sheet baru di samping kanan sheet yang di blok tadi.
Cara menambahkan 2 sheet atau lebih sekaligus di Excel

Catatan :

Nama sheet baru telah diatur otomatis dengan nama Sheet2, Sheet3, Sheet4 dan seterusnya. Namun, nama tersebut bisa kita ubah dengan me-rename sheet tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Hal ini penting dilakukan untuk mempermudah kita dalam bekerja.


Itulah yang dapat batasketik bagikan kepada rekan-rekan semua terkait cara menambahkan sheet di Excel. Mudah-mudahan bermanfaat yaa. Terima kasih telah berkunjung ke batasketik.

Tinggalkan Balasan